68



KLINIK ADAMSSEIN MEDIKA
Melayani ruqyah jarak jauh melalui telepon dengan janjian terlebih dahulu juga melayani konsultasi kesehatan dengan terapi Herbal, konsultasi kepribadian, dan masalah lainnya yang dikeluhkan.
Hubungi Muhammad Adam Hussein, S.Pd di 08997527700 atau dewapuitis@ymail.com Ads Premium


Kriteria Jodoh Dan Din Dun
Penulis : Muhammad Adam Hussein, S.Pd, P.QHi

Kriteria Jodoh Dan Din Dun – Filosofi pasangan hidup dan din dun ini berasal dari kebudayaan orang Sunda. Jadi yang masih berada di lingkungan provinsi Jawa Barat istilah ini tidak asing. Namun hal ini juga menarik untuk dibahas maka dipergunakanlah bahasa Indonesia untuk memudahkan dari berbagai budaya dalam memahaminya. Ketika budaya dilestarikan maka budaya akan terus terjaga namun sebaliknya bila budaya tersebut tidak diindahkan maka budaya akan ditinggalkan dan budaya barat akan mempengaruhi. Jelas-jelas ini berbahaya yang harus diwaspadai. Jadi kriteria pasangan hidup (jodoh) dan din dun ini memang merupakan salah satu budaya sunda yang harus dilestarikan. Dengan demikian, maka termotivasi penulis untuk menuangkan ide tersebut dalam bentuk tulisan. Inilah penjelasan demi penjelasannya mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan bagi kita semua.

Dan (dandan atau badan)
Sumber Gambar : 
https://i.ytimg.com/vi/6yjSVLekoAw/hqdefault.jpg
Dan disini merupakan singkatan dari dandan atau badan. Artinya disini kriteria jodoh berdasarkan penampilan fisiknya baik itu karena dandan maupun karena badannya. Kalau kita senang dengan penampilan fisik yang menjadi daya tariknya maka biasanya akan ada kebanggaan tersendiri. Alasan memiliki pasangan hidup maupun jodoh yang cantik menjadi tantangan sendiri. Karena pada umumnya, gadis cantik itu cenderung materialistis karakternya. Bisa dikatakan beruntung lelaki yang bisa mendapatkannya. Apalagi gadis cantik ini materialistis disebabkan mereka memang mempedulikan penampilan dan menjaga kecantikan yang dimilikinya dengan perawatan. Seperti yang kita ketahui, perawatan itu juga mahal dan seringkali tidak bisa dihindarkan selama satu bulan sekali ia pasti akan melakukan perawatan. Alangkah langkanya, gadis cantik sepaket dengan sholehah dan tidak menuntut banyak terhadap pasangannya. Sekalipun dalam jumlah sedikit tetap saja kita harus bisa mengusahakan kalau menginginkan kriteria gadis cantik didapatkan oleh kita. Lelaki mana ketika melihat gadis berisi (montok/bohay) yang tidak tergoda. Karena kebanyakan lelaki menyukai gadis berisi dan bahkan terpesona melihatnya karena ada tantangan tersendiri juga. Jadi intinya, fisik ini bukan dari atas aja juga bagian bawah juga seperti itu yang dimaksudkan.

Din (terjemahan dari bahasa Arabnya adalah agama)
Sumber Gambar :
https://goo.gl/PbRWbn
Di zaman modern dan zaman akhir ini memang dasar keagamaan jarang ditemukan sekalipun ada tidak menyeluruh artinya masih kadang-kadang tidak berjilbab bahkan berjilbab pun masih terlihat lekukan auratnya. Maka benarlah kita sebagai lelaki harus selektif dalam memilih pasangan hidup supaya tidak menyesal di kemudian hari. Bagi wanita yang sudah memiliki dasar agama ketika diarahkan pun tidak akan sesulit wanita yang tidak memiliki dasar agama. Ya jelas, karena wanita yang tidak memiliki dasar agama akan mempertanyakan ini itu, bukan karena ketidakpahamannya melainkan mereka tidak akan puas dengan jawaban yang biasa saja harus sesuai dengan logika mereka. Barulah mereka menyadari kesalahan atau ketidaktahuannya. Bukan hanya itu, tantangan lainnya adalah harus ekstra dalam kesabaran dalam mengarahkan dirinya kepada sosok religius apalagi ia sudah terjerumus ke dalam dunia gemerlap. Butuh waktu yang banyak dan waktu yang lama dalam menempuh proses ini. Sekalipun begitu, kalau berhasil mengubah pasangan yang nakal atau jauh dari Ilahi dan kita berhasil maka pahala berlipat sudah dipersiapkan oleh Ilahi sebagai balasannya. Subhanallah, kan.

