Prestasi Mengajar PKn di SMK

Prestasi Mengajar PKn di SMK
Penulis : Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Guru PKn di SMK Syamsul Ulum Kota Sukabumi

Prestasi Mengajar PKn di SMK – Selama dua tahun yang lalu sebelum kembali mengajar, beraktivitas kerja kantoran. Kembalinya ke dunia pendidikan, karena lulusan keguruan PKn, karena ketika melamar dilain tempat yang basisnya digital marketing mentok pada gelar penulis yang S.Pd. Kemudian meminta petunjuk kepadaNya, apakah dengan kembalinya penulis mengajar akan meningkatkan prestasi. Pada waktu berdoa di malam Lailatul Qadar pada Ramadhan 1436H, dan alhasil dapat prestasi yang mengejutkan yang tidak disangka sebelumnya. Dimanakah hal itu yang menjadi prestasi yang bisa dibanggakan? Simak kisahnya.

Di tahun pertama mengajar, dimulai Agustus 2015 dan di tahun kedua dimulai Juli 2016.

Muhammad Adam Hussein, S.Pd - 2016
Awalnya saya belum yakin bisa menguasai kelas dengan baik betapa tidak karena pengalaman mengajar hanya pas saya praktek mengajar (ppl) dan pada waktu itu saya masih gugup dalam mengajar. Dan seringkali siswa-siswi yang saya ajar tidak memahami apa yang disampaikan disebabkan pengaruh dari gugup tersebut. Dan pada akhirnya, di tahun pertama saya berusaha keras untuk memberikan kesan yang terbaik dalam mengajar. Dengan beradaptasi dengan berbagai macam karakter siswa-siswi di kelas tersebut karena beda kelas pasti beda karakter. Gunanya saya mengetahui karakter untuk memudahkan dalam memilih cara pembelajaran yang cocok dengan mereka dan akan disukai sehingga kesan belajarnya terasa asik dan seru. Lambat-laun cara kerja saya dalam mengajar disukai oleh siswa-siswi.

Yang biasa saya lakukan setiap habis pembelajaran akan dilakukan evaluasi, ini biasanya sering dilupakan oleh kebanyakan guru. Tapi cara ini malah saya tempuh karena dengan langsung mengevaluasi, maka pembelajaran yang disampaikan tadi dikelas masih hangat dalam ingatan dan pemahaman mereka. Dimana pertanyaan yang diajukan pun dengan berupa penuangan pendapat. Sehingga yang dinilai bukan pemahaman yang sesuai teori yang dicatat tapi pemahaman dengan pengembangan daya pikir sendiri.

Yang lebih mengasyikkannya menjadi seorang guru SMK membuat soal sendiri sehingga saya merasakan keleluasaan dalam menuangkan pertanyaan dan jawabannya. Berbeda dengan guru SMA yang harus tidak bisa seperti itu kecuali SMA tersebut swasta dan soal tidak menginduk kepada dinas pendidikan. Dengan kemandirian dalam membuat soal tersebut kita bisa menggunakan bahasa sendiri sehingga kita merasakan betul bahwa kita guru profesional dalam bidangnya.

Prestasi Mengajar PKn di SMK Tahun Pertama (2015 – 2016)

Muhammad Adam Hussein, S.Pd - 2016
Semenjak bergabung dengan SMK Syamsul ‘Ulum Kota Sukabumi dari Juli 2015 sampai sekarang, banyak sekali pengalaman yang cukup mengesankan. Dimana prestasi mengajar dari awal hingga perjalanannya sampai sekarang sudah dirasakan betul. Untuk pertamanya, saya dipercaya untuk mengajar PKn di kelas X SMK aja. Untuk kelas XI dan XII oleh guru lain. Lalu, dari situlah saya berusaha untuk menunjukkan kinerja saya dalam mengajar dan alhasil seperti berikut.

