Engkaukah Gadis Berkarakter Itu?


Engkaukah Gadis Berkarakter Itu? 
Muhammad Adam Hussein
www.adamsains.us

Hai, ketemu lagi dalam artikel barunya Adamssein (udah lama semenjak bulan puasa libur). Gimana kabar temen-temen?

Ciri Gadis Berkarakter berarti menelusuri cewek yang berkualitas bukan hanya di luar (tampang, bentuk tubuh, dan wajah muda), yang maksudnya berkualitas yang ada dalam diri cewek tersebut. Sebagai contoh: banyak hal yang diketahui (pinter intelektual), bisa menjaga diri dan menahan emosi dalam situasi yang tidak terkendali (pinter emosional), patuh terhadap anjuran yang ditetapkan Agama dan menjauhi segala laranganNya (pinter spiritual). Singkatnya IQ (Intelektual Quetiont – Baca: Cerdas Ilmu danPengetahuan), EQ (Emosional Quetiont – Baca: Cerdas Emosi), SQ (Spiritual Quetiont – Baca: Cerdas Keagamaan) seimbang dan merata pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari dalam menunjang berperilaku.

Di zaman kayak gini (modern gitu) sulit sebetulnya mencari gadis yang berkarakter itu? Lalu, apa penyebabnya hal itu? Jawabnya, ya karena banyaknya cewek sekarang lebih mengikuti gaya modern alias gaya budaya Yahudi, contohnya: pake celana ketat, pakaian berbahan tipis, pake rok mini, pake tangtop, masih banyak lagi deh. Sayang yah, cewek-cewek sekarang gampang terbawa arus mudik eits arus globalisasi (pengaruh yang muncul dari luar diri baik itu lingkungan masyarakat, keluarga, sahabat, maupun dari buku dan internet, berwaspadalah), arus modernisasi (bergaya modern serba canggih, serba ngetrend sekalipun itu negatif namun anak muda tidak mengindahkannya), dan arus liberalisasi (penganut kebebasan yang tak mengindahkan ajaran Agama dalam kehidupan sehari-hari berpatokan pada kebebasan HAM seringkali bersewenang-wenang/semaunya). Jadinya, kepribadian nggak jelas pegangannya dalam artian sifatnya belum menetap masih berubah-ubah tergantung dari enak atau enggaknya.

“Segala sesuatu yang ia jalani Cuma berdasar ikut-ikutan, akhirnya mudah untuk dimanfaatkan oleh sejumlah orang yang berkepentingan menjerumuskan ke hal negatif atau disebut menuju lingkaran setan dalam artian sekali tenggelam maka pengaruh buruk lainnya mudah diserap oleh seseorang tanpa disadarinya.”
[Muhammad Adam Hussein]
Nah loh, gimana jadinya?  

Ciri Gadis Berkarakter itu menurut Muhammad Adam Hussein (Penulis Sendiri) diantaranya:
Cewek yang jelas tujuan hidupnya.

Dengan kejelasan tesebut tertolonglah arah hidupnya semata-mata bakal berfokus menjalani segala kegiatan sehari-hari untuk mencapai tujuan hidupnya.

Sebagai contoh:
Tujuan hidup untuk beribadah, maka kegiatannya akan memperbanyak ibadah sunnah selain melakukan ibadah fardhu sebagai kewajibannya. Tujuan hidup untuk mengabdi, maka kegiatannya lebih sering ke arah memotivasi dalam arti memberi penyuluhan, memberi dukungan positif, mentransper ilmu, dan hal lain yang mampu kita berikan. Tujuan hidup untuk mencapai keridhoan Allah, maka kegiatannya akan cenderung berdakwah secara tulisan maupun lisan.
Dalam tujuan hidup akan dipisahkan dengan kepentingan ekonomi karena seseorang yang mempunyai tujuan hidup yang jelas nggak bakal mau mengorbankan pahala amalan dunia yang memungkinkan menjadi amalan akhirat dipertaruhkan, sebab kalau amalan akhirat dijadikan untuk menghasilkan uang sebagai tujuan utamanya, maka hanguslah pahala akhirat sebab terganti dengan sejumlah nominal yang didapatkan itu. Sayang kan?
Berbeda dengan cewek yang nggak punya tujuan hidup, hidupnya akan dihabiskan dengan menikmati segala fasilitas yang ada di dunia. Sebagai contoh: berani berbuat mesum sekalipun jelas belum sah sebagai suami istri, berpakaian minim sekehendaknya, sering bermain ke clubbing (baca: dugem/pesta dunia malam; joget-joget birahi), berkebiasaan buruk semacam minum alkohol, mengosumsi barang haram (seperti: sabu-sabu, ganja, morpin, koplo, dan lain-lain), boros dalam menggunakan uang, malas untuk bersedekah, membangkang pada orangtua, pada guru, dan tidak menanggapi kencaman dari masyarakat. Singkatnya, punya kepribadian yang arogan, egoistis, dan anti peduli sosial. Jelas itu, nggak termasuk cewek berkarakter.

