Langkah Jitu Menentukan Strategi Bisnis yang Tepat

Langkah Jitu Menentukan Strategi Bisnis yang Tepat

Langkah Jitu Menentukan Strategi Bisnis yang Tepat - Hal yang paling membedakan tingkat pertumbuhan bisnis adalah strategi yang digunakan, tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda untuk mengelola sebuah usaha, terkadang ada yang pertumbuhannya pesat karena memang menerapkan strategi bisnis yang tepat, namun setelah dicoba untuk bisnis yang lainnya ternyata kurang berhasil. Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya penerapan strategi tersebut, diantaranya melihat pada kondisi konsumen secara langsung, beda latar belakang, beda tempat dan juga usia sangat menentukan sistem pemasaran mereka.

Sumber Gambar :
http://cdn.bisnisukm.com/2015/04/strategi-pemasaran-600x467.jpg
Patut untuk diketahui mengapa kemudian banyak orang yang lebih tertarik untuk mengawali bisnis mereka dari online baru kemudian setelah mengalami pertumbuhan tertarik menjalankannya secara offline adalah karena sangat mudah melihat segmen dengan mengandalkan teknologi. Misalnya saja bisnis yang dimulai dengan mengandalkan media sosial, tinggal melihat saja siapa mayoritas teman kamu, dari segi usia, jenis kelamin bahkan latar belakang sangat jelas karena bisa dilihat secara langsung, maka pemilihan bisnis juga bisa tepat sasaran.

Namun dalam kondisi secara langsung memang target kamu jauh lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang hanya menjalin jaringan pertemanan dengan kita, namun sangat sulit menentukan mana target yang pasti dan tidak, ada anak-anak, orang tua dan juga remaja semuanya tentu memiliki minat masing-masing dalam membeli sebuah barang. Strategi bisnis dapat kamu terapkan paling tidak setelah melalui serangkaian tahapan berikut ini, diantaranya adalah:

Sumber Gambar :
http://www.revolusibisnisrumahan.com/wp-content/uploads/2015/05/strategi-bisnis-mengalahkan-pesaing.png

  1. Sudah lakukan survei konsumen, istilah lainnya paling tidak kamu telah segmentasi, yaitu membeda-bedakan masyarakat yang heterogen menjadi mayoritas terbesar yang sifatnya homogen, dengan hal ini paling tidak ada gambaran garis besar mengenai siapa yang akan kamu tuju dengan penawaran barang tersebut.

  1. Penentuan produk yang akan dijual juga sudah pasti, tahukah kamu bahwa salah satu hal yang paling sulit dalam menjalankan usaha apalagi bagi yang masih pemula adalah hal yang satu ini, kesulitan dalam mencari barang yang akan dijual, terkadang ada banyak pemikiran yang terlintas, namun setelah melakukan survey umumnya jauh lebih mudah memiliki produk menyesuaikan dengan target kita.

  1. Penentuan supplier, kebanyakan diantara pelaku usaha pemula lebih senang ambil aman dengan menjadi reseller saja, hal ini tentunya harus ditunjang dengan keberadaan supplier dan ini termasuk bagian yang sulit juga, menemukan supplier yang tawarkan barang berkualitas bagus namun dengan harga yang cukup rendah.

  1. Sistem penjualan, apakah kamu langsung menjalankan bisnis offline atau lebih memilih online terlebih dahulu ini juga turut mempengaruhi strategi dalam memasarkannya, mengingat lokasi konsumen berbeda-beda.

  1. Penentuan harga, barang yang kamu dapatkan dengan harga tertentu dari supplier nantinya akan langsung mendapatkan kalkulasi, biasa transport ditambah juga dengan nilai keuntungan yang kamu inginkan, semuanya akan menjadi total akhir yang ditawarkan kepada konsumen, beda biaya nantinya juga akan sangat mempengaruhi teknik pemasaran, misalnya kamu menjual dengan murah, bisa jadi nanti taglinenya ‘obral’, namun saat harga mahal, mungkin bisa menjadi tagline ‘barang berkualitas’.

Setelah kamu melakukan serangkaian langkah tersebut baru terapkan strategi bisnis yang kemungkinan dapat membawa usaha kita menuju kepada keuntungan. Terkadang banyak yang tak memperhatikan hal ini sehingga hanya dalam beberapa bulan saja buka toko terpaksa harus gulung tikar, bagi pengusaha yang masih awam tak ada salahnya mengadopsi strategi yang juga pernah digunakan oleh pengusaha-pengusaha sukses.



SUMBER ARSIP

Langkah Jitu Menentukan Strategi Bisnis yang Tepat
Sukabumi, 10 April 2016




22 Komentar untuk "Langkah Jitu Menentukan Strategi Bisnis yang Tepat"

  1. Kalo sudah tentang bisnis mudeng kepala saya, soalnya belum perna berbisnis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena belum berbisnis ini jadi bekal buat mas, sebagai wawasannya.

      Kalau punya bekal wawasan segala sesuatunya bakal bisa matang dan ga mudah digoyahkan bisnisnya.

      Semoga jadi renungan dan bisa menerapkan tipsnya ya?

