60
Cara Memilih Buah dan Sayuran Segar
Penulis : Muhammad Adam Hussein, S.Pd

Cara Memilih Buah dan Sayuran Segar Juga Sehat – Makanan yang menyehatkan serta mengandung nilai gizi yang baik akan mempengaruhi terhadap kualitas kesehatan seseorang yang mengonsumsinya dan bahkan mempengaruhi kondisi jiwa seseorang. Dalam hal ini jelas sangat penting dalam melakukan pemilihan buah dan sayuran yang segar juga sehat untuk melindungi kita dari bakteri maupun kumannya. Dengan artikel ini, kita semua akan mengetahui bagaimana teknik pemilihan buah dan sayuran segar juga sehat itu. Begitu kita bisa memilih hal itu dan membedakannya maka kesehatan makanan dari buah dan sayuran yang kita makan akan terjaga. Apalagi kalau buah dan sayuran akan disajikan dalam acara syukuran tentu diharuskan buah dan sayuran yang berkualitas segar dan sehat supaya bisa memanjakan dan memuaskan tamu yang datang. Buah dan sayuran yang terlalu lama dalam pendingin harus diwaspadai umumnya bisa terjadi perubahan pada kulit dan dagingnya jadi perhatikan hal itu. Selain itu, biasakan ketelitian jangan sampai buah dan sayuran yang dipilih ada yang busuknya atau yang mengalami bercak, berkerut ataupun berbintik-bintik.

Ilustrasi Gambar Cara Memilih Buah dan Sayuran Segar Juga Sehat 
Sumber Gambar : http://www.esquire.co.id/gallery/teaser/a2c40566dde7d4be46e005db1c82c9d5.jpg



Cara Memilih Anggur Sehat dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih anggur yang masih melekat kuat pada batang atau tangkainya.
2.     Tidak berkerut.
3.     Tidak berlubang.
4.     Berwarna cerah dan tidak belang.
5.     Daging buah padat, kulit kencang dan kulit tipis (akan mengandung banyak air).
6.  Tidak lepas dari tangkai dan memiliki bintik-bintik berwarna putih atau abu-abu. Karena yang sudah berbintik-bintik tandanya sudah mengalami proses pembusukan.

Cara Memilih Terong Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilihlah terong yang kulitnya mengkilap, warna terang.
2.     Tidak busuk.
3.     Tidak ada goresan atau bercak-bercak.
4.     Hindari memilih terong yang sudah memar.
5.     Kulit kusam dan berulat.

Cara Memilih Semangka Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilihlah yang warna guratannya hijau tua dan tangkai pada pangkal buahnya sudah mengering.
2.     Saat ditepuk terdengar suara buk-buk, pertanda semangka sudah matang.
3.     Pilihlah semangka yang berat karena artinya banyak mengandung air.

Cara Memilih Brokoli Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Bentuk bonggol (ujung tangkainya) utuh.
2.     Warna hijau segar tanpa bintik coklat.
3.     Batang brokoli tidak berlendir.
4.     Bonggol (ujung tangkainya) terasa keras.

Cara Memilih Buah Naga Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih buah yang warnanya merata dan tidak terdapat memar atau bercak.
2.     Pelepah masih utuh dan lentur.
3.     Tekstur buah naga yang lunak menandakan buah sudah matang dan mengeluarkan bau wangi yang khas.

Cara Memilih Wortel Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih wortel yang permukaaannya halus, kuat, dan berwarna terang.
2.     Jangan pilih wortel yang bercabang, retak atau layu.
3.     Ujung batangnya berwarna gelap karena bertanda wortel sudah tua.
4.     Tidak boleh dikonsumsi.

Cara Memilih Pir Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilihlah buah pir yang tampilan kulitnya mulus tanpa bercak/berkerut.
2.     Pilih yang daging buahnya agak lembek bila ingin langsung dikonsumsi.
3.     Pastikan tangkai buahnya masih menempel pada ujungnya.

Cara Memilih Tomat Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih tomat yang belum begitu merah agar awet disimpan, kecuali bila tomat akan segera dimasak.
2.     Pilih tomat yang berwarna merah, juga terasa segar dan padat di tangan.
3.     Pilih tomat yang beratnya sesuai dengan besarnya.
4.     Pilih tomat yang bulat, permukaan kulitnya halus, tidak berlekuk-lekuk atau retak.