Dalil AlQur’an bahwa Kita ada Tujuan dalam Hidup. 

Hidup bukan hanya untuk di dunia semata, namun ada yang harus dipertangungjawabkan atas perbuatan selama hidup di dunia, dan di dunia jugalah kita diberi pembalasan, sebelum menempuh penentuan ke surga atau ke neraka?

“Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. Dan bagi-Nyalah sifat yang Maha Tinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” 
[QS. Ar Ruum [30] : 27]

“Hanya kepadaNyalah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.”
[QS. Yunus [10] : 4]

Katakanlah: "Apakah di antara sekutu-sekutumu ada yang dapat memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali?" katakanlah: "Allah-lah yang memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali; maka bagaimanakah kamu dipalingkan (kepada menyembah yang selain Allah.”
[QS. Yunus [10] : 34]

“Sesungguhnya Kami menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada Kami-lah tempat kembali (semua makhluk).”
[QS. Qaaf [50] : 43]

”Allah menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali; kemudian kepadaNyalah kamu dikembalikan.”
[QS. Ar Ruum [30] : 11]

Cewek yang pintar mengaji dan mengkaji ajaran Islam
Cewek semacam ini ia bukan hanya meluangkan waktu mempergunakan keindahan suaranya untuk mengaji, melainkan mengambil pelajaran dan memaknai isi kandungan alQur’an maupun hadits sehingga bakal mempertajam keimanan dan mengukir kuat motivasi kepada batin agar mudah mengaplikasikan apa-apa yang dianjurkan dan apa-apa yang dilarang dalam menyikapi sesuatu hal yang terjadi. Jadinya, pandai dalam berikap dan bertindak yang sesuai dengan ajaran Islam.

Cewek yang pintar mengaji dan mengkaji ajaran Islam. Pasti enggak bakal berani berbohong, nggak menyakiti perasaan cowok dengan memberi harapan kosong, mau mengalah demi kebaikan, enggak mementingkan dirinya sendiri, enggak suka menipu orang lain maupun dirinya sendiri, lebih menghargai kejujuran, enggak mudah hanyut pada kata-kata manis (rayuan gombal) dari cowok manapun, lebih bisa menjaga kesucian diri yang satu-satunya, lebih mementingkan akhirat dari kesenangan duniawi, enggak mudah terbawa arus pergaulan, dan yang pasti ia bakalan siap mengajak temannya untuk diselamatkan dari pergaulan bermuatan negatif ke bermuatan positif artinya bersedia mengarahkan seseorang meski enggak diminta pertolongannya karena lebih peka terhadap kesadaran menolong sesamanya.

Jilbab bukan hanya dipakai diluar rumah saja, jika ada tamu ke dalam rumah yang bukan muhrimnya pun pasti dipake, karena lebih menjaga agar pandangan cowok terhadapnya enggak pake syahwat (nafsu birahi). Jarang sekali gadis yang melakukan hal ini, kebanyakan hanya saat mau ke luar rumah barulah dipake jilbabnya. Disinilah bedanya, yang mengerti dengan yang awam tentang cara pemakaian jilbab yang sebenarnya. Jika perlu bacalah kembali artikel saya yang berjudul Efek Jilbab Tanpa Ilmu dan Solusinya! cukup buat rujukan kita bersama.  

