Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sehat Supaya Energik Berolahraga



Tips Sehat Supaya Energik Berolahraga
Penulis : Muhammad Adam Hussein, S.Pd

Tips Sehat Supaya Energik Berolahraga – Berolahraga diyakini sebagai aktivitas positif yang bisa menyehatkan dan membugarkan badaniah kita. Tapi dalam beberapa kasus yang ditemui ternyata berolahraga bila tidak dilakukan dengan sepenuh hati ternyata bukan kesehatan yang didapat sebaliknya cepat lelah, bagian otot tertentu menjadi mudah keram dan syaraf otot menjadi tegang, dan bahkan bisa terasa sakit bagian tubuh lainnya. Awalnya ini dianggap biasa tapi bila dibiarkan begitu saja malah olahraga bukannya menjadi menambah energi malah menjadi penyebab penyakit. Lah, kok bisa? Ya bisa, karena pada dasarnya dalam berolahraga juga dibutuhkan yang nama konsentrasi kalau pikiran dan hati bentrok satu sama lain maka berolahraga akan dilakukan tanpa beraturan sehingga hal itu yang menyebabkan gejala sakit pada bagian tubuh tertentu. Yuk, simak ulasannya biar kita timbul energik berolahraga artinya akan menyebabkan olahraga menjadi tambah berkualitas.


Sumber Gambar : https://www.ethica-collection.com/wp-content/uploads/2015/01/Tips-Memilih-Busana-Muslim-Yang-Nyaman-Untuk-Olahraga.jpg



Tips Sehat Supaya Energik Berolahraga
Tips sehat supaya energik berolahraga ini dapat disimpulkan dari hasil analisa penulis sebagai berikut:

1.     Belajar Tidur Lebih Awal
        Biasanya yang mempunyai kebiasaan tidur di jam-jam 22:00 wib hingga larut malam bangunnya akan terasa pegal dan bahkan kurang bergairah dan tidak bugar. Sebaiknya belajarlah dari sekarang untuk tidur lebih awal. Memang dipahami tidak mudah mengubah pembiasaan seperti itu, namun dengan adanya tekad yang kuat untuk mengubah kebiasaan pasti hal itu akan bisa dilakukan sekalipun dibutuhkan perjuangan didalam menerima kebiasaan yang baru. Bila kualitas tidur rendah maka hal ini juga akan menyebabkan dalam berolahraga menjadi tidak energik karena dengan malas-malasan atau dengan rasa kantuk.

        Tapi orang yang sudah membiasakan diri tidur lebih awal umumnya antara jam 8 malam atau 9 malam. Bisa tidur lebih awal umumnya karena seharian kerja dan merasakan lelah yang sangat maka rasa kantuk akan timbul dengan sendirinya. Tapi kalau dengan cara pembiasaan yang sebelumnya belum terbiasa dibutuhkan sikap terus menerus membiasakan diri. Cara memudahkan untuk cepat tidur, bacalah al fatihah, al falaq dan an nash 7x atau hingga bisa tertidur. Jangan lupa untuk shalat witir sebelum tidur.

        Dengan tidur siang hal ini juga sangat membantu untuk memulihkan badan yang lemas pada keadaan sebelumnya. Tapi kalau tidak memungkinkan untuk tidur siang, tidurlah lebih awal.

2.     Makan yang teratur
        Sebelum berolahraga diusahakan makan terlebih dahulu paling tidak 2 jam atau 4 jam sebelum berolahraga. Tidak baik kalau waktunya berdekatan dengan aktivitas olahraga karena kasusnya disebabkan kekenyangan maka akan terasa cepat lelah, bahkan kantuk. Sehingga kualitas berolahraganya akan berkurang. Sebab itu, minimal 2 jam makan sebelum berolahraga supaya pencernaan dalam kondisi normal sehingga kualitas olahraga pun akan tetap terjaga sehingga berolahraganya akan terasa sehat, bugar, otot menjadi santai, dan juga jiwa terasa bahagia.

3.     Minum teratur dan konsumsi minuman yang sehat
        Jangan dibiasakan minum suplemen energi sebab bukannya tambah menjaga stamina tapi malah memaksa kinerja ginjal, ketegangan otot semakin bertambah karena mengandung zat kimia yang aktif sehingga berakibat jadi susah tidur, terlalu berlebihan kinerja tubuh, dan kondisi tubuh ada kelainan misalnya tiba-tiba menjadi keram otot dan sebagainya.