Pertama, ketika waktu itu menjadi narasumber untuk mengenalkan hipnoterapi. Adanya kasus penghipnotisan yang dilakukan oleh orang lain mengakibatkan ada korban satu siswi kemudian saya diberikan kesempatan untuk menjelaskan ciri-ciri pengaruh dari hipnotis, cara mengatasi atau cara menghilangkannya, mengenali modus cara penghipnotisan, memahami jenis hipnotis, dan praktek peruqyahan untuk menyembuhkan korban dan juga untuk diberikan materi kepada siswa-siswi lainnya. Kedua, mendampingi siswa-siswi untuk ikut lomba cerdas cermat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang sebagai jurinya Desi Ratnasari, M.Si, M.Psi dan bersertifikat. Alhamdulillah menjadi juara harapan 1. Seharusnya mendampingi adalah guru kelas XI dan XII karena berhalangan hadir maka saya mewakili untuk menggantikan. Ketiga, mendapat kepercayaan lebih dari waka kurikulum menjadi pemberi info lowongan kerja. Dan alhasil, berhasil memasukkan beberapa orang untuk bekerja di sekolah.

Semester 1 di tahun ajaran 2015 – 2016 mendapatkan jadwal mengajar pada hari Senin dan Kamis. Semester 2 di tahun ajaran 2015 – 2016 mendapatkan jadwal mengajar pada hari Senin, Selasa, dan Kamis.

Prestasi Mengajar PKn di SMK Tahun Kedua (2016 – 2017)

Muhammad Adam Hussein, S.Pd - 2016
Pertama, diberi kepercayaan untuk mengajar PKn dari kelas X (10), XI (11), dan XII (12). Disebabkan guru sebelumnya sangat padat mengajar di sekolah lain dan menjadi dosen dibeberapa tempat sehingga sangat sibuk dan menjadi jarang ke sekolah. Dan ditawari menjadi guru PKn semua kelas saya pun menyanggupinya karena tidak mengajar di tempat lain. Itu karena saya berusaha untuk bisa mengabdi penuh di satu sekolah bila sekolah tersebut bisa percaya dengan kemampuan saya kalau tidak begitu pasti saya akan mengajar di sekolah lain juga. Tapi karena diberi kepercayaan pada akhirnya saya ingin mengabdi dulu di satu sekolah hingga saya benar-benar bisa membagi waktu dengan baik. Kalau masih ada luang waktu pasti saya mengajar di sekolah lain. Tapi karena ada aktivitas lain seperti konsultasi dan terapi ruqyah, blogging, dan sebagai digital marketing juga untuk meningkatkan penjualan buku, penjualan DVD audio dan video ruqyah, dan lainnya maka diperlukan waktu juga. Kedua, dipercaya menjadi wali kelas XII AP untuk pertama kalinya pengalaman menjadi wali kelas di tahun kedua. Ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah SMK Syamsul ‘Ulum, Kota Sukabumi dengan nomor : 014/SK/SMK-YASPI-VI/2016. Dengan berusaha bisa memberikan yang terbaik. Ketiga, memberikan ilmu melalui les kelas Psikologi dan Hipnoterapi, Terapi Ruqyah, dan Blog diluar pembelajaran PKn untuk kelas XI RPL karena sebelumnya diajukan sebagai wali kelas XI RPL tapi wali kelas sebelumnya ingin menduduki lagi jabatannya maka saya mengembalikan dan alhamdulillah masih kebagian menjadi wali kelas sekarang di XII AP. Untuk tidak mengecewakan, siswa-siswi kelas XI RPL maka les kelas masih berlanjut sampai sekarang. Karena saya punya janji sendiri dimana kalau saya menjadi wali kelas maka ilmu lain selain PKn akan disalurkan supaya menjadi bekal buat mereka. Ya alhamdulillah berkat kekuatan doa pada malam Lailatul Qadar, maka masih bernasib untuk menjadi wali kelas. Sangat bersyukur kepada Allah tentunya. Karena saya ingin selalu akrab dengan siswa-siswinya supaya bisa mengarahkan dan membimbingnya dengan sebagaimana mestinya.

Semester 1 di tahun ajaran 2016 – 2017 mendapatkan jadwal mengajar pada hari Senin dan Selasa berlaku dari 18 Juli 2016 sampai 23 Juli 2016, hari Senin, Selasa, Jum’at dan Sabtu berlaku 25 Juli – 31 Juli 2016. Dan berubah lagi jadwalnya dan sudah fix tidak akan diubah lagi yaitu hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis berlaku dari 1 Agustus 2016 sampai semester 1 berakhir. Berarti liburnya dari Jum’at, Sabtu, dan Minggu dan inilah waktu yang bisa digunakan terapi ruqyah dan aktivitas lainnya.