Cewek yang berjiwa kesetiakawanan
Cewek semacam ini lebih disukai cowok karena kedewasaannya dalam bergaul dengan sesamanya, karena saat teman tersebut di kala kesusahan dalam mengatasi masalah khususnya ekonomi bukan hanya memberi motivasi untuk tetap berusaha ia pun akan menyisihkan bantuan berupa uang dari tabungannya. Sekalipun, ia sendiri masih membutuhkan namun karena kesetiakawanan ia rela membantu meringankan keperluan temannya itu. Sekalipun ia tau bisa saja ditipu uang enggak dikembalikan namun tetap ia jalani dengan senang hati. Ia nggak bisa tenang saat temannya mengalami kesusahan rela mengorbankan hal apa saja selama itu dalam jalur positif. Ia seringkali menghibur dengan candaannya yang segar untuk menenangkan kegundahan yang dialami oleh temannya.

Cewek yang berbakti kepada Kedua Orangtua 
Cewek yang hobinya membantu memperingan pekerjaan ibunya. Misalnya: bisa memasak, mencuci piring, mencuci baju sendiri, menyapu, jika punya adik mengasuhnya, enggak memanjakan adiknya berlebihan, dan selain itu menghibur ibunya dari kelelahan, sering bertukar pikiran dengan ibunya, memijat badan ibunya yang sedang pegal-pegal, dan saat ibunya sakit merawatnya hingga sembuh.

Sungguh mengharukan, apalagi jika kita mau menelusurinya lebih dalam lebih daripada ini yang disebutkan.

Enggak ngebangkang perintah orangtua selama itu dijalur positif, kalau orangtua memerintah kepada keburukan kita layak untuk nggak menurutinya. Memeberi sesuatu yang disukai atau yang diinginkan oleh ibu maupun ayah dari hasil tabungan yang dikumpulkannya sebagai tanda terimakasih meski hal itu masih kurang cukup setidaknya orangtua sudah cukup senang dalam menerima pemberian yang ia (anaknya) lakukan.

“Memperingan pekerjaan ibunya menjadi misi utama dalam mengabdi diri di dalam keluarga. Karena semata-mata bermaksud balas budi terhadap jasa-jasa orangtuanya selama ini.” 

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”
[QS. Al Israa' [17] : 23]

Dari dalil diatas, sudah jelas kita harus menjaga tingkahlaku di depan orangtua jangan sampe wibawa orangtua hilang karena ulah kita yang mengecewakannya. So, berpikirlah sebelum bertindak itu lebih baik dibanding enggak sama sekali. Ya, sekalipun orangtua kita yang punya watak keras bisa jadi egois enggak perlu kita tantang cukuplah mengalah biar masalah enggak berkepanjangan, dan turuti segala perintahnya sekalipun hati kita menolaknya, sedikit demi sedikit kita patuhi insya Allah lambat laun bakalan terbiasa karena hal itu dilatih secara bertahap.

Cewek yang bertanggungjawab pada dirinya sendiri
Cewek yang punya kesadaran tinggi dalam menjaga kesehatan badaniah, mental, dan terutama dirinya yang seutuhnya. Kalau cewek yang nggak memperhatikan terhadap dirinya sendiri pasti malah berani berbuat nekad sekiranya banyak resiko pun berani ditanggungnya tapi sebetulnya ia kewalahan saat menyadarinya karena ulahnya sendiri. Soalnya enggak sedikit cewek yang nekad ngilangin keperawanan yang satu-satunya itu demi ketakutan diputuskan padahal kalau ia sadari itu cuma tipuan semata jelas akhirnya mah cuma dimanfaatin doang. Yang rugi ya tetap cewek yang nanggung dosanya. Emang, serem kalau ini yang terjadi tapi gimana pun itu resiko dari perbuatannya.

Dalam AlQur’an, Allah berfirman:
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya”. 
[QS. Al Israa’ [17] : 36]

Dari Abdullah bin ‘Umar, Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Semua kamu adalah pengembala  dan semua akan ditanyai tentang gembalaannya. Imam adalah pengembala dan ditanyai tentang gembalaannya”.
[HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi dari Ibnu Umar]

Dalam AlQur’an, Allah berfirman:
Katakanlah: "Apakah aku akan mencari Tuhan selain Allah, padahal Dia adalah Tuhan bagi segala sesuatu. Dan tidaklah seorang membuat dosa melainkan kemudharatannya kembali kepada dirinya sendiri; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali, dan akan diberitakan-Nya kepadamu apa yang kamu perselisihkan."
[QS. Al An'aam [6] : 164]

Dalam AlQur’an, Allah berfirman:
“Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul dosanya itu tiadalah akan dipikulkan untuknya sedikitpun meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat kamu beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada azab Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihatNya dan mereka mendirikan sembahyang. Dan barangsiapa yang mensucikan dirinya, sesungguhnya ia mensucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allahlah kembali(mu).”
[QS. Faathir [35] : 18]

Cewek yang bertanggungjawab pada dirinya sendiri bakalan memperkecil pengaruh buruk dari luar ataupun dari dalam dirinya sendiri. 