Tapi berbeda lagi, kalau beda paham seperti kita aswaja (ahlu sunnah waljamaah) sedangkan pasangan kita adalah persis atau muhammadiyah. Maka akan menyebabkan perselisihan di kemudian hari kecuali kita bisa mengajak pasangan kita mengikuti aswaja maka dalam posisi aman. Sebab kalau pasangan kita itu tidak mengikuti kita tetap pada pahamnya maka anak kita akan lebih cenderung mengikuti paham ibunya. Jelas disini, tidak bisa ditolerir apalagi kalau beda agama kasihinilah anak sebab mereka akan kebingungan apalagi mereka masih dalam usia anak-anak maka mereka hanya mengikuti tanpa tahu bagaimana seharusnya. Jadi tak salah kok kalau tidak meneruskan hubungannya bila permasalahannya seperti itu. Karena ini pun dialami oleh penulis sendiri.

Sumber Gambar :
https://goo.gl/fVgK7L


Jadi intinya, memilih pasangan dari agama dapat dilihat dari akhlak kehidupan sehari-hari bukan dari pemikiran maupun dari keterangan yang disampaikannya sebab seringkali ditemukan antara lisan dengan akhlaknya suka jauh berbeda. Maka jangan sampai kita lengah dalam memilihnya sebab risiko yang akan dirasakan adalah di kemudian hari setelah menikah. Sebab berdasarkan psikologi kepribadian, sifat asli seorang suami atau istri akan terlihat semenjak satu hari ia menikah, maka perhatikanlah sikapnya setelah menikah tersebut umumnya godaan tersebut 10 tahun usia pernikahan bahkan ada juga yang lebih dari itu masih saja dapat ujian dan cobaan terhadap rumah tangganya.

Dun (dunia)
Sumber Gambar :
https://goo.gl/Qwcee2
Dunia yang dimaksud adalah memiliki pekerjaan, punya harta, prestasi atau pengalaman, atau bahkan hal lainnya bersifat materi. Ketika kita memilih pasangan hidup perhatikan juga dari dunianya dimana dengan kita mengetahui dunianya maka kita akan tahu bagaimana respon atau reaksinya terhadap sesuatu. Bisa saja permulaan hubungan asmara didapatkan oleh sebab persamaan pekerjaan, persamaan hobi, persamaan pandangan, persamaan prinsip, persamaan kesukaan, dan persamaan lainnya. Dari sinilah kita akan benar-benar merasakan nyaman bahkan keduanya mendapatkan keserasian karena dijalani atas persamaan sehingga bisa terjaga kebersamaan hidupnya.

Clarissa Tanoesoedibjo, Anak dari Hari Tanoesoedibjo.
Sumber Gambar :

https://i.ytimg.com/vi/05F2L1ztKos/maxresdefault.jpg

Jadi intinya, ketika pasangan kita memiliki kekurangan dari harta wajarlah itu sebab kita seharusnya yang menjadi pelengkapnya. Kalau kita menuntut pasangan untuk dilahirkan dari keturunan kaya hal mustahil terjadi kalau kenyataannya berasal dari keturunan yang biasa-biasa saja. Kalau keduanya bisa mengoptimalkan kebutuhan hidup keluarga dengan memiliki pekerjaan tetap masing-masing maka kebutuhan hidup keluarga akan terpenuhi bahkan akan bisa menutupi dari segala kebutuhan hidup yang mendadak.

Kesimpulan dan Saran
Inti dari kriteria pasangan hidup (jodoh) dan din dun adalah mendapatkan istri dari unsur keturunan yang bagus, unsur kecantikan, dan juga agamanya. 3 kriteria jodoh ini menurut budaya sunda perlu diutamakan untuk kebahagiaan dalam menikah. Sekalipun pada kenyataannya, tidaklah mudah mendapatkan 3 kriteria dalam satu paket yang seringkali ditemukan oleh kita adalah dua kriteria saja. Tapi tetap jangan pesimis terus berjuang pada akhirnya kalau kita dijodohkan dengan yang lebih daripada sebelumnya bisa saja itu terjadi 3 kriteria dalam satu paket.

Sedangkan berbeda sekali dengan filosofi budaya Islam yang menganjurkan agama atau akhlaknya terlebih dahulu dibandingkan kriteria lain. Dimaksudkan untuk tidak mudah terlena dengan pesona dunia tapi melainkan akhlaklah yang menjamin kebahagiaan. Apalagi sebagai suami dan sebagai seorang ayah akan dimintai pertanggungjawaban maka oleh sebab itu istri dan anak perempuan yang sayang ayahnya seharusnya ia menjaga kehormatan dan juga menjaga auratnya dari fitnah.