Prestasi Mengajar PKn di SMK – Itulah pengalaman menjadi guru PKn selama dua tahun ini dengan prestasi mengajar yang sudah diraih mudah-mudahan aja tahun ketiga nanti bisa lebih sukses lagi. Yang paling saya harapkan paling tidak ya menjadi guru sertifikasi (guru tetap di sekolah tersebut) atau menjadi guru PNS. Tentunya akan terus berjuang dan mempertahankan yang sudah ada. Terimakasih udah membaca artikel ini semoga bisa memotivasi dan menginspirasi terutama bagi dirinya yang mau menjadi seorang guru.


SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Prestasi Mengajar PKn di SMK
Sukabumi, 31 Juli 2016



62 Komentar untuk "Prestasi Mengajar PKn di SMK"

  1. prestasi harus dikerjar gan, artikelnya menarik jarang2 ada yang share beginian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, dan semua itu butuh proses. Kalau kita mengikuti prosesnya pasti bisa kita kejar kok. Ya alhamdulillah mas, biar banyak termotivasi dan terinspirasi menjadi seorang guru. Oh ya, jangan panggil gan karena ke seorang guru jelas ga sopan mas, panggil aja mas aja.

      Hapus
  2. Saya suka pelajaran PKn sejak SD, selain mudah kita bisa mengetahui sejarah masa lalu yang perlu diketahui :D Yang terpenting dalam meraih prestasi jangan melupakan Tuhan yang Menciptakan segalanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, itu pasti makasih udah mengingatkan.

      Sebetulnya PKn bukan bicara sejarah masa lalu tapi juga bicara moral dan itu yang saya suka apalagi PKn itu bisa dibilang ilmu lintas bidang. Dimana dalam pembelajaran PKn terdapat, Hukum, Politik, Sosial, Kewarganegaraan, dan bahkan keagamaan juga. Makanya itu PKn bisa dibilang ilmu yang luas.

      Semoga terinspirasi dengan pengalaman saya menjadi guru PKn.

      Hapus
  3. Thanks udah berbagi pak :)

    BalasHapus
  4. Sudah mengajar dua tahun lebih, pasti banyak pengalamannya ya pak. Semoga aja nanti bisa lebih baik lagi dan juga dimudahkan dalam hal belajar mengajar. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, pengalaman yang berharga ketika menjadi fokus di dunia pendidikan. Yang sebelumnya dengan urusan kantor. :) Aamiin Allahuma Aamiin, makasih mas dukungannya.

      Hapus
  5. wah tulisan ini mudah-mudahan bisa memberikan motivasi kepada sesama guru, guru apapun, semoga semakin semangat membina dan mendidik generasi bangsa ya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahuma Aamiin.

      Mudah-mudahan calon-calon guru makin termotivasi dan terinspirasi karena universitas keguruan mulai disukai oleh mahasiswa-mahasiswi yang membuktikan mereka ingin mengabdikan diri dan mengamalkan ilmunya.

      Hapus
  6. Semoga kedepannya prestasi pak guru makin meningkat syukur syukur bisa jadi PNS.Jadi guru merupakan profesi yang mulia semoga pak guru dapat balasan didunia dan akhirat aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, aamiin allahuma aamiin, mohon doa aja ya.

      Soalnya butuh proses untuk itu, yang sekarang saya kejar guru sertifikasi dulu biar jelas status guru tetapnya. Selanjutnya ya langsung jadi guru PNS sekalipun harus menempuh jalan yang berliku. Iya bener memang mas karena menjadi guru juga panggilan jiwa.

      Hapus
  7. Wah pak guru banyak juga ya prestasi mengajar nya, khusus nya mengajar pkn di sekolah smk. apakah saya bisa menjadi murid pak :) hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas alhamdulillah di tahun kedua mengajar udah banyak prestasi yang ditorehkan. Bisa aja mas kalau mau kembali ke bangku SMK saya siap mengajar di kelas mas nanti. Hehe.