Pengaruh buruk dari luar diri yaitu melalui pergaulan sehari-hari semacam dari hasudan (berita yang belum jelas kebenarannya), ajakn berpesta pora (mabuk-mabukan, pesta sex, nonkrong-nonkrong yang nggak jelas maksudnya, bolos sekolah, main game pas jam sekolah, dan kenakalan lainnya yang berisiko tinggi).

Pengaruh buruk dari dalam dirinya sendiri yaitu semacam keegoisan dalam menyikapi sesuatu masalah seakan-akan berani bertanggungjawab padahal dilihat dari kesanggupannya kemungkinan kecil saking terlalu berambisi dan terobsesi jadinya langkah-langkah dijalankan oleh dirinya sendiri tanpa pertimbangan yang matang. Menganggap dirinya segala bisa oleh sendiri yang akhirnya dirinya kikuk dalam menanggung beban sendirian sekalipun ini bisa jadi buat latihan mental namun tetap berisiko setidaknya menanggapi dan menerima masukan dari orang terdekat.

Ya memang terkadang kita berniat untuk menjadi orang yang bertanggungjawab namun nggak ada salahnya kita enggak nolak bantuan orang dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, sekalipun kita mampu menyelesaikan masalah itu sendirian. Ya, bekerja secara tim memang perlu kerjasama tanpa hal itu pekerjaan enggak bakjal optimal. Yakin deh, soalnya penulis aja udah pernah ngalamin ternyata kita enggak optimal kalau menyelesaikan pekerjaan sendirian. Dari situ juga, penulis belajar untuk enggak terpaku pada kemampuan diri sendiri biar kita terlatih menyelesaikan pekerjaan secara optimal.

Jadi, cewek yang bertanggungjawab pada dirinya sendiri kadar keegoisan dan kadar kesombongan rendah jadi ia termasuk yang cepat beradaptasi dengan lingkungan dimana pun ia berada.

Cewek yang mandiri dan pintar menabung    
Cewek yang mandiri sekarang udah banyak, dengan pekerjaan minimal/ringan gaji, tapi perlu diingat cewek yang pintar menabung jumlahnya masih sedikit. Contohnya: tiap ada kebutuhan mendadak malah minjem kesana-kesini kalau punya tabungan sendiri udah gitu rajin diisi pasti kebutuhan mendadak bakalan tertutupi dari hasil tabungan tersebut. Kalau mesti ngehutang malah tambah jadi malas dan masalah, gima kalau kita enggak bisa bayar pas waktunya, apa ngehutang lagi? Wah, itu sih bukannya solusi malah membelit diri sendiri dengan banyak hutang. 

Makanya, mesti pintar menabung biar kebutuhan mendadak saat kapanpun dibutuhkan uang tersebut bisa diambil dengan catatan enggak semua uang nominal yang ada ditabungan diambil minimal ¼ atau ½ dari uang nominal tabungan.

“Hargailah jerih payah mengumpulkan uang seberapa besarnya itu sebab mencari uang tidk segampang mengumpulkannya. Mencari uang harus berhari-hari bekerja keras sedang mengumpulkannya dari uang yang ada pada saat itu untuk disisihkan ke dalam tabungan. Semoga saja kita bakalan tambah bijak mengelola keuangan”.
[Muhammad Adam Hussein] 

Allah akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan uang secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya. 
[HR Muslim & Ahmad]

Jadi, sudah jelas cewek atau gadis yang pintar menabung itu sangatlah langka, dari langkanya itu kita perlu mencarinya. 

Cewek yang konsisten dan berkomitmen
Konsisten artinya punya ketetapan yang pasti tidak berubah pikiran maupun berubah perasaan namun hanya ruang dan waktu saja yang berubah.

Contohnya:
Sekalipun ada masalah dengan teman atau pasangan enggak mudah ngucapin perpisahan tapi sekuat mungkin mempertahankannya dan menjaga hubungan yang telah dibina beberapa lama mengikuti proses perjalanannya.

