Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit

Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit 
Oleh: Muhammad Adam Hussein, S.Pd 
Penulis Buku Fenomena Remaja 

Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit - Tak semua jenis kulit bisa beradaptasi dengan sabun mandi begitupun sebaliknya. Sabun mandi perlu diperhatikan dalam pemilihannya untuk menjaga kesehatan kulit kita dan kesehatan tubuh. Artikel ini dibahas secara ilmiah agar dapat menjadi rujukan bagi kita semua. Semoga mendapat pencerahan setelah membaca artikel saya ini. 

Pengertian Sabun Mandi
   Pengertian sabun mandi merupakan garam logam alkali (biasanya natrium atau kalium) dari asam lemak. [Lihat: http://www.scribd.com/doc/51708225/Pengenalan-Sabun-Mandi]

    Pengertian sabun mandi merupakan garam logam alkali (Na) dengan asam lemak dan minyak dari bahan alam yang disebut trigliserida. Lemak dan minyak mempunyai dua jenis ikatan, yaitu ikatan jenuh dan ikatan tak jenuh dengan atom karbon 8-12 yang diberikatan ester dengan gliserin. Secara umum, reaksi antara kaustik dengan gliserol menghasilkan gliserol dan sabun yang disebut dengan saponifikasi. 
[Lihat: http://smk3ae.wordpress.com/2008/10/23/menelaah-lebih-dalam-pengetahuan-tentang-sabun/]

Bentuk Sabun Mandi 
    Bentuk sabun mandi berdasarkan dasar pengetahuan ilmiah terdiri dua yang penulis bisa jelaskan, diantaranya: 

1. Sabun Mandi Padat Batangan 
    Sabun mandi ini terbuat dari ekstrak berbagai olahan yang seringkali dicampuri zat kimia berupa batangan makanya disebut pula sabun mandi padat. Dimaksudkan untuk bisa bertahan lama bila disimpan. Biasanya juga sabun mandi ini disukai tikus dan tikuspun bisa mabuk karenanya. Sabun mandi ini bila sudah dipakai jangan digenangi dengan air berlama-lama karena bakal meleleh. Sebab hal itu dapat mengurangi masa pakainya. Bila dipakai sendiri sabun mandi batangan ini dapat habis seminggu untuk mandi 2 kali sehari. 

Sabun Mandi Padat Batangan

    Harga sangat variatif dari yang murah hingga mahal sekitar seribu hingga enam ribuan. 

2. Sabun Mandi Cair 
Contoh Sabun Mandi Cair Bentuknya Body Wash
Contoh Sabun Mandi Cair Bentuknya Body Wash
   Sabun mandi cair berupa body wash atau shower gel. Bedanya body wash itu kemasannya berbentuk isi ulang sabun mandi cair sedangkan shower gel itu kemasannya berbentuk botol. Menurut pakar medis menyepakati tingkat kontaminasi dari bakteri dan kuman rendah biasanya akibat dari perpindahan tangan karena banyaknya pemakai sabun tersebut secara bersamaan sehinga dapat dihindari. Memang dari segi kebersihan dapat terjaga dengan aman tapi dari segi harga sangat mahal karena rata-rata untuk body wash harganya dari delapan ribu ke atas sedangkan untuk shower gel dari harga sepuluh ribu ke atas. Jenis Kulit Manusia Tiap jenis kulit berbeda dalam cara memperlakukannya. 


Contoh Sabun Mandi Cair Bentuknya Showe Gel
Contoh Sabun Mandi Cair Bentuknya Showe Gel


Dalam hal ini juga kita perlu tahu jenis kulit yang sehat menurut Admin Glutera ia menyebutkan memiliki ciri sebagai berikut: 

1.   Kulit memiliki kelembaban cukup, sehingga terlihat basah atau berembun 
2.   Kulit senantiasa kenyal dan kencang 
3.   Menampilkan kecerahan warna kulit yang sesungguhnya 
4.   Kulit terlihat mulus, lembut dan bersih dari noda, jerawat atau jamur 
5.   Kulit terlihat segar dan bercahaya 
6.   Memiliki sedikit kerutan sesuai usia. 