      Hapus
  8. Kalau boleh saya jujur penampilan mas adam berwibawa sekali mas, kalau kebanyakan seorang siswa pada jaman dulu waktu saya masih sma waktu itu guru pkn yang paling saya kasihan karena dia itu mungkin guru yang paling tidak dihargai oleh kebanyakan murid karena cara pembelajarnnya yang bisa dibilang terlalu lembek dan terlalu baik juga jadi siswa pada ngelunjak, dan saya juga kadang merasa kasihan dengan perlakuan siswa lain kepada guru tersebut karena guru tersebut merupakan guru yang kalau dilihat dari segi usia bisa dikatakan sudah tua dan di umurnya yang waktu itu saya kira dia sudah harus pensiun kalau untuk guru pns mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya guru PKn itu banyak toleransi mas jadinya seperti itu ingin tegas tapi ga berani karna takutnya mereka menjadi menjauh dan tentunya jadi ga menurut. Makanya guru PKn kebanyakan ramah kecuali ada beberapa sih yang tegas dan galak. Ya kasihan juga kalau gitu, udah seharusnya yang masa pensiun diganti boleh jadi karena belum ada guru PKn yang muda yang tepat buat menggantikan posisinya. Jadinya beliau masih dipertahankan.

      Hapus
    2. Menjadi guru pkn itu kalau menurut saya mah susah ya mas karena ditempat saya jarang sekali guru pkn yang masih mudah dan rata rata sudah berumur ternyata pelajaran pkn memerlukan sdm yang berkualitas ya mas yang bisa menunjang materi tersebut.

      Hapus
    3. Ya betul mas, jujur aja perlu mempelajari filsafat, logika, keislaman, dan psikologi. Sebab hal itu menunjang untuk membuat siswa-siswi tersebut paham dengan apa yang kita sampaikan. Makanya itu kedudukan PKn sama dengan PAI.

      Hapus
    4. Namun yang membedakannya adalah pelajaran pkn mah sebagai pelajaran yang mengajarkan dasar negara (kalau yang lebih tepatnya mungkin mas adam yang tahu), sedangkan kalau agama itu memperlajari dasar dasar beragama dan cara cara beraga yang baik (untuk lebih tahunya mungkin guru yang bersangkutan).

      Hapus
    5. Iya mas, memang seperti itu.

      Intinya guru PKn itu lintas bidang, karena banyak menyentuh dasar kajian ilmu lainnya.

      Semoga pengalaman ini bisa memberikan manfaat yang dapat dipetik. :)

      Hapus
  9. infonya sangat menarik gan kejar terus preatasi anda.. semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya siap mas, makasih dukungannya.

      Jangan lupa mas juga kejar prestasi yang diinginkannya. Seharusnya yang memotivasi seperti mas harus punya contoh prestasi.

      Hapus
  10. Mantap mas informasinya untuk motivasi (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, ikut senang kalau begitu, mudah-mudahan motivasi tersebut dapat segera diterapkan dalam kehidupannya dalam prestasi kerja pastinya. :)

      Hapus
  11. bagus sekali pak artikelnya. bisa juga dijadikan sebuah inspirasi bagi orang lain khususnya untuk saya sendiri, bahwa kita harus berani mengambil suatu langkah dan memberikan kontirubusi yang terbaik. semangat terus pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur alhamdulillah kalau gitu mas, memang sudah seharusnya seperti itu. Kalau kita ingin berprestasi ya berani menonjolkan diri dari segi kelebihan kita dari situ kan akan dinilai pantas atau enggaknya kita buat mendapatkan promosi jabatan.

      Semoga inspirasi ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat di kemudian hari mas.

      Hapus
  12. Kalau sayamah pasti bangga banget punya guru Pkn yang suka ngeblog,,, jarang - jarang ada guru kek gini :D dulu malah ada di sekolah Saya guru Pkn yang masuk TV,, tapi bukan karena berprestasi tapi karena tuduhan penganiyayaann... heheh XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya alhamdulillah kalau gitu mas, berarti saya termasuk guru PKn yang beda dengan yang lain yang menonjolkan prestasinya. Mudah-mudahan bisa menginspirasi.

