Luar Biasanya Kreativitas Menjadi Peluang Usaha Bisnis

Luar Biasanya Kreativitas Menjadi 
Peluang Usaha Bisnis
Oleh: Muhammad Adam Hussein, S.Pd

Luar Biasanya Kreativitas Menjadi Peluang Usaha Bisnis - Karya dari bungkus kopi ini memunculkan inovasi baru untuk menjadi peluang usaha bisnis. Sekalipun sudah tidak jarang ditemukan tapi dengan semangat bisnisnya ia bisa memodifikasi dari bungkus kopi menjadi tas dengan manik-maniknya, dompet, tamplak meja, sarung ponsel, dan masih banyak lagi. Disini penulis ingin memunculkan sosok remaja yang kreatif itu berasal dari kota Garut. Yang bernama Ami Siti Hertina (27), biasa dipanggil neng ami. Untuk lebih jelasnya kita akan simak ulasan di bawah ini.

Bagi Ami Siti Hertina, sesuatu hal yang kecil bila dijadikan peluang usaha tentunya dengan modalpun terjangkau tapi dari segi keuntungan bisa lebih banyak bila sudah mendapatkan langganan. Sebab dengan banyaknya orang yang langganan otomatis sedikit demi sedikit dari mulut ke mulut akan menjadi kekuatan promosi yang luar biasa. Jangan lihat dari modalnya yang kecil tapi lihatlah dari perjuangan untuk menyukseskan usaha kecil itu. Karena umumnya, pengusaha sukses itu bermula dari usaha kecil bukan tanpa proses.

Seperti yang diberitakan Inilah Koran Dot Com bahwa:
Ami Siti Hertina ini ketika masih di bangku sekolah dibekali keterampilan menjahit selama mengikuti pendidikan di sekolahnya. Namun bidang menjahit dirasakan di kurang menarik perhatian. Dia justru lebih tertarik pada keterampilan meronce pembungkus kopi instan menjadi aneka produk kerajinan tangan yang diperolehnya dari mengikuti kursus keterampilan di sebuah lembaga kursus.


Profil Inspiratif - Ami Siti Hertinakreativitas-usaha-dari-bungkus-kopi


“Kebetulan Paman saya dagang kopi. Jadi bahan baku untuk kerajinan tangan yang saya butuhkan mudah didapat. Lagi pula, sayang kalau bungkus-bungkus kopi itu dibiarkan saja jadi sampah. Tentu akan lebih bagus kalau dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih berguna. Ya, hitung-hitung turut mengurangi limbah sampah yang kian hari kian menggunung,” tutur Ami, Rabu (5/11/14).

Ami sempat hendak menyerah menggeluti kerajinan dari pembungkus kopi instan karena ternyata membuat sesuatu produk kerajinan cantik dari pembungkus kopi instan itu tidak mudah. Terutama dalam membuat jalinan sudut-sudutnya.

Ami Siti Hertina Menunjukkan Karya Bungkus Kopinya

Hatinya semakin bersemangat mengembangkan keterampilannya itu ketika hasil kerajinannya menarik perhatian sejumlah orang. Khususnya kaum ibu.

“Sewaktu ikut senam asma di lapang sekitar Klinik Paru di Jalan RSU, saya coba bawa taplak. Ternyata dipesan ibu-ibu. Bahkan belakangan ada orang dari Jogyakarta pesan karpet, dan dompet,” ujarnya sumringah.

Perlahan, Ami mulai memberanikan diri memasarkan produknya menjelang memasuki 2014 dengan mengusung nama Kreatif Creativa dengan beralamat https://www.facebook.com/groups/1497813150498698/. Modal pertama usahanya hanya sebesar Rp200 ribu.

Peragaan Ami Siti Hertina dalam Mengenalkan Karya Bungkus dari Kopinya
Peragaan Ami Siti Hertina dalam Mengenalkan Karya Bungkus dari Kopinya


Bungkus Kopi Menjadi Kreativitas Luar Biasa


Kesimpulan
Mumpung masih muda, maka perbanyaklah kerja keras untuk menjadi orang sukses. Sebab orang sukses itu bermula dari mimpi dan cita-cita yang diupayakan untuk terwujud. Artinya kita tak bisa diam diri, lakukanlah yang terbaik untuk masa depan kita. Semoga profil inspiratif ini bisa menjadi penambah motivasi dalam berbisnis. 

Ami Siti Hertina juga bisa, masa kamu enggak bisa?