Ya, emang yang punya konsisten enggak bakal mempertaruhkan hubungan menjadi pemisah dari kekesalannya, karena ia menyadari hal itu bukan jalan yang terbaik untuk ditempuhg. Sebab, kalau enggak mempertahankan sama halnya enggak  memberi arti pada hubungan yang dijalinnya.

Kalau yang enggak konsisten pasti ia sedikit-sedikit mempertaruhkan persahabatan atau percintaan demi kepuasan kekesalannya biasanya saat sudah berakhir barulah bakal menyadari sikap salahnya itu. Tapi apa dikata, hilang kepercayaan maka perlu beradaptasi kembali dari awal ya karena sesuatunya bermula dari kepercayaan hal itu tidak mudah buat menyakinkannyabutuh yang namanya proses dan cukup waktu jadi haruslah bersabar kalau memang hal ini terlanjur berpisah.

Cewek yang berkomitmen itu enggak bakal menyerah sampe apa-apa yang jadi tujuannya tercapai udah gitu bakalan menjaga cita-cita yang tercapai biar enggak mudah goyah atau luntur karena betapapun perlu disadari proses untuk mencapai keinginannya udah dibayar mahal dengan perjuangan dan pengorbanannya yang tak terhitung.

Perjuangan dalam berkomitmen, menjaga kestabilan emosi, dalam berperilaku biar enggak terjadi kesalahpahaman yang sangat darurat. Jadi, butuh kesabaran dan kesungguhan yang ekstra.

Pengorbanan tidak sebatas berkorban tenaga, pikiran, perasaan, dan bisa jadi juga pengeluaran dana yang dipastikan sudah banyak terkuras sebab yang dipikirkan itu bagaimana menjaga ketahanan dan keharmonisan dalam persahabatan maupun percintaan jangan sampe sia-sia hanya karena kesalahan yang biasa aja malah berdampak kemana-mana akhirnya malah berbuah kekecewaan yang mendalam.

Cewek yang bergaya hidup sederhana
Cewek yang enggak suka bergaya mewah, terbiasa dengan kehidupan sederhana ala kadarnya tidak terlalu memaksakan diri untuk mengadakan sesuatu yang boleh jadi keuangannya tidak terjangkau. Menikmati segala yang ada sekalipun dimata orang lain hal itu seperti mencerminkan kemisikinan (orang tidak punya harta).

Terbiasa enggak mengeluh dengan keadaan yang memperhatinkan, enggak mengeluh dengan segala ketidakpunyaan, bersyukur malah yang ada sehingga hidup yang berat pun bakalan terasa nikmat dan enggak membebani sebaliknya kebahagiaan batin tercipta karena qana’ah dan istiqomah.
       
“Kebahagiaan batin niscaya terasa lebih nikmat dalam kehidupan serba sederhana. Sebaliknya, kebahagiaan nafsu hanyalah membebani karena menuntut sesuatu yang tidak ada menjadi ada tanpa melihat kemampuan diri sendiri.”
[Muhammad Adam Hussein]

Rasulullah SAW bersabda:
“Alangkah beruntunglah orang yang mendapat hidayah kepada Islam, lalu ia mencukupkan diri dengan kehidupan yang sederhana dan bersikap qana’ah.”
[HR. At Tirmidzi]

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah mencintai hambanya yang takwa, selalu merasa cukup, dan berusaha menyembunyikan amalnya.”
[HR. Muslim] 

Jadinya, cewek yang bergaya hidup sederhana pandai bersyukur atas apa yang diterimanya baik itu kesederhanaan maupun kelapangan rezeki dalam hidup.

Cewek yang lemah lembut dan pintar sopan santun
Cewek yang lemah lembut pasti jadi idaman tiap cowok manapun, sebabnya saat ada masalah dihadapi dengan kepala dingin dan bahasa yang kurang menyenangkan hati pasti enggak bakal terucap, keburukan enggak dibalas dengan keburukan malah dibalas dengan kebaikan inilah yang dapat mengubah perilaku buruk menjadi baik sebab ia merasa malu berbuat jahat tapi diperlakukan baik, dalam menasehati dan menegur dengan cara-cara halus tidak dengan sikap kasar, mengajak pada kebenaran tidak dengan paksaan melainkan hanya menumbuhkan kesadaran di orangnya terlebih dahulu, bukan pula dengan mempersulit, membertakan, atau bahkan memaksakan kehendak. Kelemahlembutan akan melatih mental menjadi peduli sesama, peduli terhadap lingkungan sekitar, peduli terhadap hewan peliharaan maupun hewan satwa lainnya. Selain itu menanamkan sikap pemaaf dalam hidupnya.
“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan) itu dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah teman yang sangat setia. Sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.”
[QS. Fushshilat 34 – 35]

