Pengertian Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta


Pengertian Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta

Oleh: Muhammad Adam Hussein, S.Pd


Pengertian Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta – Kita akan mengupas dari mulai pengertian cinta yang tulus dan pengertian cinta modal dusta. Semoga dengan begitu kita bisa menyadari dan memahami cinta mana yang harus dipilih. Jangan sampai jatuh pada pilihan yang salah, sebab tak sedikit orang yang mengeluhkan pilihannya yang salah. Padahal penyesalan cinta ini terbagi menjadi dua, yaitu: penyesalan cinta sementara dan penyesalan cinta seumur hidup. Pengertian penyesalan cinta sementara yang dimaksudkan itu adalah kesadaran dari kesalahan dalam memilih pasangan disebabkan orang yang mencintainya selama ini ia tinggalkan kemudian munculnya rasa bersalah yang terus menghantui dirinya, namun dengan berusaha keras ia menyakinkan kembali agar diterima menjadi pasangan hidupnya, untungnya saja ia mau bersedia memaafkan segala kekeliruan di masa lalu, dan orang yang sudah dikhianati dan disakiti itu belum menikah dengan siapapun dan belum berhubungan dengan siapapun. Sehingga perasaan bersalah yang selalu mengusik batinnya yang menimbulkan ketidaktenangan jiwa itu kini berubah menjadi ketenangan batin dan ingin mengabdikan dirinya kepada orang yang menyayangi dan disayanginya. Pengertian penyesalan cinta seumur hidup yang dimaksudkan disini adalah kesadaran dari rasa bersalah karena telah memilih yang tidak sesuai dengan kata hati namun terjebak dengan suasana hatinya, namun ketika ia tetap memilih pasangan hidup yang dipilihnya sekalipun tidak terlalu bahagia batinnya masih ada kekosongan hati. Hingga terjadi menjadi suami istri, sedangkan orang yang menyayanginya juga menikahi pasangan yang mencintai dirinya. Ini yang akan menjadi penyesalan seumur hidup karena belum bisa membalas cinta yang sejak dulu pernah disia-siakan dengan tidak menganggapnya ada sekalipun perhatian dan pengertian selalu berikan olehnya.   

Ilustrasi Gambar Ungkapan Cinta
Ilustrasi Gambar Ungkapan Cinta



PENGERTIAN CINTA YANG TULUS
Pengertian cinta yang tulus ini didasarkan pendapat orang-orang yang ada di sekitar kita. Kita akan mengetahui beragamnya pendapat orang lain dalam memandang cinta yang tulus dan cinta modal dusta (modus). Kemudian pada akhirnya diberi kesimpulan dari keseluruhan pendapat yang ada. Sehingga argumentasi kita lebih menyakinkan juga diberi pula pandangan dari buku referensi. Silahkan disimak aja ya!

Pengertian Cinta yang Tulus Pertama
Cinta yang tulus itu simpel, tanpa alasan, tanpa apa, mengapa dan bagaimana.
[Qelvin Chand]

Pengertian Cinta yang Tulus Kedua
Cinta yang tulus dari lubuk hati yang paling dalam tanpa iming-iming apapun, selain itu juga tanpa ada syarat apapun. Bisa dikatakan cinta yang tulus ini sebagai cinta yang murni atau cinta yang alami tanpa ada unsur pemaksaan.
[Wulan Dhari]

Pengertian Cinta yang Tulus Ketiga
Cinta yang tulus adalah cinta yang terlahir hati yang terdalam tanpa embel-embel apapun dia akan selalu mencintai, menyayangi dengan tulus.
[Ivan Mahardhika]

Pengertian Cinta yang Tulus Keempat
Cinta yang tulus itu didasari oleh rasa percaya atas pasangan kita dan tak ada saling menutupi kekurangan satu sama lain, dalam hal ini menerima apa adanya pada diri pasangan.
[Nabisa Fizzq]

Pengertian Cinta yang Tulus Kelima
Cinta yang tulus itu saling memahami satu sama lain dan saling mengerti.
[Muh. Yidin]

Pengertian Cinta yang Tulus Keenam
Cinta yang tulus adalah suatu rasa sayang kepada orang yang kita spesialkan dalam hidup maupun hati yang mau berkorban, mau menerima kekurangan pasangan kita tanpa menuntut perubahan atau imbalan apapun dan berani membuktikan semua itu.
[Ferlinda Aprilia Fonataba]

Pengertian Cinta yang Tulus Ketujuh
Cinta yang tulus adalah cinta tak banyak menuntut, tak mengharapkan imbalan apapun. Dia akan bahagia jika melihat yang dicintai bahagia walau kebahagiaannya tak bersama dia, selalu mengharapkan kebahagiaan untuknya walau dia sendiri menderita.
[Love’You]