Cara Memilih Apel Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih apel yang harum,
2.     Kulitnya mulus berwarna cerah dan tidak bercak, bisa dibuktikan dengan mengetuk-ngetuk buah dengan jari bila bunyinya nyaring tandanya buah apel renyah mengandung banyak air.
3.     Pilih apel yang tidak terlalu lembek, sebab yang lembek itu tidak renyah.

Cara Memilih Pisang Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih pisang yang warna kuning karena tandanya sudah matang. Bila pisang warna hijau membutuhkan waktu untuk matang.
2.     Jangan memilih pisang yang telah berhari-hari dalam kulkas sebab warnanya cepat mudah tua ditandai dengan berwarna hitam.
3.     Pilihlah yang bentuk pisangnya bulat.
4.     Hindari bagian batangnya yang sudah terlalu kering.

Cara Memilih Jeruk Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Kulit yang halus, pori-pori kulit jeruk jelas.
2.     Harum dan memiliki berat yang pas dengan ukurannya.
3.     Daging lunak bisa dibuktikan dengan menancapkan ibu jari ke bagian tengah jeruk.
4.  Untuk jeruk mandarin, pilih kulitnya yang kendur karena daging jeruk lebih kecil daripada kulitnya.
5.     Kulitnya tipis dan mengkilat.
6.     Warnanya benar-benar kuning bukan kuning terang.

Cara Memilih Alpukat Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Jangan pilih alpukat yang berwarna hijau karena belum matang. Tapi berwarna hijau mulus atau hijau tua itu sudah matang.
2.    Pilih alpukat yang sudah matang yang tidak terasa keras saat digenggam melainkan lembut dan tidak terlalu banyak mengandung air.
3.  Biji alpukat sudah matang ditandai dengan diguncang-guncang maka bijinya akan bergoyang.
4.   Jangan memilih alpukat yang berwarna sangat gelap, terlalu lembek dan memiliki penyok atau memar di bagian luarnya sebab terlalu matang sehingga tidak enak dimakan.
5.     Simpanlah buah alpukat dalam beras supaya cepat matang.

Cara Memilih Pepaya Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih pepaya yang berwarna orange atau merah sebab pertanda sudah matang buahnya. Bila memilih pepaya berwarna hijau belum matang dan kecuali ingin didiamkan beberapa hari dirumahnya ditempat yang bersembunyi atau tempat yang lembab.
2.     Bebas memar.
3.     Tekstur pepayanya empuk kalau diremas perlahan.

Cara Memilih Melon Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilihlah kulit melon yang terlihat banyak dan tebal.
2.     Melon yang mengeluarkan aroma yang manis dan harum bisa dicium dari pangkal tangkai.
3.     Melon yang saat diguncangkan bergoyang daging kulitnya.

Cara Memilih Nanas Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Bentuk nanas yang gemuk, berat dan memiliki aroma yang sangat kuat.
2.     Pilih nanas yang berwarna kuning keemasan cerah di badan.
3.     Pilih nanas yang di daunnya masih hijau tidak layu.

Cara Memilih Durian Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Durinya yang melebar dan daging durinya sudah agak lunak.
2.     Aromanya yang harum dan kuat, kulitnya tidak ada yang bolong.
3.     Kalau dipukul suaranya buk-buk itu pertanda isinya banyak dan berat.
4.     Potong tangkainya, kalau tengahnya kuning maka itu renyah.

Cara Memilih Mangga Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Bonggol (ujung tangkainya) berwarna kuning atau kekuningan.
2.     Bau harum sampai ke ujung buah.

Cara Memilih Duku Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Kulitnya tipis, lembut, dan agak hitam.

Cara Memilih Manggis Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.  Pilih yang kulitnya lembut dan tidak begitu keras bila ditekan.
2.     Warnanya ungu tua segar.
3.     Periksalah dengan meraba bila ada ditemukan ada yang masih keras itu pertanda belum matang atau bisa karena busuk.
4.     Tangkainya utuh dan hijau segar.
5.     Cemplungkan manggis ke dalam air. Bila terapung tandanya manggis tersebut rasanya enak dan nikmat.