Penulis juga berharap usaha yang dilakukan oleh Ami Siti Hertina ini bisa maju pesat dengan berawal dari promosi online di beberapa media yang sudah mempublikasikan dirinya. Aammin Allahuma Aamiin.






PROFIL INSPIRATIF


Nama Lengkap : Ami Siti Hertina 
Nama Panggilan : Neng Ami
TTL : Garut, 23 September 1987.

Karya Sastra :

Sejuta Alasan Menikmati Hidup dalam Adamsains Dot Us.
http://www.adamsains.us/2013/02/sejuta-alasan-menikmati-hidup.html

 SMS Puisi Curhat Ami Garut dalam Adamsains Dot Us.
http://www.adamsains.us/2012/10/sms-puisi-curhat-ami-garut.html
 

Nomor Ponsel :
089686798745
Facebook : https://www.facebook.com/ami.sitihertina

Usaha Online-nya :
https://www.facebook.com/groups/1497813150498698/
Alamat Usaha :
Perumahan Intan Regency Blok F 5 Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.


PENAWARAN HARGA PRODUK

Keranjang kecil dipatok seharga Rp 20.000 per buah.

Keranjang besar Rp 25.000.

Taplak meja cantik kecil Rp 15.000.

Taplak meja besar Rp 20.000, 

Dompet serba guna Rp 19.000, 

Karpet ukuran satu meter Rp 50.000.

 Karpet ukuran setengah meter Rp 30.000 per buah.



SUMBER BERITA

GarutNews. Bekas Kemasan Pembungkus Kopi Bahan Industri Kreatif.
Edisi 5 November 2014.
http://garutnews.com/bekas-kemasan-pembungkus-kopi-bahan-industri-kreatif.html

Inilah Koran. Bungkus Kopi di Tangan Amin Jadi Produk Mahal.
Edisi 5 November 2014.
http://www.inilahkoran.com/read/detail/2151443/bungkus-kopi-di-tangan-ami-jadi-produk-mahal


SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd.
Luar Biasanya Kreativitas Menjadi Peluang Usaha Bisnis.
Jakarta Barat, 14 November 2014.

40 Komentar untuk "Luar Biasanya Kreativitas Menjadi Peluang Usaha Bisnis"

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah, saya ikut senang sebagai penulisnya.

      Dan beliau juga senang atas komentarnya mbak, makasih.

      Hapus
  2. sungguh menjadi kewajiban bagi kang admin sebagai tokoh muda di lingkungan para ibu-ibu kreatif ini untuk terus mendorong dan mendukung pada segala bidangnya agar kreatifitas mereka menjadi peluang usaha yang dapat lebih maju....pemasaran...pemasaran..pemasarannya kang yang biasanya jadi kendala mah...pengalaman gituh deh..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, dan artikel ini juga sebagai bentuk pemasaran online, semoga aja bertambah banyak yang memesan produknya, saya juga hanya membantu dalam memperkenalkan usaha beliau.

      Sukses buat kita semua. ^.^

      Hapus
  3. Memang sungguh luar biasa kreatifnya, yng saya ambil untuk menjadi sukses bukan dilihat dr modalnya saja tapi juga dari keteguhan hati dan usaha keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, dalam artian kita juga perlu meningkatkan jiwa berwirausaha dan jiwa bisnisnya bila ingin sukses dalam dunia bisnis. Seperti itu mas. ^.^

      Hapus
  4. Ide kreativ bagus mas perlu dijadikan contoh untuk kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas ini menginspirasi, semoga bermanfaat agar bisa dikembangkan lagi konsepnya. Sehingga banyak masyarakat kita yang mandiri dan tidak kesusahan dalam mencari nafkah. ^.^

      Hapus
  5. dijaman sekarang yang paling dicari adalah orang2 yang kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, semoga banyak orang mampu mengatasi kesulitan ekonomi dengan jiwa kreatifnya. ^.^

      Hapus
  6. Moga makin maju usahanya dan dapat memberi inspirasi utk yg lain ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahuma Aamiin, makasih mas semoga dia bisa lebih semangat lagi dalam menyukseskan bisnis rumahannya itu. ^.^

      Hapus
  7. kreatif banget ya bisa memanfaatkan barang biasa menjdi barang berbahrga. Bs dicontoh nih ide ide kreatifnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak alhamdulillah masih ada remaja yang kreatif dalam berbisnis, semoga aja bisa meringankan beban orangtuanya dan punya penghasilan sendiri.