        Minum yang baik untuk kesehatan yang berbahan herbal seperti: susu sapi, minuman jahe, minuman bajigur atau bandrek, teh tanpa gula, dan lain sebagainya. Yang perlu dihindari seperti minuman suplemen ekstra jos, suplemen hermaviton, krating deng, kuku bima, dan sejenisnya karena mengandung zat asam yang menyebabkan lambung menjadi nyeri bila keseringan bisa menyebabkan ginjal menjadi lemah karena terlalu keras dalam melakukan kinerja yang seharusnya dan juga zat kimia yang memacu seseorang untuk terus beraktivitas padahal kondisi fisik sudah lemah tapi dengan minuman suplemen tersebut kinerja menjadi lebih aktif namun akhirnya setelah akan menyebabkan badan pegal linu bahkan akan menyebabkan kondisi fisik menjadi tidak stabil. Minuman suplemen hanya memberikan reaksi yang sementara tapi akan menimbulkan efek setelahnya.

4.     Santai
        Dalam melakukan olahraga tak perlu tergesa-gesa untuk mencapai target, karena dengan sikap tergesa-gesa hasil olahraganya menjadi kurang maksimal. Bersikap santai dalam melakukan aktivitas olahraga jauh lebih efektif karena bisa merenggangkan otot yang kaku juga menenangkan kondisi jiwa yang sedang kalut. Dengan sikap santai maka konsentrasi akan bisa terjaga kestabilannya, dan bila sebaliknya dengan sikap tergesa-gesa atau tidak tenang akan menyebabkan kelabilan dalam konsentrasi dan hal itu mempengaruhi terhadap kualitas olahraga.

        Olahraga yang terbilang ringan tapi menghasilkan kesehatan yang sangat memuaskan seperti: jalan kaki, bersepeda, dan berenang.

Sumber Gambar : http://www.islamku.xyz/wp-content/uploads/2015/08/muslimah-olahraga-sepeda.jpg




5.     Pemanasan & Perenggangan
        Sebaiknya sebelum olahraga harus membiasakan diri dengan pemanasan dan perenggangan otot hal ini dimaksudkan untuk menghindari kekeraman/kesemutan pada otot karena kaku, tidak lekas merasakan pegal dan lelah karena dengan pemanasan akan membantu dalam menjaga kestabilan kondisi tubuh.

        Pemanasan dapat dilakukan antara 5-10 menit. Bila melakukan perenggangan maka dilakukan selama 10-30 detik. Dan harus dilakukan seimbang antara bagian kiri dan kanan supaya bisa memaksimalkan kualitas olahraga.

6.     Olahraga dengan semangat cinta.
        Olahraga bila dilakukan dengan cinta atau dengan menikmati dengan sungguh-sungguh maka kualitas olahraga pun  akan meningkat. Kalau olahraga dilakukan dengan malas-malasan pasti kualitas olahraga pun akan menurun. Karena segala sesuatu aktivitas bila dilakukan dengan semangat maka akan memudahkan dalam mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga akan terasa setelah berolahraga kebugaran dan kesehatan yang diidamkan itu. Apalagi dilakukan secara rutin dan berkala pasti kualitas kesehatan kita pun akan meningkat. 

Sumber Gambar : http://www.gilasport.com/wp-content/uploads/2013/06/Pilihan-Olahraga-Bersama-Keluarga-1.jpg

7.     Mandi yang teratur.
        Jangan lupakan mandi, hal ini dilakukan setelah keringat kering kalau keringat masih basah sebaiknya ditunda terlebih dahulu sebab kasusnya dalam keadaan keringat basah umumnya bisa menyebabkan pusing atau bahkan demam. Dengan keteraturan setelah berolahraga dengan keadaan keringat kering langsung mandi akan menghasilkan kesegaran yang maksimal. Sehingga kondisi tubuh kembali pulih dari kelelahan maupun dari ketegangan otot.

        Mandi yang baik dalam keadaan badan yang lemas, pegal, dan semacamnya bisa menggunakan air hangat untuk meresap kedalam tubuh untuk menstabilkan kondisi tubuh dengannya. Tapi sebaliknya bila ingin mengencangkan kulit dan membugarkan bisa menggunakan air dingin. Kalau dalam keadaan badan lemas jangan dipaksakan menggunakan air dingin karena akan menyebabkan ngilu seperti tulang-tulang nyeri, sebaiknya menggunakan air hangat dalam kondisi ini.