Jenis Kulit Manusia 
Inilah dasar pengetahuan jenis kulit manusia berdasarkan ilmu kecantikan kulit, diantaranya: 
1.   KULIT NORMAL 
    Kulit normal cenderung mudah dirawat. Kelenjar minyak (sebaceous gland) pada kulit normal biasanya tidak bandel, karena minyak (sebum) yang dikeluarkan seimbang, tidak berlebihan ataupun kekurangan.

     Ciri-ciri kulit normal adalah kulit lembut, lembab berembun, segar dan bercahaya, halus dan mulus, tanpa jerawat, elastis, serta tidak terlihat minyak yang berlebihan juga tidak terlihat kering. Meskipun jika dilihat sepintas tidak bermasalah, kulit normal tetap harus dijaga dan dirawat dengan baik, karena jika tidak dirawat, kekenyalan dan kelembaban kulit normal akan terganggu, terjadi penumpukan kulit mati dan kotoran dapat menyebabkan timbulnya jerawat. 

     Sabun Mandi yang cocok menurut pandangan penulis adalah: 
   Sabun mandi yang berkategori sabun mandi kecantikan. Dimana sabun mandi tersebut lebih condong pada kecerahan warna kulit, kelembaban kulit, dan kelembutan kulit. Seperti sabun mandi Shinzui, sabun mandi Dove, sabun mandi Giv, sabun mandi Citra, sabun mandi Pepaya, dan lainnya. Tapi bukan berarti sabun mandi kesehatan tidak cocok, jadi harus sekali-kali menggunakan pula agar terhindar dari kuman yang menempel pada tubuh karena sabun kecantikan tidak mampu mengatasinya sebab diciptakan juga untuk merawat kecantikan kulit. 

2.  KULIT BERMINYAK 
     Kulit berminyak banyak dialami oleh wanita di daerah tropis. Karena pengaruh hormonal, kulit berminyak biasa dijumpai pada remaja puteri usia sekitar 20 tahunan, meski ada juga pada wanita usia 30-40 tahun yang mengalaminya. 

   Penyebab kulit berminyak adalah karena kelenjar minyak (sebaceous gland) sangat produktif, hingga tidak mampu mengontrol jumlah minyak (sebum) yang harus dikeluarkan. Sebaceaous gland pada kulit berminyak yang biasanya terletak di lapisan dermis, mudah terpicu untuk bekerja lebih aktif. 

    Ciri-ciri kulit berminyak : minyak di daerah T tampak berlebihan, tekstur kulit tebal dengan pori-pori besar hingga mudah menyerap kotoran, mudah berjerawat, tampilan wajah berkilat, riasan wajah seringkali tidak dapat melekat dengan baik dan cepat luntur serta tidak mudah timbul kerutan.

   Sabun mandi yang cocok sesuai dengan jenis kulit ini adalah: Sabun mandi yang berkategori sabun mandi kesehatan seperti Nuvo, Medicare, Dettol, Biore, Lifebouy, dan Asep So. Agar dapat mengurangi kelenjar minyak yang terdapat kulit tubuh sehingga tampak cerah dan tidak tampak dekil.

3.  KULIT KERING 
     Kulit kering memiliki karakteristik yang cukup merepotkan bagi pemiliknya, karena pada umumnya kulit kering menimbulkan efek yang tidak segar pada kulit, dan kulitpun cenderung terlihat berkeriput. Kulit kering memiliki kadar minyak atau sebum yang sangat rendah dan cenderung sensitif, sehingga terlihat parched karena kulit tidak mampu mempertahankan kelembabannya. 

    Ciri dari kulit kering adalah kulit terasa kaku seperti tertarik setelah mencuci muka dan akan mereda setelah dilapisi dengan krim pelembab. Kondisi kulit dapat menjadi lebih buruk apabila terkena angin, perubahan cuaca dari dingin ke panas atau sebaliknya. Garis atau kerutan sekitar pipi, mata dan sekitar bibir dapat muncul dengan mudah pada wajah yang berkulit kering. 