      Hapus
  13. Oh yang kalau hipnotis emangnya termasuk sihir yah,,,?? itu kok penyembuhannya pake ruqiyah segala...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hipnotis sendiri terbagi dua mas, seperti hipnotis gendam dan hipnoterapi. Dimana hipnotis gendam ini seperti: pelet, gendam, energi susuk, dan semua jenis yang mengarah pada tindakan sihir dan kejahatan. Sedangkan jenis kedua, hipnoterapi nah yang ini biasanya digunakan untuk pengobatan sebagai contoh untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol, menghentikan kebiasaan merokok, dan sebagainya. Yang dimana untuk mengubah pola hidup yang selama ini salah menjadi lebih baik dan berada diridhoNya.

      Nah ruqyah dengan hipnoterapi sangat berbeda kedudukan hakikatnya. Dalam hal ini, jangan sampai salah dalam memahaminya seperti yang mas tuduhkan saat ini. Dimana kalau hipnoterapi menggunakan sugesti positif kepada orang yang mauu diubahnya. Sedangkan ruqyah itu berupa bacaan yang ada didalam al-qur'an, dimana diambil dari ayat-ayat yang berhubungan dengan sihir, siksa neraka karena kekafiran, dan lainnya. Hal ini lain waktu saya menulis bukunya tentang Tafsir Ayat-Ayat Ruqyah. Mohon doa aja.

      Jadi ruqyah itu bukan hanya mengobati sihir tapi juga penyakit medis bisa dilakukan oleh ruqyah sekalipun tidak semua jenis penyakit medis ya.

      Semoga mencerahkan jawabannya ini. :)

      Hapus
    2. Kalau hipnoterapi bisa jarak jauh gak ?? terus biayanya berapa ???

      Hapus
    3. Bisa mas melalui bimbingan dan arahan dari telpon.

      Biaya mas aja yang menentukan yang sepantasnya aja.

      Hapus
  14. betul sekali pak guru nilai nilai PKN memang harus diterapkan kepada murid-murid dan generasi penerus kita, agar mereka bisa menjadi siswa yang membanggakan, dan berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, mudah-mudahan denagn begitu moral generasi bangsa ini bisa diselamatkan dari pengaruh globalisasi maupun pengaruh buruk lainnya. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat juga buat mas maupun pembaca lainnya.

      Hapus
  15. Sukses terus ya pak sebagai pengajar-nya, jarang ada seorang tenaga pendidik seperti bapak yang aktif sebagai blogger, semoga selalu diberi kesehatan ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak makasih dukungannya. Sebetulnya udah banyak guru yang menjadi blogger juga sepertiL uda wak, admin volimaniak dan lainnya. Tapi memang yang serius mengelola blognya sedikit. Mudah-mudahan aja bisa menginspiriasi guru-guru muda lainnya.

      Hapus
  16. wali kelas yang disukai siswa dengan gaya mengajar yang menyenangkan dan menyamankan mereka kala menerima pelajaran Pkn ditambah dengan mendapatkan ilmu lain diluar pelajaran akademik...tentu menjadi keuntungan positif bagi siswa.
    Saya pun pernah terjun di dunia pendidikan selama 6 tahun di SMP dan SMK bahkan pernah membangun SMP Terbuka yang hingga sekrang masih ada dan dilanjutkan oleh para anak muda daerah.
    sayangnya jiwa sebagai orang proyek lebih kuat ketimbang jadi seorang pendidik, maka setelah dunia proyek infrastruktur kembali normal seperti sekarang ini, jabatan Site Engineer lebih membuat saya nyaman....selamat terus berprestasi didunia pendidikan ya pak...jadi Pahlawan tanpa tanda jasa yang mumpuni...aaamiiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu ya, ya mas mudah-mudahan yayasan tersebut bisa terus bertahan dan menjadi amal yang tak pernah putus buat yang membangun yayasan tersebut.

      Aamiin Allahuma Aamiin, itu udah pasti karena janjinya Allah bagi yang mengamalkan ilmunya maka kehidupan di dunia dan akhiratnya akan dijamin. Selama ini bisa bersabar dengan segala prosesnya.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. wihh byk kali kegiatan yg dilakukan pakdhe. kerenn, keren. jiwa semangatnya saya msh kalah dgn pakdhe..hehe

      Hapus
    3. Rahayu Wiandra
      Jangan mau kalah dong, apalagi sekarang mang lembu lebih aktif di kontraktor sekarang dan meninggalkan mengajar.