        Penyesuaian air mandi hal ini juga diperlukan untuk memaksimalkan manfaat yang dihasilkan setelah dilakukan aktivitas mandinya. Dengan hal itu akan menyeimbangkan kesehatan dan kenyamanan terhadap tubuh.


Tips Sehat Supaya Energik Berolahraga Setelah memperhatikan hal apa saja yang perlu diperhatikan seperti uraian diatas mudah-mudahan bisa memaksimalkan kesehatan dalam berolahraga. Olahraga yang dilakukan secara tanpa beraturan dan tanpa keseimbangan dengan faktor lain maka akan menimbulkan efek sakit, lelah, nyeri pada bagian tertentu dan lainnya. Dengan begitu, berharap banyak apa yang disampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua agar energik dalam berolahraga dan merasakan kenikmatan dengan melakukan aktivitas olahraga apapun jenis olahraganya. Sampai jumpa!



SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Tips Sehat Supaya Energik Berolahraga
Sukabumi, 7 Mei 2016




64 komentar untuk "Tips Sehat Supaya Energik Berolahraga"

  1. Boleh dipraktekkan tuh gan.
    Tapi sayangnya setiap hari ane sibuk mulu, gapernah bisa ada waktu luang buat olahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan mas, masa sih kan ada hari libur apalagi dari kamis ampe minggu tuh kan libur. Sebetulnya ga sibuk-sibuk amat tapi mas kurang bisa mengatur waktunya aja.

      Coba deh luangkan waktu buat olahraga toh kesehatan perlu dijaga juga kan?


      :)

      Hapus
    2. Ane pengusaha gan, gaada libur, open order tiap hari nih. Gimana terusan?

      Hapus
    3. Oh gitu, bukannya minggu bisa libur mas.

      Kalau kerja terus apa enggak cape?

      Yang penting jaga kesehatan aja mas, kalau sakit kan ga bisa berjualan?

      Hapus
  2. waw...mantap ni buat belajar olah raga biar sehat. coba baca" lg ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan mas, semoga bisa membantu dalam menjaga kesehatan jasmani maupun rohaninya. Dengan cara teratur pasti kualitas olahragapun bisa didapatkan. :)

      Hapus
    2. Olah raga memang penting agar tubuh terus bugar dan ga gampang sakit..sukses terus blognya kang adam
      Salam admin goseopro

      Hapus
    3. Bagus Pratama

      Ya betul mas, syukurlah kalau udah bisa meluangkan waktu buat berolahraga. Wah sekarang mas dengan temannya sedang berbisnis jasa seo dan backlink ya. Semoga tambah sukses juga kalau begitu.

      Iya mas, makasih atas doanya. :)

      Hapus
  3. sebagai seorang blogger saya sangat jarang untuk berolah raga, karena aktifitas saya di komputer melulu, tapi saya akan mempraktekan nya supaya saya sehat dan energik sehingga semangat melakukan aktifitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas perlu jaga kesehatan itu, semoga badannya fit dan bisnis melalui online pun lancar. Selalu semangat.

      :)

      Hapus
  4. Wah okeh juga nih mas tips dari mas adam untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap energik, kurang apdol nih apabila tidak dilakukan langsung nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul, karena ilmu tanpa amal maka akan gila dan bila amal tanpa ilmu akan menjadi sia-sia menurut Imam Al Ghazali dalam Ihya Ulumuddin. Atau dengan istilah lain ilmu tanpa amal akan menjadi pincang dan apabila amal tanpa ilmu akan menjadi buta.

      Semoga setelah dipraktekkan makin terasa manfaatnya. :)

      Hapus
  5. Wah, memang susah ya jaga kesehatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya susah mas, kalau belum tau ilmunya, karena segala sesuatu itu pasti ada ilmunya. Kalau sembarangan bukannya olahraga jadi sehat malah sebaliknya memberikan rasa sakit. Dan hal itu udah banyak terjadi, dimana pelaku aktivitas olahraga punya penyakit. Ya karena tidak keseimbangan dalam penerapan ilmu dan prakteknya.

      Semoga mencerahkan mas dan kita semua.

      Hapus
  6. tips yang bagus . makasih tipsnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas, sama-sama kembali.