Renungan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kita memilih pasangan hidup (jodoh) berdasarkan syari’at Islam.

“Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya, sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan celaka.” [Hadits Shahih Riwayat Bukhari 6:123, Muslim 4:175].

"Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya sebab kecantikan itu akan lenyap. Dan janganlah kamu menikahi mereka karena hartanya sebab harta itu akan membuatnya sombong. Akan tetapi nikahilah mereka karena agamanya, sebab seorang budak wanita yang hitam dan beragama itu lebih utama." [HR. Ibnu Majah].


SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd, P.Qhi
Kriteria Jodoh Dan Din Dun
Sukabumi, 11 Februari 2017

loading...

Poskan Komentar

  1. Cantik cantik :D mungkin jodoh saya belum lahir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan begitu mas, kalau beneran bisa gaswat juga.

      Karena apa yang mas katakan bisa menjadi doa tanpa disadari sekalipun.

      :)

      Hapus
  2. wah, jadi makin mantap sama pilihan nih, thanks infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau begitu berarti terinspirasi.

      Sama-sama kembali mas, senang bermanfaat. :)

      Hapus
  3. mungkin jodoh ane blom lahir gan hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bercanda mas, jadi doa loh.

      Sekarang mas usianya masih belasan tahun kalau menunggu yang belum lahir perkiraan harus menunggu 20 tahun lagi. Apa mas sanggup menunggunya. Karena kesalahan berpikir semacam ini yang menyebabkan dirinya rugi di kemudian hari.

      Jadi sebaiknya, berdoalah yang terbaik pasti kriteria diatas bisa saja didapatkan. Karena pengabulan doa dari Allah itu tergantung dari prasangka kita. Semoga bermanfaat pencerahan ini.

      Hapus
  4. Filosofi sunda memang sangat dalam sekali ketika seseorang yang akan mencari jodoh, dan memang itulah yang paling ideal, paling dicari siapapun. Kalau gak dan din dun, ya pilih paling utama yaitu agamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul sekali mas, utamanya adalah agama yang dimaksud adalah akhlaq dalam bahasa arabnya, moral dalam bahasa PPKn, etika dalam bahasa psikologinya.

      Semoga kita diberikan yang terbaik oleh Allah berdasarkan pilihannya. Saya juga giat dalam mencari kemudian menentukan pilihan dengan istikharah.

      Semoga kita bisa belajar dari apa yang disampaikan dalam artikel diatas.

      Hapus
  5. cantik cantik, perempuan idaman saya nih min hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah, mas terhibur juga toh.

      Semoga mas bisa mendapatkan yang terbaik berdasarkan kriteria diatas. Selama ada keyakinan, kemauan, dan tekad kuat pasti bisa kok.

      Hapus
  6. gagal fokus sama foto ceweknya mas haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, wah tergoda berarti padahal itu ilustrasi buat pemikat aja. Eh malah terpikat benaran.

      Semoga ada hikmahnya dari artikel ini, :)

      Hapus
  7. baca-baca -baca, eh terfokus sama si anak konglomerat :) , manis banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuh, kacau mas ini, berarti suka juga ya yang manis.

      Semoga bisa diambil manfaat dari apa yang disampaikan diatas ya.

      Makasih kunjungannya. :)

      Hapus
  8. masih jomblo :'( itu foto dapat dari mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena jomblo makanya jadi penting ini buat menjadi pedoman dalam pencariannya.

      Sumber fotonya udah disertakan dibawah fotonya mas, silakan dikunjungi aja.

      Hapus
  9. Artikel yang bermanfaat gan cocok yang mau nyari jodoh tapi sayangnya ane masih kecil :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, memang direkomendasikan buat yang serius (menuju pernikahan).

      Sekarang cukup jadi pengetahuan aja pasti nanti akan terasa manfaatnya kalau udah waktunya. :)

      Hapus
  10. nah ini dia yg ana cari :)
    gak akan salah lagi dah buat nyari pasangan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, ini rekomendasi banget, dari filosofi budaya Sunda maupun budaya Islam. Yang pasti akan menyenangkan dunia akhirat. :)

      Hapus
  11. Mungkin jodoh saya di berikan yang Terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahumma Aamiin, kalau mas yakin pasti Allah pun memberikan yang terbaik berdasarkan pilihannya bukan terbaik pilihan mas loh. Seringkali berbeda karena Allah melihat ke dunia akhirat baiknya itu.