Pengertian Cinta yang Tulus Kedelapan
Cinta yang tulus adalah cinta yang tumbuh karena adanya keikhlasan dalam berbagi kasih sayang.
[Aiest Boemiejawha Esteshetiya]

Pengertian Cinta yang Tulus Kesembilan
Cinta yang tulus itu dari hati dikeluarkan dengan kata-kata yang sederhana baik dari ucapan, menjalaninya dengan sederhana dan tak ada kata-kata yang berlebihan.
[Rhevy’kr Shiicewex Taurus]

Pengertian Cinta yang Tulus Kesepuluh
Cinta yang tulus adalah cinta yang tak pernah menginginkan pasangannya lebih dari apa adanya dalam dirinya.
[Hanie Riswat]

Pengertian Cinta yang Tulus Kesebelas
Cinta yang tulus itu selamanya akan indah.
[Eka Eka]

PENGERTIAN CINTA MODAL DUSTA
Dengan banyaknya orang yang berpendapat dalam memandang cinta modal dusta ini menjadikan kita mudah memahami makna dari cinta modal dusta itu sendiri. Semoga bisa direnungi secara mendalam.

Ilustrasi Gambar Cinta Modal Dusta itu Cinta Monyet
Ilustrasi Gambar Cinta Modal Dusta itu Cinta Monyet


Pengertian Cinta Modal Dusta Pertama
Cinta modal dusta (modus) itu sebenarnya bukan cinta melainkan lebih menjurus kepada nafsu belaka.
[Qelvin Chand]

Pengertian Cinta Modal Dusta Kedua
Cinta modal dusta itu banyak alasan dan terlalu menuntut pada pasangannya.
[Wulan Dhari]

Pengertian Cinta Modal Dusta Ketiga
Cinta modal dusta adalah cinta birahi yang terlahir dari satu kepentingan dengan sesuatu tujuan dan apabila telah mendapatkan apa yang di cari maka dia pun pergi mencari mangsa yang lain.
[Ivan Mahardhika]

Pengertian Cinta Modal Dusta Keempat
Cinta modal dusta itu didasari oleh ketertarikan seseorang pada ketampanan dan kecantikan terutama harta.
[Nabisa Fizzq]

Pengertian Cinta Modal Dusta Kelima
Cinta modal dusta (modus) adalah kesediaan berbagi kasih sayang hanya kareena ada sesuatu.
[Aiest Boemiejawha Esteshetiya]

Pengertian Cinta Modal Dusta Keenam
Cinta modal dusta (modus) adalah rasa sayang yang Cuma keluar dari kata-kata di bibir tanpa tulus dari hati. Yang awal dari cinta yang akhirnya menjadi kekecewaan.
[Ferlinda Aprilia Fonataba]

Pengertian Cinta Modal Dusta Ketujuh
Cinta modal dusta (modus) itu tidak dari hati melainkan dari kata-kata yang berlebihan baik dari ucapannya dan yang dikeluarkannya kata-kata itu hanya dibibir saja.
[Rhevy’kr Shiicewex Taurus]

Pengertian Cinta Modal Dusta Kedelapan
Cinta modal dusta (modus) adalah cinta yang dilandasi suatu kepentingan dan penuh kepalsuan.
[Hanie Riswat]

Pengertian Cinta Modal Dusta Kesembilan
Cinta modal dusta itu hanya menyenangkan pasangan dalam sesaat.
[Eka Eka]

Pengertian cinta yang tulus menurut KH. Ilyas Afsoh, ST, MPO. Tr dalam Arti Cinta-setia-tulus, Pengorbanan adalah :
Sikap mental kita yang siap melihat orang yang kita cintai berbahagia walau tidak hidup bersama kita. [Lihat : Sumber Referensi yang tersedia di bawah artikel.]

Pengertian cinta modal dusta menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah :
1. Cara
2. Hubungan bentuk verba yang mengungkapkan suasana kejiwaan sehubungan dengan perbuatan menurut tafsiran pembicara tentang apa yang diucapkannya.
3. Nilai yg paling besar frekuensinya dl suatu deretan nilai
4. Angka statistik yg paling sering muncul dl populasi atau sampel

Perincian cinta modal dusta (modus) itu sendiri terbagi menjadi:

-- modus desideratif: modus yang menyatakan keinginan;
-- modus imperatif: modus yang menyatakan perintah atau larangan;
-- modus indikatif: modus yang menyatakan sikap objektif atau netral;
-- modus interogatif: modus yang menyatakan pertanyaan;
-- modus operandi: modus operasi;
-- modus operasi cara atau teknik yang berciri khusus dari seorang penjahat dalam melakukan perbuatan jahatnya;
-- modus optatif: modus yang menyatakan harapan.
[Lihat : Sumber Referensi yang tersedia di bawah artikel.]


KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas tentang pengertian cinta yang tulus dan cinta modal dusta, maka dapat disimpulkan oleh penulis sebagai berikut :

Cinta yang tulus adalah cinta yang didasari oleh dorongan kuat untuk membangun rumah tangga agar ia mendapatkan ketenangan batin dan terpenuhinya kebutuhan biologisnya. Sehingga cinta yang tulus ini didasari dengan dorongan yang alami dan dengan penuh komitmen dalam menjalani hubungannya. Yang membedakan dari cinta modal dusta, yaitu: dari rayuan tidak berlebihan tapi adanya, sikap yang sederhana tanpa ada rasa takut bila kejujurannya menjadi bumerang (direndahkan) karena ia merasa lega dengan kejujurannya itu, banyak sekali hambatan dan perjuangan untuk mempertahankan benteng cinta yang sudah dibina dari awal, awalnya tidak dirasakan nyaman namun karena ada kecocokan biasanya jadi tenang namun seringkali pasangan lebih memilih yang memberinya nyaman bukan yang membuatnya tenang.
[Muhammad Adam Hussein, S.Pd – www.adamsains.us]

Cinta yang modal dusta adalah cinta yang didasari oleh nafsu belaka baik itu menilai karena fisik, harta, maupun hanya karena iseng belaka. Yang membedakannya adalah : cintanya hanya bertahan beberapa saat saja, cepat ditemui kebosanan, timbul konflik batin maupun konflik antar mereka, penuh dengan kepura-puraan, penuh dengan niat busuk yang terselubung, tanpa ada komitmen yang jelas, suka mengobral janji-janji manis, suka mengatur pasangan padahal itu bisa mengurangi kenyamanan yang sudah dirasakan, dan banyak lagi.  

Pengertian Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta akhirnya dapat penulis selesaikan juga dengan baik. Namun perlu diketahui, akan ada kelanjutan daripada artikel ini insya Allah diberi judul Perbedaan Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta lebih detail. Semoga banyak orang yang tercerahkan dalam mengenal cinta yang sesungguhnya yang harus ia pilih. Saya berharap usaha ini bisa memberi manfaat banyak bagi pembaca. Terimakasih atas kerjasamanya.


SUMBER GAMBAR
Syifa D Gumaisha. Terapi Cinta. Penerbit Dar! Mizan, Bandung. Hal. 15 dan 36.

 SUMBER REFERENSI
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Modus.
http://kbbi.web.id/modus

KH. Ilyas Afsoh, ST, MPO. Tr
 Arti Cinta-setia-tulus, Pengorbanan.
 http://ilyasafsoh.com/2009/10/15/arti-cinta-setia-tulus-pengorbanan/

SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd.
Pengertian Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta.
Sukabumi Selatan, 7 September 2014.

34 Komentar untuk "Pengertian Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta"

  1. banyak juga pengertian cinta ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak heran jika banyak orang merasa bingung karena cinta yang memiliki banyak pengertian itu.

      Hapus
  2. Cinta modal dusta atau cinta remaja kebanyakan memang berasal dari nafsu belaka. Karena jika cinta yang tulus akan selalu menerima pasangannya apa adanya walaupun orang berkata apa...
    saya ingin mencintai orang yang bisa diajak menua bersama.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, saya juga, semoga kita mendapatkannya untuk jodoh dunia akhirat kita.

      Aamiin Allahuma Aamiin.

      Hapus
  3. Tak ada dusta di antara kita ... hehe
    Malah sering jd awal modus ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, seringkali itu jadi alasan padahal tanpa komitmen maka cinta takkan terjalin dengan sempurna karena kurang kekuatan cintanya, ^.^

      Hapus
  4. cinta yang sejati dan tulus tentu tidak memandang fisik sebagai tolak ukur yang utama, tidak memandang harta, tidak memandang kekayaan, akan tetapi lebih kepada pilihan yang tepat dengan ,elihat dari sisi akidah, agama, keimanan, kesetiaan dan apa adanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah penjelasan bapak salah pemahaman terlalu liberal, dalam Islam ingat loh dilarang nikah beda agama, saya jadi paham tentang bagaimana cara berpikir bapak sekarang.