    Sabun mandi yang cocok dengan jenis kulit ini menurut pandangan penulis adalah: Untuk pagi hari gunakan sabun mandi kecantikan seperti salah satunya Lux atau Giv, sedang mandi sorenya gunakan sabun mandi kesehatan seperti salah satunya Nuvo atau Medicare. Biar tiap saat selalu fresh dan kulit kering sehingga selalu tampak bugar. 

4.  KULIT SENSITIF 
      Diagnosis kulit sensitif didasarkan atas gejala-gejala penambahan warna, dan reaksi cepat terhadap rangsangan. Kulit sensitif biasanya lebih tipis dari jenis kulit lain sehingga sangat peka terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan alergi (allergen). Pembuluh darah kapiler dan ujung saraf pada kulit sensitif terletak sangat dekat dengan permukaan kulit. Jika terkena allergen, reaksinya pun sangat cepat. 

   Bentuk-bentuk reaksi pada kulit sensitif biasanya berupa bercak merah, gatal, iritasi hingga luka yang jika tidak dirawat secara baik dan benar akan berdampak serius. Warna kemerahan pada kulit sensitif disebabkan allergen memacu pembuluh darah dan memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit. Berdasarkan sifatnya tadi, perawatan kulit sensitif ditujukan untuk melindungi kulit serta mengurangi dan menanggulangi iritasi. Kulit sensitif seringkali tidak dapat diamati secara langsung, diperlukan bantuan dokter kulit atau dermatolog untuk memeriksanya dalam tes alergi-imunologi. Dalam pemeriksaan alergi, biasanya pasien akan diberi beberapa allergen untuk mengetahui kadar sensitivitas kulit. 
  
   Kulit sensitif memiliki ciri-ciri sebagai berikut : mudah alergi, cepat bereaksi terhadap allergen, mudah iritasi dan terluka, tekstur kulit tipis, pembuluh darah kapiler dan ujung saraf berada sangat dekat dengan permukaan kulit sehingga kulit mudah terlihat kemerahan. 

    Sabun mandi yang cocok dengan jenis kulit menurut pandangan penulis adalah: Sebaiknya sabun mandi kesehatan bila ingin mengandung zat kimia atau bisa juga yang lebih aman yaitu sabun mandi herbal yang terbuat dari ekstrak tumbuhan atau minyak hewan sehingga dengan kealamian tersebut tidak akan mengganggu kesehatan kulit sensitif. 

5.   KULIT KOMBINASI ATAU KULIT CAMPURAN 
    Faktor genetik (keturunan) menyebabkan kulit kombinasi banyak ditemukan di Asia. Banyak wanita timur terutama di daerah tropis yang memiliki kulit kombinasi : kering berminyak atau normal-berminyak. Pada kondisi tertentu kadang dijumpai kulit sensitif-berminyak. Kulit kombinasi terjadi jika kadar minyak di wajah tidak merata. Pada bagian tertentu kelenjar keringat sangat aktif sedangkan daerah lain tidak, karena itu perawatan kulit kombinasi memerlukan perhatian khusus. Area kulit berminyak dirawat dengan perawatan untuk kulit berminyak dan di area kulit kering atau normal dirawat sesuai dengan jenis kulit tersebut.

   Kulit kombinasi atau kulit campuran memiliki ciri-ciri sebagai berikut : kulit di daerah T berminyak sedangkan di daerah lain tergolong normal atau justru kering atau juga sebaliknya. Di samping itu tekstur kulit sesuai jenisnya yakni di area kulit berminyak akan terjadi penebalan dan di area normal atau kering akan lebih tipis. 

   Sabun mandi yang cocok dengan jenis kulit ini menurut pandangan penulis adalah: Sebaiknya hindari sabun mandi kecantikan dikarenakan banyaknya mengandung pelembaban. Kalau ingin yang aman gunakan sabun mandi herbal saja yang jelas tidak ada efek dari pemakaiannya. Zat Kimia dalam Sabun Mandi Ada beberapa yang perlu diwaspadai tentang bahan zat kimia dalam sabun mandi seperti yang dikutip , sebagai berikut: Pertama, Triclosan Penelitian menunjukkan bahwa antibakteri dapat mengganggu fungsi testosteron pada sel dan dapat merusak beberapa bakteri yang baik, sehingga meningkatkan kerentanan terhadap infeksi tertentu.