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah itu maha lembut, mencintai kelemahlembutan dalam setiap perkara.” 
[HR. Muttafaq alaih dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 32]

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah itu maha lemah lembut, dan memberi karunia karena kelemahlembutan, dan sekali-kali tidak memberikannya karena kekasaran apapun atau sejenisnya.”
[HR. Muslim dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 32]

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya ramah tamah (lemah lembut) di dalam segala urusan akan akan menjadikan urusan itu indah (sukses). Tanpa sikap lemah lembut pastilah semua urusan akan menjadi buruk.”
[HR. Muslim dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 32]

Rasulullah SAW memberi himbauan:
“Permudahlah dan jangan mempersulit; gembirakanlah, dan jangan menyusahkan.”
[HR. Muttafaq alaih dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 33]

Firman Allah SWT juga menganjurkan buat enggak keras kepala agar orang yang dinasehati tidak lekas pergi dari samping kita.
“Dan kalau kamu berhati keras (kasar), niscaya mereka akan menyingkir dari sisimu.”
[QS. Ali Imran : 159]

Allah juga telah memerintahkan Nabi Musan dan Harun Alaihimas Salam, untuk menyeru Firaun dengan cara yang baik:
“Pergilah kamu berdua kepada Firaun, sesungguhnya dia telah melampaui batas. Maka, berbicaralah kamu dengan kata-kata sopan (lemah lembut), mudah-mudahan ia sadar atau takut.” 
[QS. Thoha : 43-44]

Jarir bin Abdullah RA berkata, bahwa dia telah mendengar Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa yang tak bersikap ramah tamah, maka ia kehilangan kebaikan-kebaikan.” 
[HR. Muslim dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 34]

Hadits dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Hai Aisyah! Berlakulah ramah tamah, maka sesungguhnya Allah jika menghendaki suatu rumah tangga itu baik, maka Allah memasukkan kepada mereka itu sifat ramah-tamah.”
[HR. Ahmad dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 34]

Dari Jabir RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Jika Allah menghendaki satu kaum itu baik, maka Allah memasukkan pada mereka itu sifat ramah tamah.”
[HR. Bazzaar dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 34]

Sikap apa yang bisa menyelamatkan dari api neraka? Lalu, Rasulullah SAW bersabda:
“Maukah aku tunjukkan dengan orang yang diharamkan masuk neraka? Atau dengan sesuatu yang mana mereka terhindar baginya? Diharamkan bagi yang dekat (dengan Allah dan Manusia) lagi lemah lembut dan suka mempermudah urusan.”

Lemah lembut memancarkan kebaikan yang berdampak kemana-mana sehingga hal ini akan meningkatkan derajat kemanusiaan dalam ibadah kepada Allah, seperti memperlakukan baik sekalipun itu hewan sembelihan, contoh: Sapi, Domba/Kambing, dan Ayam.

“Sesungguhnya Allah mewajibkan selalu bersikap baik dalam segala sesuatu. Maka jika kalian membunuh (buruan) maka lakukanlah dengan cara sebaik-baiknya, dan jika kalian menyembelih hewan maka lakukanlah dengan sebaik-baik cara penyembelihan, tajamkan mata pisaumu, sehingga tidak terlalu menyakiti hewan sembelihanmu.”
[HR. Muslim dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 35]

Cewek atau Gadis yang sehari-hari berucap dengan bahasa-bahasa sopan, pasti bakal menyentuh hati dalam artian dapat mengambil simpati (terkesima atas ucapannya yang halus), berbeda dengan yang berbicara jorok, kasar, mencaci maki, cewek atau gadis tersebut akan terkesan enggak berpendidikan, enggak waras, enggak beragama, tentu jadi citra buruk bagi yang mengucapkan perkataan jorok dan kasar. Berhati-hatilah dengan lidah kita sendiri, jika tak pandai menjaga maka keburukan yang tak diinginkan akan selalu menyertai. Sebab itulah, kita harus melatih buat berbicara yang menyamankan hati, meneduhkan hati, hal semacam itu dapat kita ketahui bagaimana yang berbicara yang bertentangan dengan hati sendiri, mana yang sesuai dengan mata hati sendiri.