      Semoga kesehatannya terjaga dan aktivitas pun lancar. :)

      Hapus
  7. Wah informasi yang mantap patut dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, silakan semoga menjadikan kualitas olahraganya makin meningkat dan kesehatan pun didapat. Selamat beraktivitas. :)

      Hapus
  8. Wah mantap ini tipsnya..boleh dicoba buat jaga kondisi adan agar tetep fit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan mas, semoga kesehatan yang ingin diraih pun bisa didapat setelah aktivitas olahraganya berkualitas. :)

      Hapus
    2. Agar sehat tips ini harus di coba ya gan!

      Hapus
    3. Dzaky Dewan
      Iya mas, perlu diterapkan ilmunya biar tambah manfaat dan berkah tentunya. :)

      Selamat mencoba buat blogger atau siapapun yang baca. :)

      Hapus
  9. Jujur mas,saya jarang berolah raga.bahkan hr libur pun hampir gak pernah sama sekali olahraga..bis gak da temne,jd mles.tapi boleh juga itu tipsny sy praktkin,lo nanti pas mu olhraga,hh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, padahal ada temen atau ga temen, olahraga harus tetap jalan. Berarti termasuk orang yang ga suka dengan kesendirian.

      Iya silakan mas, pasti bakal bermanfaat karena bisa menyebabkan kualitas olahraganya meningkat. :)

      Hapus
  10. Balasan
    1. Alhamdulillah mas, semoga bukan cuma keren aja jadi manfaat buat mas. Hehe.

      Hapus
  11. Kalau lari pagi misal jam 6 apa harus sarapan dulu mas saya malah jarang sarapan paling minum air putih langsung lari sarapannya setelah olah raga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu, ya terpenting mas bisa mengkondisikan karena ada juga yang ga kuat sebelum sarapan, kalau mas berarti termasuk kuat menahan lapar atau energinya masih cukup belum banyak terkuras oleh malamnya.

      Semoga makin berkualitas olahraganya, kalau gitu.

      Hapus
  12. Subhannallah tips nya bagus banget,baik dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, kalau sesuatunya dengan ilmu pasti akan meraih kemanfaatan yang sempurna. Semoga di kemudian tips ini makin bermanfaat buat kehidupan mas.

      Hapus
  13. Bener nih mas kesehatan harus dijaga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, apalagi kesehatan itu harganya mahal bahkan puluhan juta atau bahkan lebih dari itu. Tak sedikit karena kesehatan ga dijaga menjadi penyebab kematian. :)

      Hapus
  14. Mantap mas. Tapi ane kalo minggu jarang olahraga, masalahnya ane main hp terus and mengelola blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran sih malam kalau punya waktunya buat olahraga ya lakukan aja. Harus pinter-pinter cari waktu aja mas. Semoga bisa sukses dengan blognya mas dan menghasilkan.

      Hapus
  15. Wah bgs nieh buat pegawai pegawai skrg supaya tetap energik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, silakan diterapkan biar hasilnya juga bisa terasa.


      Ikut senang bisa memberikan tips yang bermanfaat.

      Hapus
  16. Olahraga&Istirahat yang cukup udah ane lakuin :v

    cc : Moviendofilm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau gitu, semoga bukan kesehatan jasmani aja yang diperoleh mas, tapi sehat mental dan jiwa juga ya. Hehe.

      Makasih udah berkunjung. :)

      Hapus
  17. tips yg sngat bermanfaat
    mksih ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas, sama-sama kembali.

      Semoga di kemudian hari ilmu ini bermanfaat.

      Hapus
  18. keren gan tapi ane paling susah peraktekin yang pertama tuh huhuhu. lanjutkan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibiasakan dulu mas biar terbiasa, mudah-mudahan nantinya bisa.

      Orang yang cukup tidur lebih cenderung lebih banyak energi yang disimpannya dan kesehatannya pun lebih dari orang yang kurang tidur. :)

      Semoga bermanfaat buat renungan di kemudian hari. :)

      Hapus
  19. Point ya disebutkan mas diatas itu semua sangat benar sekali mas, saya merasakannya sendiri ketika berolahraga dalam keadaan hati yang sedang dan menganggap olahraga adalah kesenangan dan juga harus penuh cinta maka olahraga yang sedang kita jalankan itu tidak akan berasa capeknya, saya sering olahraga rutin setiap hari setelah sholat subuh jam 5, wow sesudahnya rasanya itu benar benar dahsyat mas tubuh menjadi lebih ringan, bugar dan lebih sehat juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur alhamdulillah kalau gitu mas, berarti tips hasil analisa saya akurat dengan kenyataannya. Karena didalam menjalankan aktivitas juga harus dengan cinta biar menjadi kesenangan dalam menjalaninya.