      Hapus
  17. o ya lupa...saya pegang mata pelajaran Matematika....keren kan saya ya?...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya keren dong pak, karena orang matematika umumnya mereka cerdas dalam mengatasi masalahnya. Dan terbukti sekarang pak ada di perusahaan kontraktor dengan jiwa yang penuh tantangannya itu bisa dilewati dengan mudah.

      Ya sekalipun ssekarang enggak mengajar lagi atpi pengalamannya masih tetap ada.

      Hapus
    2. guru MTK? ah kao aja waktu itu guru MTK nya pakdhe, saya bakal awet muda dan suka gak bosen di kelas. kan pakdhe suka nglawak yaa^^

      Hapus
    3. Rahayu Wiandra
      Apalagi matematika terbilang pelajaran yang menuntut konsentrasi yang tinggi tapi dengan kelihaian guru mtk ini pasti jadi lebih asik. :)

      Hapus
  18. prestasi harus diraih ( digapai ) . tetep semangat ngajar nya pak. berikan ilmu yg terbaik untuk generasi bangsa. dan pantang berkata "menyerah"

    Cc : Arjuna Rafi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas, semoga prestasi ini dapat diwujudkan dengan memberikan yang terbaik bagi sekolah maupun muridnya saya. Dan semoga jadi contoh buat mas yang masih pelajar. Kalau saya alhamdulillah orangnya tidak pernah puas dengan yang sudah ada selalu berjuang dan meningkatkan prestasi yang belum tercapai.

      Hapus
  19. Ilmu yang bermanfaat merupakan amalan yang tidak akan pernah putus. Selamat menajar Pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bu, semoga bisa menginspirasi juga dari pengalaman saya.

      Sip makasih dukungannya. :)

      Hapus
  20. Sangat menginspirasi bangeet artikelnya.... thanks udah share pengalaman bapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ssma-sama kembali, syukurlah kalau bisa menginspirasi karna itu bagian dari visi misi blog ini. Silakan diambil manfaatnya yang bisa dipelajari dari pengalaman saya ini.

      Hapus
  21. hebat mas adam terus naik prestasinya. maju terus mas. mudahan cita - citanya menjadi PNS atau guru tetap terkabul tahun ini juga. aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahuma Aamiin, mudah-mudahan saya diberi kelancaran dan kemudahan didalam menempuhnya, :)

      Ya karena saya kembali ke dunia pendidikan otomatis pelu usaha untuk terus dan terus mengoptimalkan dalam mengejar apa yang jai cita-cita saya. Menjadi guu tetap dan menjadi guru PNS.

      Makasih dukungannya mas.

      Hapus
  22. pelajaran PKN adalah pelajaran yg sngat penting

    BalasHapus
  23. Ternyata buat artikel itu mudah kalau lihat postingan blog ini, cukup biografi dan pengalaman sendiri bisa jadi cerita ya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas inspirasi dtang darimana termasuk dari pengalaman pribadi kita. Apalagi pengalaman tersebut bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi yang lain. Jelas jadi penting untuk kita tayangkan.

      Nah apalgi mas sendiri adalah seorang guru seharusnya mampu menggali dan mengembangkan suatu permasalahan menjadi solusi atau inspirasi bagi yang lainnya. Biar pahalanya makin bertebaran dan mengalir. Semoga jadi inspirasi pengalaman saya ini ya?

      Hapus
  24. para guru di indonesia sekarang sudah banyak prestasi di berbagai bidang. mantap informasinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, alhamdulillah, mudah-mudahan bisa memotivasi dan menginspirasi guru-guu muda lainnya. Semoga bermanfaat apa yang udah disampaikan disini.

      Hapus
  25. wah pak gullunya imut-imut.. ^^
    guaanteng gini psti muridnya betah belajar dikelas, ngeliat senyum pak gullu bkin gak bosen belajar.heheh

    BalasHapus
  26. subhanallah semoga bapak selalu sehat dan semangat mengajarnya bisa dicontoh oleh guru lain :) salam kenal pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahuma Aamiin, iya bu mudah-mudahan menginspirasi guru lain.

      Karena umumnya guru itu akan bagus kualitasnya kalau itu berdasarkan panggilan jiwa bukan karena mengisi kekosongan waktunya. :)

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700