Rasulullah SAW bersabda:
“Seorang mukmin bukanlah orang yang senang menyakiti, melaknat, berkata keji dan jorok.”
[HR. Tirmidzi]

Rasulullah SAW bersabda:
“Sungguh Allah sangat murka kepada pelaku perbuatan keji dan kotor lidah.”
[HR. Thabrani dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 58]

Rasulullah SAW bersabda:
“Bukanlah termasuk mukmin orang yang suka mencela, mengutuk, dan keji. Dan bukan pula mereka yang berlidah kotor.”
[HR. Bukhari dikutip dari Apakah Anda Berkepribadian Muslim? Hal. 58]


Rasulullah SAW bersabda:
“Amal yang paling dicintai Allah adalah orang yang memelihara lisannya.”
[HR. Baihaqi dikutip dari Terjemah Mukhasyafatul Qulub Hal. 224]

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya manusia yang paling banyak dosanya pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak berbicara yang tidak bermanfaat.”
[HR. Ibnu Nasar dikutip dari Terjemah Mukhasyafatul Qulub Hal. 225]
Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak akan masuk surga orang yang suka mengadu domba orang lain.”
[HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud dikutip dari Terjemah Mukhasyafatul Qulub Hal. 238]

Cewek yang tak kenal lelah
Cewek atau Gadis yang tak kenal lelah berbakti kepada orangtua, mengabdi kepada suami, bersahabat dengan anak, jika seorang guru bersahabat dengan murid, namun tetap harus menjaga wibawa. Tak mudah mengeluh terhadap kesusahan ataupun kegagalan, namun selalu bersemangat untuk mencapai segala apa yang diinginkan. Memaklumi keadaan ekonomi suami, malah sebaliknya ingin berbagi untuk meringankan beban ekonomi, sehingga ada kerjasama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak akan tenang, saat melihat anak atau suami sedang kelaparan akan menyediakan makanan secepatnya untuk memberi kesenangan pada anak dan suaminya. Selain menyusui, melahirkan, juga mengasuh anaknya dengan bimbingan yang manusiawi secara psikologis dan islam supaya tumbuh sikap qana’ah, syukur, ikhlas, dan istiqomah dalam menjalani perjuangan hidup yang begitu berliku-liku. Menjadi sandaran suami saat ia kelelahan atas aktivitas sehari-harinya, misalnya memijat badannya, bercanda-canda, dan saling melepas rindu yang mendalam sekalipun hanya sebuah kecupan. 

Cewek atau Gadis jenis ini memang agak sulit buat kita temukan, tapi bukan berarti enggak ada, ada sih ada cuma jumlahnya sedikit. Ya ini juga tugas kita buat cowok cari calon istri yang benar-benar seperti ini tabiatnya dijamin kita bakalan diuntungkan dan bukan hanya itu kita malah bisa terbuka apa adanya karena cewek atau gadis jenis lebih suka dengan seseorang yang jujur sekalipun kenyataannya kita orang biasa saja pasti ia tetap mau menerima kita malah bakalan melengkapi segala kekurangan kita. Begitupun cewek atau gadis mesti mencari cowok yang jenis seperti ini dijamin bakalan bahagia dunia akhirat. Soalnya, ia akan selalu berusaha untuk memberi perlakuan yang terbaik untuk kita yang disayanginya, boleh dibilang termasuk orang pengertian sebelum kita menyebutkan keinginan kita ia sudah tau maksudnya dan hal itu bukan terkaan semata melainkan karena menyatunya batinnya dengan orang yang disayanginya. Sungguh luar biasa ya ‘kan?

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” 
[QS. Al Baqarah [2] : 255]

Artinya:
Kita harus belajar dari sifat Allah yang tak pernah lelah mengurus Makhluknya, sedang yang perlu kita contoh itu sifat tak kenal lelahnya. Semakin kita tabah dan istiqomah terhadap jalan kebaikan dan dalam berbuat yang terbaik, berarti kita sudah mampu menyakini bahwa Allah telah membimbing kita ke arah yang diridho’iNya. Semoga mengerti maksudnya yah!