      Dan semoga memberi inspirasi buat mbak hehe

      Hapus
  8. sebenarnya banyak barang yang sudah tidak terpakai bisa dijadikan barang unik dan menarik, tinggal dipasarkan dengan kemasan yang menarik pula. saya yakin barang tersebut bisa saja menjadikan tambahan uang belanja bagi siapa saja yang menggelutinya. yang susahnya itu mencari orang kreatif untuk membuatnya, dan kalau ada biasanya mereka menganggap kerjaan itu kurang membawa keuntungan. padahal barang biasa saja bisa disulap menjadi indah seperti di artikel ini. ok makasih ya mas sudah berbagi, sangat menginspirasi sekali. jadi kepikiran pengen buat juga, heheheheee. salam sahabat blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, yang terpenting jiwa bisnisnya ada kalau hanya jiwa seni aja sebetulnya kurang memadai, karena dengan adanya jiwa bisnis berani dan mampu juga buat mempromosikan dimana-mana usahanya itu. ^.^

      Hapus
  9. wah keren dan kreatif banget, pokonya salut sama ibu rumah tangga yang memiliki kreatifitas yang tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan ibu rumah tangga bu, tapi masih remaja, semoga menginspirasi ibu ya?

      Karena ada kerja keras dan mau mandiri sehingga muncul deh inisiatif buat berbisnis. ^.^

      Hapus
    2. oh maaf kirain ibu rumah tangga hehee ,,

      Hapus
    3. Waduuh, padahal udah ada biodatanya tetap ya enggak dibaca saking buru-buru pengen komen hehe, dasar aneh-aneh aja hehe

      Hapus
  10. sekarang memang harus bisa memanfaatkan bahan bekas untuk di jadikan barang yang lebih berharga, dengan kreatifitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, harus kreatif kalau ingin bisa hidup mandiri, semoga mas bisa mencontohnya ya dalam bidang lain? ^.^

      Hapus
  11. Benar benar creative sekali ibu rumah tangga yang satu ini :)
    Patut di tiru & dijadikan inspirasi.

    Terimakasih kang infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. So pasti mas, karena ketekunannya dalam berkreasi menjadi dirinya mandiri dengan mengolah bahan bungkus kopi jadi bernilai jual. ^.^

      Sama-sama kembali. ^.^

      Hapus
  12. bungkus kopinya sejenis semua ya, jadi bisa bagus mas... keren, dapat bungkus kopi gitu dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, apalagi cari bungkus kopi yang sama itu enggak bisa dikatakan mudah, tapi alhamdulillah berkat ketekunannya ia pun berhasil membuktikan kreasi seni menjadi bernilai jual di masyarakat.

      Hapus
  13. Wah bagus banget karyanya ms, btw itu bahan baku dari ap yh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari bungkus kopi mas, ya itulah kalau kreativitas seseorang sudah berjalan jadi bisnis, ^.^

      Hapus
  14. Untuk sukses dibutuhkan kreatifitas dan inovatif, dan dilakukan dengan kerja keras dan do'a :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, itu memang modal utamanya, selalu sukses buat kita yang mau berusaha, ^.^

      Hapus
  15. yang kreatif biasanya menguntungkan.. ide mba nya sangat bagus sekali, bisa recycle barang yang tidak berguna, menjadi barang yang bernilai harga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh jadi mas, itu artinya ia telah mengoptimalkan atau memaksimalkan daya otak yang dimilikinya sebagai manusia yang berakal. ^.^

      Semoga usaha yang kita lakukan ada hasilnya, ya mas.

      Hapus
  16. sungguh orang kreatif ini sangat beruntung dan sangat bermanfaat buat diri nya sendiri dan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, alhamdulillah, itulaj jiwa mandiri yang disukai oleh Ilahi Robbi.

      Gimana dengan mas sendiri?

      Hapus
  17. inspiratif sekali..dan snagat kreatif,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, semoga terinspirasi juga mamahnya ya? ^.^

      Moga bermanfaat.

      Hapus
  18. Ini adalah artikel inspiratif dan motivatif, saya juga menyadari bahwa bisnis usaha sendiri lebih baik dari pada menjadi pegawai orang...terima kasih inspirasinya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali pak, tiap orang akan berbeda ada yang nyaman dengan wirausaha dan juga yang suka dengan menjadi pegawai kantoran. Semua itu kembali pada individu masing-masing mas.

      Tapi dari komentar mas, saya mengetahui mas termasuk jiwa wirausaha, semoga sukses dengan usahanya, ^.^

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700