      Dari komentar ini, saya kira lebih islami jawabannya, tapi sebaliknya berpikir liberal. ^.^

      Hapus
  5. cinta, kata yang singkat tapi penuh makna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa dibilang begitu, karna cinta itu luas bukan pada pasangan hidup aja.

      Seperti, cinta kepada alam, cinta kepada Ilahi, cinta kepada orangtua, dan lainnya.

      Tapi yang saya tujukan disini untuk cinta pada pasangan hidup, mas.

      Hapus
  6. wah ternyata banyak juga ya mas pengertian cinta yang tulus.. hmm ternyata diam diam mas adam pakar cinta nih . ciyee ciyee.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sebetulnya udah lama, cuma ya baru sekarang-sekarang lagi aja nulis soal cinta hehe

      Hapus
  7. Balasan
    1. Sip mas, semoga jadi pengetahuan yang berharga dan bisa memilih mana yang harus dilakukan ya?

      Hapus
  8. Cinta ku tulus.. Alhamdulillah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau begitu, saya ikut senang, semoga diridhoi oleh Ilahi.

      Dan disegerakan menikah, ^.^

      Hapus
  9. kalau sudah jadi suami istri mah..baiknya cinta itu harus tulus ya Pak..karena sudah jodoh bukan begitu Pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul pak, tapi bukan berarti kita yang masih mencari jodoh ga dengan ketulusan itu kesimpulan yang salah.

      Karena ketulusan itu selalu membawa dengan tujuan dan komitme yang jelas.

      Hapus
  10. yang modus berarti nggak tulus cintanya

    kalo di jawa ada istilah,
    tresno jalaran seko kulino
    cinta karena terbiasa (jumpa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul pak, itu pengertian secara sederhananya. ^.^

      Cinta karena terbiasa juga benar, namun yang harus diperhatikan perjuangan dan pengorbanannya yang jauh lebih besar untuk bisa dilewati oleh kita.

      Kalau bapak, saya yakin udah menemukan jodohnya yaitu istri bapak.

      Hapus
  11. cinta yg tulus itu datangnya dari hati bukan dari mata...

    oya, menjwb saranmu diblogku:
    sekedar tau aja, semua sumber artikel yg aku tulis itu sudah tercantum link dibagian bawah artikelnya (sudah aku lakukan sejak dulu), mungkin mata anda aja yg tdk jeli. thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah mas, makanya itu jangan memandang dari fisik.

      Tapi lihatlah dari sejauh mana ketulusannya.

      Oh, sumber referensinya disembunyikan pantas aja, kurang dilihat oleh pembaca profesional maupun awam. Sebab, sebagai penulis bila ingin dikatakan penulis ya harus dilihatkan aja sumber aslinya tanpa disembunyikan sehingga memudahkan google juga sebagai mencari sumber dari yang lain.

      Contohnya ya artikel saya itu sumber referensi dilihatkan dengan jelas.

      Ini saran aja kok, buat mas.

      Hapus
  12. Cinta adalah kasih sayang yg tulus, tak ada syarat apapun kecuali sama-sama perhatian dan saling pengertian ... aidehhhh... cinta ... hahhhaahayy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya pengertian cinta itu luas pak, jadinya saya disini membedakan, karena banyak orang menyamaratakan pengertiannya sehingga terjadi kesalahan dalam cara memperlakukan orang yang disayanginya.

      Nah, itulah yang maksud dalam artikel ini.

      Hapus
  13. Wah pakar cinta beraksi lagi. Kereen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh bisa aja, ya alhamdulillah punya ilmu lebih tentang cinta, makanya saya berbagi hehe.

      Makasih atas kunjungannya. ^.^

      Hapus
  14. waah ternyata pengertian tentang cinta itu banyak juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul biar pemahaman mbak itu luas setelah membaca artikel Pengertian Cinta yang Tulus dan Cinta Modal Dusta, makasih juga kunjungannya. ^.^

      Hapus
  15. WOW! lengkap dan menyeluruh. jadi beneran klo cinta itu kompleks ya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya semoga aja bisa jadi membuka wawasannya setelah membaca artikel ini pak, dan makin paham tentang apa yang harus dilakukan, ^.^

      Ya maklum juga bukan blogger biasa karena memang seorang penulis hehe

      Hapus
  16. yah semoga saja bisa lebih mengerti cinta yang sesungguhnya melalui artikel ini. makasih atas pencerahannya. salam sahabat blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga aja bapak juga memahami yang saya maksud dalam artikel ini.

      Makasih kunjungannya.

      Hapus
  17. Ternyata cinta itu banyak juga, ini bisa menambah bahan untuk merayu cewek nih,, hehehehe..
    makasih mas atas infonya

    BalasHapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700