Catatan Akhir:
Sayang banged kalau cewek atau gadis gurih tubuhnya aja tanpa dibarengi akhlaknya yang baik pula. Jadi, cewek yang berkarakter alias berkualitas tinggi itu yang mempunyai kepribadian yang sesuai dengan akhlak alQuran dan Hadits. Karena cewek sebagai selimut hidup bagi suami juga sebagai tempat  bersandar di kala lelah. Beruntunglah kita, jika benar-benar mendapat cewek atau gadis yang sesuai dengan 10 poin  yang disebutkan di atas. So, yuk jadikan dirimu berharga dengan baiknya akhlak. 

Ada 3 hadits yang menyimpulkan hal ini:
“Sesungguhnya kamu tidak akan bisa memuaskan manusia dengan hartamu. Puaskanlah mereka dengan kecerahan wajah dan kebaikan akhlak.”
[HR. Al Hakim dan Baihaqi dikutip dari Terjemah Mukhasyafatul Qulub Hal. 219]

“Manusia yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling baik akhlaknya di antara mereka.”
[HR. Thabrani dikutip dari Terjemah Mukhasyafatul Qulub Hal. 222]

“Akhlak yang baik adalah sebagian amal surga.”
[HR. Thabrani dikutip dari Terjemah Mukhasyafatul Qulub Hal. 223]

Jangan lupa beri komentar dan sebarkan artikel ini ke teman-teman, caranya gimana kamu aja, makasih sebelumnya!
Dari 10 poin diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa ciri gadis berkarakter itu antara lain:
Cewek yang jelas tujuan hidupnya.
Cewek yang pintar mengaji dan mengkaji ajaran Islam.
Cewek yang berjiwa kesetiakawanan 
Cewek yang berbakti kepada kedua orangtua
Cewek yang bertanggungjawab pada dirinya sendiri
Cewek yang mandiri dan pintar menabung
Cewek yang konsisten dan berkomitmen
Cewek yang bergaya hidup sederhana
Cewek yang lemah lembut dan pintar sopan santun
Cewek yang tak kenal lelah

Sebetulnya, boleh jadi 10 poin diatas masih kurang namun semoga bisa mewakili, jika lain itu perlu revisi pasti ada penambahan dilakukan.

Ciri Cowok Berkarakter pun ada persamaannya dengan poiun diatas, namun ada perbedaan yang lain waktu perlu dijelaskan seperti: bertanggungjawab pada keluarga dan seterusnya.

Okey, mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga artikel ini memberi manfaat lebih pada pembacanya paling utama buat kaum hawa, dan seterusnya buat kaum adam. Selain itu, sebagai silahturahmi penulis juga meminta komentarisasi buat kemajuan dari artikel-artikel yang saya tulis. Tak lupa saya ucapkan terimakasih pada Allah Ta’ala telah menganugerahkan ilmu agama dan ilmu lainnya, Rasulullah SAW atas kitab alQuran dan Hadits sebagai pegangan hidup penulis. Makasih buat Dafa (Desi Ayu Fatmawati) yang udah mau memberi masukannya, makasih de! Makasih buat pembaca setia artikel saya (Anggela Fitri, Dewi Supriyatin, Rahima Rekhya, Nykme, Meysabilla Anshari, 
Makasih ya atas dukungan dan kerjasamanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 



Sumber Pustaka:

Al Ghazali, Imam. Terjemah Mukhasyafatul Qulub (Mempertajam Mata Batin dan Indera Ke Enam. Penerjemah: Muhammad Nuh. Penerbit: MitraPress. Cetakan II, Februari 2007. Hal. 219, 222, 224, 225, 238.

Depatermen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Juz 1 – Juz 30. Penerbit PT. Kumudasmoro Grafindo Semarang.

Hasyimi, Dr. Muhammad Ali. Apakah Anda Berkepribadian Muslim?. Penerbit: Gema Insani Press, Jakarta. Cetakan Keempat, Maret 1991. Hal. 32, 33, 34, 35 dan 58.


Sumber Pustaka Buku:

Hussein, Muhammad Adam. Engkaukah Gadis Berkarakter Itu? dalam Buku Kumpulan Kupas Tuntas Fenomena Remaja. Penerbit CV. Adamssein Media, Sukabumi. Cetakan 1, 10 Desember 2011. Hal. 231 - 252.



Belum ada Komentar untuk "Engkaukah Gadis Berkarakter Itu?"

Posting Komentar

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700