Kata Kunci
Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit, Pengertian Sabun Mandi, Bentuk Sabun Mandi, Ilmu Kesehatan, Terapi Medis, Jenis Kulit Manusia.  



SUMBER PUSTAKA

http://antioxidant.glutera.com/article/read/50/glutathione-glutera-article-glutathione-indonesia.html

http://www.scribd.com/doc/51708225/Pengenalan-Sabun-Mandi

http://smk3ae.wordpress.com/2008/10/23/menelaah-lebih-dalam-pengetahuan-tentang-sabun/



SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Jakarta Barat, 20 Oktober 2013.
Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit.





16 Komentar untuk "Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit"

  1. Oh gitu toh cara milih sabun yg bener, makasih pa artikel yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga dengan begitu menjadi jelas sabun mandi mana yang cocok sesuai dengan jenis kulit sobat Abdur Rahman.

      Syukurlah kalau bermanfaat.

      Hapus
  2. sangat bermanfaat mas bro. slama ini saya sering gatal, mungkin kaarena kuman atau biang keringat. tapi gak hilang walau mandi. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya karena sabun mandi yang dipakai bukan termasuk sabun mandi kesehatan jadinya wangi aja tanpa membasmi kuman yang nempel dalam pori-pori kulit.

      Jadi seperti itu penyebabnya mas.

      Ya makasih, semoga bermanfaat aja artikel saya ini mas.

      Hapus
    2. oh gitu yaaa..
      pantesan aja, tpi belakangan inikan banyak juga di warung2 dijual sabun mandi anti kuman. apa itu bisa di katakan untuk kesehatan..?? krn bisa menghilangkan kuman.

      Hapus
    3. Ya, sabun mandi kesehatan itu seperti Novu, Dettol, Medicare itu yang terjamin kualitas dan sterilnya mas. Menurut badan POM.

      Hapus
  3. saya lebih sering make sabun mandi batangan,, soalnya kalo yg cair agak susah bagi saya :)

    makasih infonya bisa menambah pengetahuan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggak jadi masalah sebetulnya yang penting sabun mandi kesehatan atau sabun madi kecantikan yang cocok buat sobat.

      Yupz, sama-sama jangan sungkan berkunjung kembali.

      Hapus
  4. Kalo saya lebih praktis pake sabun cair Kang. Thanks tips-nya :)

    Salam,
    Fuji (TrigonalWorldDotCom)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang lebih aman sabun mandi cair daripada batangan, Tapi sayangnya harganya aja yang mahal tapi bisa bertahan sebulan kalau dipakai sendiri mah.

      Hapus
  5. Hmmm...Kalo saya sih make sabun yang cair seperti sampo ...

    Thank's sudah share..
    Ehh saya cowok Mas Adam,jangan di panggil mbak lagi yo ,hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh saya kirain cewek sih, makanya pake foto profil cowok aja jadi diri sendiri hehe.

      Ya memang lebih banyak busanya dan simpel dipakainya juga kalau sabun mandi cair mah.

      Hapus
  6. Sabun mandi yang kita gunakan untuk mandi memang sangat berpengaruh pada kulit. Terlebih lagi jika kulit kita sensitif, jadi harus selektif dalam memilih sabun mandi, karena dikhawatirkan tidak membersihkan kulit, tapi malah bisa menimbulkan gatal-gatal atau yang lainnya. Dengan mengaplikasikan tips yang dikemukakan diatas, diharapkan kita bisa memilih sabun mana yang cocok untuk kulit kita. Luar biasa tips nya. Terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak itulah maksud saya agar kita setelah mandi bukan hanya kebugaran yang dimiliki tapi juga kesehatan kulit kita terjaga.

      Untuk itulah perlu selektif dalam memilih.

      Syukurlah kalau itu bermanfaat buat mbak yang manis, ^.^

      Hapus
  7. mantap sob ulasannya keren ada sumber arsip nya juga. Ane sih asal milih sabun mandi aja sob. Semua nya cocok hahaha :D
    izin save tips nya sob kapan-kapan kalau dibutuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau cocok, jangan sampai ada iritasi kulit dan hal lain yang enggak diinginkan. ^.^

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700