Cara Memilih Sawo Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilihlah yang sudah berwarna coklat tua.
2.     Jangan dipilih kalau di kulitnya masih menempel bekas getah.

Cara Memilih Kiwi Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih buah kiwi yang lembut ketika ditekan, jika ditekan masih cukup keras artinya buah kiwi tersebut belum siap dikonsumsi.
2.     Warna coklat konsisten, ukurannya cukup gemuk serta teksturnya halus dan kencang.

Cara Memilih Kembang Kol Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilih bunga kol yang masih segar, bersih putih tanpa bercak coklat, utuh, warna merata dan tidak memar.
2.     Jangan pilih bunga kol yang telah longgar gugusan bunganya karena menandakan bunga kol tersebut telah lama dipetik.

Cara Memilih Kangkung, Kacang Pacang, Buncis Segar dan Sehat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya sebagai berikut:
1.     Pilihlah yang tidak layu teksturnya.
2.     Pilihlah yang masih segar dengan tekstur daging dan kulitnya kencang.
3.     Jangan pilih yang berwarna kuning karena itu sudah warna ketuaan sehingga tekstur kulitnya akan kering.


Kesimpulan

Cara Memilih Buah dan Sayuran Segar Juga Sehat – Tibalah penulis untuk menyimpulkan dimana didalam memilih buah dan sayuran segar juga sehat maka yang perlu diperhatikan diantaranya sebagai berikut: 1) pilihlah buah dan sayuran yang berwarna cerah, 2) bentuknya baik tidak ada bercak, tidak berkerut maupun tidak berbintik apalagi tidak berlendir, 3) Kulit buahnya bersih, 4) Memiliki aroma yang kuat dan khas buah masing-masing, 4) Tidak ada hama maupun ulat hal ini supaya terjaga biar tidak terkena diare karena bakteri atau kuman yang masuk melalui buah dan sayuran tersebut, 5) Tidak lembek dagingnya umumnya itu mengalami proses pembusukan atau karena terlalu matang sehingga rasanya tidak begitu enak. Selain daripada cara memilihnya ada beberapa tips yang disarankan oleh penulis diantaranya sebagai berikut: 1) Biasakan sebelum memakan buah maupun memasak sayuran dicuci terlebih dahulu hingga bersih bisa berulangkali karena satu kali pencucian bisa saja tidak cukup bersih. 2) Usahakan tangan juga bersih saat pencucian maupun saat memakannya karena kalau tangannya kotor maka bisa jadi akan menempel kotoran debunya bisa jadi menyebabkan bakteri hidup didalam tangan tersebut lalu berpindah ke buah dan sayuran tersebut. 3) Biasakan membaca doa sebelum memakannya supaya keberkahan atas kenikmatan makanan tersebut dapat dirasakan sehingga tidak hambar atau tidak cepat merasa bosan memakannya. 4) Biasakan memakan buah dan sayuran tersebut dimakan secara perlahan dan tidak terlalu banyak-banyak dalam mengunyahnya biar tegang waktu untuk proses pencernaan. 5) Biasakan memakan buah maupun sayurannya dalam keadaan duduk karena makan dalam keadaan berdiri akan mengurangi keberkahan didalam memakannya. Dan 6) Biasakan makan nasi terlebih dahulu sebelum memakan buah karena lambung bila langsung menerima zat asam umumnya akan terjadi sakit perut. Sedangkan memakan sayuran bisa berbarengan dengan makan nasi. Begitupun makan sesuatu yang dingin seperti es harus makan dulu dianjurkan biar tidak ngilu pada gigi juga tidak membuat lambung tidak enak dalam mencernanya.

Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca pengetahuan ini semoga bermanfaat bagi kehidupan kita, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.


SUMBER REFERENSI

Kalender 2016 (Calendar 2016) Super Indo Super Promo
(*dokumentasi)

Tokopedia
Bingung Bagaimana Cara Memilih Buah Segar Ini Dia Tipsnya
https://blog.tokopedia.com/2015/07/bingung-bagaimana-cara-memilih-buah-segar-ini-dia-tipsnya/

Bundil
Cara Memilih Buah Segar
https://bundil.wordpress.com/cara-memilih-buah-segar/


SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Cara Memilih Buah dan Sayuran Segar
Sukabumi, 17 Juli 2016


Posting Komentar

  1. wah sangat bermanfaat gan. saya jadi tau cara milih buah yang masih segar segar . maaksih infonya kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali mas, alhamdulillah kalau bermanfaat.