      Semoga mendapatkan jodoh yang diinginkannya. :)

      Hapus
  12. Balasan
    1. Sip mas, semoga bisa mencerahkan dan bisa memilih yang tepat ya buat pasangan hidupnya. :)

      Hapus
  13. Balasan
    1. Alhamdulillah mas, syukur kalau begitu jangan lupa baca artikel lainnya. Karena keunikannya tiada bandingnya, hehe.

      Makasih kunjungannya.

      Hapus
  14. Karena yang nama nya jodoh itu alangkah baiknya kita lihat agama dan keturunan nya dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, itulah yang disampaikan oleh filosofi budaya Sunda dan Islami. Semoga kita bisa mengambil langkahnya yang tepat dengan mengacu dari kriteria jodoh diatas. :)

      Makasih kunjungannya ya!

      Hapus
  15. Pasangan hidup harus dipilih dengan tepat agar tidak menyesal nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, itu adalah harapan kita semua. Karena ada juga yang menyesal yang pada akhirnya terjadi deh perceraian. Sedangkan perceraian yang seperti kita tahu hal itu yang paling dibenci oleh Allah SWT.

      Semoga kita bisa mengambil pembelajaran dari artikel ini. :)

      Hapus
  16. Wih cantik cantik ya. Btw, infonya bermanfaat buat cari jodoh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sama-sama kembali, syukur deh kalau terhibur juga dengan ilustrasinya. Semoga menjadi lebih semangat lagi. :)

      Hapus
  17. widih kalo tentang tentang percintaan gua paling demen..:v. Baca dari atas ampe abis.. Jadi tau kriteria cewe idemana..hehe

    Thanks mas bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali mas, dijamin bahagia dunia akhirat kalau bisa mendapatkan kriteria diatas, :)

      Hapus
  18. Tapi mayoritas dan sama dun aja gan yg di utamakan, din nya di lupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mas, jadinya pada akhirnya hanya kesenangan dan kebahagiaan dunia saja yang didapatkannya. Malah ia yang terseret kedalam siksa neraka karena tidak mengarahkan keluarganya ke jalan yang diridhoi oleh Ilahi.

      Semoga kita tidak seperti itu, tapi sebaliknya mas kita harus menjadi sosok yang berbeda pada umumnya. Disitulah kita akan dicari-cari oleh wanita untuk dijadikan sebagai imam dalam kehidupan dunia dan akhiratnya.

      Makasih kunjungannya.

      Hapus
  19. mudah mudahan dpat jodoh yang soleh amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahumma Aamiin, seperti mas sih udah punya dilihat dari fotonya bersama pasangan. Yang terpenting jangan sebatas pacaran mas karena akan menjadi sia-sia seriuskan aja ke jenjang pernikahan. Bila belum waktunya, awas godaan setan dimana-mana.

      Hapus
  20. yang paling penting agamanya taat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, karena akhlak itu bisa menyelamatkan dunia dan akhiratnya. Semoga kita mendapatkan apa yang terbaik menurut Allah, aamiin.

      Hapus
  21. mungkin ane mah masih blom cerah tentang begituan mah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya berarti sebatas pengetahuan aja mas buat saat ini. Yang jelas penting diketahui di kemudian hari. Jangan meremehkan ilmu apapun karena ilmu itu akan bermanfaatnya di kemudian hari kalau bukan untuk tahun ini.

      Selamat mempelajari hal ini dan dijadikan bekal buat kelak.

      Hapus
  22. apakah ane bisa ya gan mendapatkan seperti yg agan paparkan diatas T_T amin amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya insya Allah mas, selama mas yakin dengan kekuatan Ilahi pasti semua yang mustahil bisa aja terjadi. jangan lupa usahanya dibarengi dengan shalat tahajud dan shalat istikharah.

      Hapus
  23. Menurut saya yang terpenting itu agamanya, karena gak berguna jika memiliki semua nya tetapi agama nya kurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, sebab itu dalam islam juga dianjurkan memilih karena agama (akhlaknya), kalau kecantikan dan hartanya itu mah bonus lebihnya aja dari Allah. Ga semua orang bisa beruntung kok.

      Jadi ya berdoa aja yang terbaik. Karena jodoh itu tergantung dari cerminan diri kita.

      Hapus
  24. tentunya cari jodoh sesuai agamanya sholeha dan taat kepada suami dan agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, kalau harta dan kecantikannya itu mah bonus aja dari Allah.

      Istilahnya ga semua bisa mendapatkannya.

      Hapus
  25. semoga mendapatkan jodoh yang baik dan cantik hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahuma Aamiin.