      :)

      Hapus
  2. Hmm mas ini memang ahlinya nih bikin saya tertarik untuk baca dan berkunjung ke blog mas adam, jujur saya sih mas tidak se detail ini jika menentukan langkah untuk membuat strategi bisnis tapi saya punya keyakinan yang kuat bahwa produk yang saya jual harus laku.

    Tapi okeh juga mas bermanfaat sekali nih untuk dievaluasi dan buat pembelajaran buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus atuh kalau gitu mudah-mudahan dengan motivasi yang kuat maka akan mempengaruhi potensi bisnis maupun usaha mas bisa dilancarkan, dimudahkan, dan enggak gampang digoyahkan.

      Semoga inspirasi bisa bermanfaat setelah diterapkan dalam bisnis usahanya.

      :)

      Hapus
  3. Wah pas banget nih, aku lagi mikir mau mulai bisnis kecil-kecilan tapi lagi bingung mikirin strateginya. Untung main ke blog Mas Adam. Thank you Mas untuk informasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama kembali mbak, mudah-mudahan bisnis yang akan dijalankannya pun bisa lancar dan bisa bertahan dengan sebagaimana yang diharapkan. Karena memang yang namanya bisnis ada juga kemundurannya tapi jangan sampai hal itu sampai terus menerus sebab akan mempengaruhi pada keuntungan finansial.

      Semoga bisa diterapkan inspirasinya.

      Hapus
  4. Assallammuallaikum Bang Adam..bagus banget Tips Bisnis dari abang..hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam mas.

      Alhamdulillah kalau gitu, mudah-mudahan menginspirasi. :)

      Hapus
  5. Yang paling menentukan menurut saya pemilihan produk yang tepat karena akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis dikemudian hari jangan mudah terpaku pada trend tapi hanya musiman seperti batu akik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul setuju itu mas, produk yang tepat juga menunjang untuk kesuksesan.

      Memang batu akik sekarang mah udah menurun populernya jadi omset bakal ikut menurun juga. Produk yang sering dibutuhkan pasar itu yang umumnya berpeluang akan selalu ada pembeli. :)

      Hapus
  6. sangat bermanfaat sekali tipsnya bagi aku yg saat ini sedang membangun bisnis kecil-kecilan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip kalau gitu mas, saya ikut senang, semoga tipsnya akurat dan memberi kelancaran dengan usahanya dan jangan pernah patah semangat ketika mengalami kegagalan. :)

      Hapus
  7. Terima kasih atas ilmu pembelajarannya, jadi cukup memotivasi, yang memiliki ketertarikan setiap artikel yang dibaca dari Pak Adam adalah keunikan, dan kali ini Pak Adam mengkaji informasi mengenai bisnis, yang tentunya untuk memberitahukan renungan dan solusi terutama bagi calon-calon pembisnis ya Pak yang masih baru memulai,

    Ternyata Pak Adam memiliki penguasaan materi dan mengetahui banyak terhadap langkah-langkah jitu bagaimana untuk menentukan strategi bisnis yang tepat, saya juga mencoba untuk belajar akan tersebut.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali mas, semoga bisa meningkatkan potensi mas dalam berbisnis.

      Alhamdulillah dibekali juga jiwa bisnisnya.

      Semoga bermanfaat ya? :)

      Hapus
  8. Terima kasih atas ulasan strateginya Mas,
    Sebenarnya saya juga pernah punya niat bisnis yang masih terpendam, khususnya dalam bidang hardware & computer stuff.
    Untuk sementara saya masih mengais recehan dari pemasangan iklan ppc pada blog.
    Apakah menjadi publisher iklan masuk ke dalam kategori bisnis juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjadi publisher iklan itu termasuk pengoptimalan blog jadi itu juga termasuk bisnis online dengan bisnis sistem periklanan online. Tingkatkan terus penghasilannya.

      Iya sama-sama kembali, mudah-mudahan inspirasi bisa bermanfaat buat kelak pas mau digunakan. :)

      Hapus
  9. saya sama sekali belum mengenal bisnis mas malahan, tapi tips jitu nya bisa nih di bookmark buat simpenan nanti buat tambah wawasan tentang dunia bisnis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan mas, apalagi bekal ilmu perlu diawal soalnya jadi modal.

      Kalau ilmu bisnisnya cukup memadai pasti bisnisnya juga ga mudah diterpa badai atau angin begitu hehe.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. Wah artikel yang menarik mas, masalah bisnis sebenarnya banyak ide2 untuk memulainya namun kurangnya motivasi dan pengalaman yang membuat saya tak kunjung untuk bertindak, bagaimana sarannya mas untuk membangun motovasi dalam berbisnis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dalam berbisnis selain harus siap modal juga berani rugi, punya konsep penjualan dan pemasaran, dan lainnya. Kalau segala sesuatunya dengan konsep yang matang pasti kita siap menghadapi gelombang dalam usaha bisnis kita.

      Hapus
  11. Suplier yang berkualitas akan menentukan kredibilitas bisnis yang kita bangun. Strategi bisnisnya keren sangat cocok diterapkan, apalgi saat sekarang persaingan sangat ketat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu mas, dengan banyaknya saingan jadi perlu banyak persiapan strategi biar kita ga kalah dalam bersaing. Apalagi yang harus kita utamakan itu kualitas layanan maupun layanan produk maupun jasa kita.

      Semoga jadi pencerahan buat pembacanya.

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700