      Semoga analisa ini bermanfaat juga buat pembaca lainnya.

      Makasih buat kunjungannya.

      Hapus
  2. keren gan, saya baru tau nih, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau informatif, semoga bermanfaat jadi ilmunya.

      Sama-sama kembali mas.

      Hapus
  3. artikelnya lengkap dan detail mas. dengan ini kita bisa tahu mana buah dan sayur yang segar dan layak dikonsumsi. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah mas, saya berusaha memberi kepuasan kepada pembacanya melalui konten yang luas pembahasannya dan tuntas. Sama-sama kembali mas, semoga jadi ilmu bermanfaat.

      Hapus
  4. makasih tipsnya nih pak bisa dipraktekin nanti kalau mau belanja kebutuhan , memang dijaman sekarang ini mengkonsumsi sayur dan buah segar membantu mengurangi resiko berbagai penyakit dari pola makan yang kurang sehat dan gaya hidup yang kurang olahraga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, pola hidup sehat yang menyebabkan seseorang bisa berusia lebih panjang. Apalagi kesehatan itu sangat mahal harganya. Sama-sama kembali mas, semoga jadi ilmu yang bermanfaat. Iya perlu diterapkan mas biar terasa manfaatnya. :)

      Hapus
  5. Kalau mencuci buah-buahan nya pakek air biasa atau ada air khususnya gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air hangat yang paling dianjurkan mah mas.

      Kalau air dingin boleh juga tapi air dingin yang biasanya langsung dari air sumur belum sepenuhnya steril. :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Itu pasti mas, buat menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kondisi tubuh.

      Semoga bermanfaat ilmu ini. :)

      Hapus
  7. ternyata pilih buah dan sayuran ada triknya ya gan bukan hanya memilih yang kelihatan segar saja, makasih infonya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya segala sesuatu yang ada di dunia ini ada ilmunya mas, kalau sembarangan pasti membahayakan atau mempengaruhi buruk kepada diri kita. Sama-sama kembali mas, syukurlah kalau bermanfaat. :)

      Hapus
  8. sangat bermanfaat, dengan polo hidup health kita dapat beribadah kepada Allah, lanjutkan share ilmunya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu pasti mas, apalagi kondisi jiwa raga yang seimbang maka menjalani kehidupan dan keagamaan pun akan seimbang. Karena satu sama lain saling mempengaruhi. Blog ini dipastikan untuk memberikan IMS (Inspirasi, Motivasi dan Solusi). Semoga blog ini jadi tempat yang mas andalkan untuk mengali kehidupan dunia dan akhirat, :)

      Hapus
  9. saya jadi mengeri belanja tentang buah blog ini bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah mas jadi pengetahuan yang bermanfaat.

      Semoga ga kapok buat berkunjung ke blog ini dengan ilmu-ilmu lainnya.

      Hapus
  10. akhirnya saya tidak ragu dengan pemilihan buat yang segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah mas, jadi pengetahuan baru sekarang buat mas.

      Semoga kesehatan selalu menyertaimu mas.

      Hapus
  11. Dengan memahami cara memilih buah dan sayur yang segar ini di harapkan masyarakat akan lebih sehat lagi, karena buah dan sayur yang segarlah yang akan membuat kita lebih sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu mas, yang pasti bisa menginspirasi dan memotivasi pembacanya. Dengan pola hidup sehat maka umur akan jauh lebih panjang. Semoga umur tersebut dapat bermanfaat ketika digunakan untuk ibadah kepadaNya.

      Makasih udah membaca artikel ini.

      Hapus
  12. Sangat bermanfaat sekali mas ilmu yang sudah disampaikan mas adam, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu semua orang untuk bisa lebih teliti lagi dalam memilih buah yang segar yang siap langsung di konsumsi atau ada yang untuk disimpan terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahuma Aamiin. Iya betul mas, dengan ketelitian tersebut maka kesehatan di masyarakat akan semakin meningkat. Apalagi itu yang diharapkan oleh pemerintah kita dengan banyaknya orang yang sehat. Maka siapapun akan bangga dan merasakan senang. Sebab itu, saya berbagi inspirasi dari artikel ini untuk masyarakat.