      Kalau yakin pasti bisa mas, karena pikiran bisa mempengaruhi kondisi dan juga mempengaruhi tindakan kita.

      Hapus
  26. Cantik hanyalah kepuasan mata,, tetaplah istri solehah yang akan jadi idaman selamanya....
    Kalau masalah cinta,, ada yang lebih cenderung ke arah dunia,, ada yang melihat sisi akhiratnya,, tergantung dari individunya,, jadi gak heran kalau cewek cantik umumnya lebih matrealistis,, tapi salah juga kalu semisal kita menggeneralisasikannya,,, heheh... makanya kalau temen saya mah melakukan testing dulu, mana yang matre mana yang enggak,,,,, hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini saya enggak menggeneralisasikan karena kalimat yang digunakan cenderung pada umumnya artinya yang dimaksud itu kebanyakan. Dan sebagian kecilnya adalah wanita yang tidak menuntut. Berarti mas sendiri, lebih menyukai yang tidak menuntut tapi kenapa mas harus mengikuti temannya seakan-akan ga punya prinsip dong.

      Ya memang pilihan orang berbeda, tapi kriteria diataslah yang harus dipertimbangkan oleh semua orang.

      Makasih kunjungannya.

      Hapus
  27. Balasan
    1. Betul mas, tapi apa mas bisa mengakui kekurangannya dan juga melengkapi segala kekurangannya. Ya jangan sampai menyesal di kemudian hari.

      Hapus
  28. Walaupun saya berasal dari sunda tapi baru sekarang saya tahu kriteria jodoh dan din dun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih, masa iya mas, syukur deh jadi pengetahuan baru berarti buat mas.

      Semoga jadi referensi dalam memilih pasangan.

      Hapus
  29. Keren habis gan infonya...di tunggu info berikutnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, mas, yang lain juga dibaca-baca aja mas.

      Semoga dapet inspirasi dan motivasi dari blog ini.

      Hapus
  30. Nice sekali gan :D kalau saya , yang penting nerima apa adanya dan bersyukur atas apa yang diberikan ke saya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, saya dukung, semoga apa yang diharapkan oleh mas soal pasangan hidupnya bisa terkabul dan sesuai dengan harapannya.

      Hapus
  31. wah dari hatinya gak dilihat nih gan ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatinya jelas dilihat mas, karena hati yang dimaksud adalah kualitas imannya.

      Nah iman tersebut ada dalam unsur keagamaan.

      Jadi perkiraan mas salah besar, sebab itu diresapi dan ditelaah baru berkomentar hehe.

      Hapus
  32. Belajar terus nih dari tulisan mas Adam. Sebelum waktunya datang, harus benar2 tahu dr kriteria ya mas.

    Yang paling penting itu din nya ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, dan dan dun itu cuma bonusnya aja kok mas. Siapa yang beruntung maka ia akan mendapatkannya. Din itu menjadi kewajiban atau syarat utamanya.

      Hapus
  33. jadi secara agama din lebih diutamakan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, biar selamat dunia dan akhiratnya kita berikut pasangan kita juga. Itulah yang diharapkan oleh Allah dan makhluknya.

      Hapus
  34. kira-kira kalau jodoh dicheat atau di hack gitu bisa gak gan
    maklum jones :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuh, jones banget, cuma di dunia maya aja.

      Ya seharusnya di dunia nyata mas, karena dunia maya ga bakalan bisa masuk ke dunia nyata.

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

1. Dilarang mencantumkan link baik link mati maupun link hidup dalam kolom komentar. Komentar sampah akan langsung dihapus jadi sia-sia deh.
2. Tidak menerima komentar sampah (spam) seperti : Pertamax, Makasih infonya, Nice article, dan lainnya.
3. Berkomentarlah yang relevan dengan postingan yang sedang dibahas sebab itu mencerminkan kepribadian (siapa dirimu itu).
4. Bila ada yang ditanyakan secara pribadi silahkan hubungi Muhammad Adam Hussein, S.Pd di nomor ponsel 08997527700 atau dewapuitis@ymail.com. Biaya konsultasi tentukan sendiri.
5. Jangan malas berkomentar sebab itu penyebab blog akan sepi kunjungan dari Blogger.

Catatan :
Sudah berhasil menghapus 375 komentar spam, sekarang kalau ada komentar spam akan langsung dihapus. Jadinya enggak bakalan ada dalam kotak spam.

Kalau mau dapet backlink kerjasama aja biar diulas dan backlink deh pada akhirnya. Tentunya ini enggak gratis.

 
Top