      Makasih mas udah membacanya.

      Hapus
  13. Wah terimakasih informasinya gan, lengkap banget.
    Tambahin 1 lagi donk gan, cara memilih wortel segar. soalnya saya suka banget nih sama wortel.hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali mas, wah bacanya kelewat nih padahal diatas udah saya sebutkan cara memilih wortel segar dan sehatnya loh. Tinggal dibaca aja lagi mas. Semoga bermanfaat ya buat kita semua. :)

      Hapus
    2. eh ya ampun. tadi kok gak kebaca ya mas. aduh...maaf. sip deh...
      owh yang ujung batangnya berwarna gelap berarti wortelnya sudah tua ya.

      Hapus
    3. Iya begitu mas, syukurlah sekarang jadi terbaca hehe.

      Jadi bermanfaat kan apa yang dicari ketemu. :)

      Hapus
  14. info bermanfaat sekali gan, nanti saya bisa kasih tau istri saya klau mau belanja ke pasar.
    Tampan Community™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama mas, semoga bermanfaat buat kesehatan keluarga mas. :)

      Hapus
  15. terima kasih mas informasinya sangat membantu saya untuk mencari buah-buahan yang masih segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama kembali mas, betul dengan memilih buah segar yang tepat maka hasilnya akan jauh lebih nikmat dan berkah apa yang kita makan itu.

      Hapus
  16. Saya sebagai anak mestinya juga menyarankan orang tua dalam membeli sayur & buah. Terimakasih atas Artikelnya pak (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali mas, kesehatan itu bukan milik orangtua mas, tapi milik mas juga. Jadi keluarga dan mas sendiri juga harus mengetahuinya. Semoga bermanfaat biar tambah sehat.

      Hapus
  17. Yang memprihatinkan sekarang ya sayuran mas Adam. Temo hari ortu saya nemuin lintah di batang kangkung yang sedang dikerjakan selepas dicuci, ngeri sih tapi mungkin nggak semua kangkaung.

    Untuk buah juga kita haru jeli saat beli, bisa saja proses pematangan di paksa sehingga tak sedap lagi....

    Btw, makasih atas saran dan tipsnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sebab itu perlu berhati-hati dengan memperhatikan hal itu. Di swalayan aja, kalau ada buah yang busuk pasti bagian busuknya dibuang terus dibungkus ulang dalam artian tetap dijual enggak pengen rugi. Kalau swalayan yang memperhatikan kualitas umumnya busuk sedikit aja ga berani jual.

      Sama-sama kembali mas, alhamdulillah bermanfaat.

      Hapus
  18. makasih tipsnya mas, untuk memilih buat buahan atau sayuran memang yang bagusnya yang ada uletnya ya mas, itu artinya tanaman tidak ada bahan kimianya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali mas, betul sebab itu perlu hati-hati makanya ilmu ini akan bermanfaat buat masyarakat. Semoga menjadi solusi kita bersama ya. :)

      Makasih juga udah membacanya.

      Hapus
  19. wah keren banget gan saya baru tau hehe thx infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sip mas, alhamdulillah kalau gitu jadi pengetahuan baru jadinya.

      Sama-sama kembali, lain waktu berkunjung kembali makasih.

      Hapus
  20. Kalo bhs jabarnya buah naga apa kang? Untuk buah naga rada-rada nggak kebayang buahnya hehehehehehehe....

    kalo pilih anggur, iya bener, jangan yang berkerut dan berlubang... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja kok kang. Ga kebayang gimana kan ada kulit dan bijinya aja. Kalau isi buahnya jadi ga perlu dibayangkan heh Syukurlah kalau bermanfaat ulasannya.

      Hapus
  21. wah saya juga jadi tau cara memilih buah dan sayur yang segar.
    terimakasih infonya
    artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip kalau gitu sama-sama kembali, senang bisa membantu dalam memberi pencerahan. Yang apalagi kesehatan sangat penting bagi kehidupan.

      :)

      Hapus
  22. Terima kasih Mas atas referensinya, kebetulan saya suka membelikan ortu buah anggur kesukaannya, jd ga bakalan sulit lagi buat milihnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali mas, alhamdulillah kalau manfaatnya dapat dirasakan. Jadinya saya ikut senang dalam berbagi ilmunya. Semoga kesehatannya selalu terjaga dengan memilih buah dan sayuran yang tepat.

      Hapus
  23. Bermanfaat sekali tips nya gan.
    Makasih untuk infonya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kembali, semoga manfaatnya dapat dirasakan mas setelah diterapkan didalam kehidupannya. Alhamdulillah senang bisa bermanfaat.

      Hapus
  24. Saya sering kepasar sendiri mas buat cari wortel dan ternyata ada cirinya wortel yang enak dimakan warnanya agak muda tidak tua kalau dimakan lunak ketimbang yang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, syukurlah udah bermanfaat karena mas sendiri yang udah merasakan manfaat dari apa yang disampaikan disini. Semoga kesehatan selalu menyertai keluarga mas. Aamiin Allahuma Aamiin.

      Hapus
  25. Cocok nih buat ibu-ibu yang suka belanja sayuran di pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma cocok buat ibu-ibu aja mas, tapi buat cowok juga pokoke sih bagi siapa aja yang suka makan buah dan sayuran. Hal ini wajib diketahui. Kalau mas sendiri cara memilihnya buah dan sayuran segar juga sehat bisa makanan tersebut bisa menyebabkan diare (sakit perut) bahkan hal lainnya. Jadi perlu dianggap penting untuk ilmu ini juga.

      Hapus
  26. wah mantap bner tips nya mas...Nice lah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas syukurlah kalau begitu mudah-mudahan bermanfaat setelah diterapkan dan diamalkan ke orang lain. :)

      Hapus
  27. Wah kalo soal milih buah buahan biasanya wanita lebih cerdas mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malahan dengan artikel ini akan menumbuhkan kesadaran dan penerapan kalau pria juga bisa memilih buah dan sayuran yang tepat. Jadi kita tidak perlu mengandalkan seorang wanita tapi kita juga bisa didalam memilihnya. Jadi bermanfaat kan, jangan dilihat kalau itu kebiasaan wanita dan tidak perlu kita ketahui. Sebaliknya, ilmu itu wajib diketahui selama memberi manfaat kepada kita.

      Makasih buat kunjungannya.

      Hapus
  28. thanks udah share gan bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, sama-sama kembali mas, syukurlah kalau bermanfaat silakan diamalkan kepada siapapun yang mas kenal.

      Hapus
  29. tips yang bermanfaat nih kang..., sering dimarahin ama komandan kalo lagi belanja sayur ato buah di pasar... , hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip kalau gitu, jadi terasa manfaatnya, ya memang kudu teliti biar ga terkena bakteri atau virus yang membahayakan tubuh. Semoga dari pembelajaran tersebut makin berhati-hati.

      Silakan diterapkan mas. :)

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

1. Dilarang mencantumkan link baik link mati maupun link hidup dalam kolom komentar. Komentar sampah akan langsung dihapus jadi sia-sia deh.
2. Tidak menerima komentar sampah (spam) seperti : Pertamax, Makasih infonya, Nice article, dan lainnya.
Termasuk akun anonim tidak akan ditayangkan komentarnya.

3. Berkomentarlah yang relevan dengan postingan yang sedang dibahas sebab itu mencerminkan kepribadian (siapa dirimu itu).
4. Bila ada yang ditanyakan secara pribadi silahkan hubungi Muhammad Adam Hussein, S.Pd di nomor ponsel 08997527700 atau dewapuitis@ymail.com. Biaya konsultasi tentukan sendiri.
5. Jangan malas berkomentar sebab itu penyebab blog akan sepi kunjungan dari Blogger.

Catatan :
Sudah berhasil menghapus 375 komentar spam, sekarang kalau ada komentar spam akan langsung dihapus. Jadinya enggak bakalan ada dalam kotak spam.

Kalau mau dapet backlink kerjasama aja biar diulas dan backlink deh pada akhirnya. Tentunya ini enggak gratis.

 
Top