      Itulah analisa berdasarkan psikologi kesehatan, yang insya Allah bakal saya perbanyak artikelnya. :-)

      Hapus
    2. Pantesan mas hampir benar semua, tapi kalau saya sih apabila menjalankan olahraga hanya sedikit kok yang saya terapkan dari point yang mas sebutkan diatas dan memang benar adanya mas, dan paling utama dari semua itu adalah niat karena percuma kita berolahraga dengan penuh cinta kalau tidak ada niat maka rasanya juga pasti tidak enak.

      Hapus
    3. Ya betul mas, ibarat kita kerja aja tanpa cinta pasti malas-malasan atau menjalankannya karena gaji bukan karena tanggungjawab atau karena ibadah. Semoga manfaatnya bisa kita rasakan mas.

      Aamiin Allahuma Aamiin, saya sendiri sellau meluangkan waktu buat berolahraga.

      Hapus
    4. Maaf nih mas pertanyaannya diluar topik pembahasan mas, saya mau nanya kemarin saya baca berita diinternet yang pembahasannya tentang ilmu santet yang kematin mas bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul "cara mendeteksi jin yang ada dibadan kita" dan saya baca sampai selesai ada bacaan ayat alqur'an dan salah lupa lagi dan saya mau nanya sama mas adam kira kira ayat apa saja ya yang bisa mendeteksi terdapat jin ditubuh kita.

      Dan ciri ciri yang disebutkannya badan akan merasakan mual dan muntah, dibawah kulit ada yang bergerak, dan saya luap lagi apa ya banyak deh mas, apakah itu benar.

      Hapus
    5. Seperti yang pernah saya jelaskan dalam Cara Mendeteksi Gangguan Jin Pada Diri Sendiri, dianjurkan dengan ayat ruqyah standard seperti; al fatihah, al falaq, an nash, al humazah, ayat kursi dan al baqarah ayat 1 - 5.

      Iya jadi kalau merasakan reaksi mual, pusing, dan lainnya itu jelas kalau ada tanda gangguan kalau reaksinya hanya gemetar dan terdiam aja. Itu reaksi ringan. Setelah itu baru peruqyahan penuntasan.

      Hapus
    6. Tapi kalau yang saya baca sih mas ayatnya lumayan panjang juga kalau boleh saya tahu apa ya ?

      Hapus
    7. Banyak, ayat-ayat ruqyah yang panjang, yang penting hafal dulu baru yang panjang. Jangan terburu-buru.

      Hapus
  20. Bener tuh minuman suplemen memang tdk bagus buat kesehatan, mending air putih saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, bisa kecenderungan nanti malah jadi ketergantungan.

      Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat kita semua, aamiin. :)

      Hapus
  21. Semuanya adalah tips yang baik dan memang patutu untuk dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip kalau gitu mas, semoga ilmu ini setelah diterapkan makin terasa manfaatnya. Biar pahalanya penulis mengalir, hehe.

      Semoga bisa membantu juga buat pembaca yang lain.

      Hapus
  22. kalau poin2 di atas dilakukan dengan teratur tentunya kita akan jarang sakit ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul dan ampuh karena teori tersebut udah teruji secara medis maupun empiris. Silakan diterapkan, biar ilmunya jadi berkah dan bermanfaat. Kalau ilmu hanya diketahui saja tanpa praktek akan disayangkan. :)

      Hapus
  23. kalo yang nomer satu itu agak susah buat ane bro tiap hari begadang mulu buat upload n download banyak file
    cuman alhamdulilah sih ane orangnya energik :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih terkuras dong, tinggal atur waktu aja mas, biar kesehatan kejaga juga penghasilan masih optimal dan maksimal. Sukses kalau gitu.

      Hapus
  24. Great!! i love this article

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas, thank's your comment, hopely this important for you.

      Hapus
  25. kang muhammad adam, saya hanya ingin berkomentar soal tidur malam, jam 22:00, sayangnya saya sering harus tidur jam 24:00, mungkin saya siasati dengan tidur siang, tapi kadang siangpun tidak cukup. saya mau tanya, adakah solusi walaupun tidur sedikit namun hasilnya seakan tidur cukup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidur siang masih kurang coba dari 2 jam siang ampe jam 4, durasi tidurnya diperpanjang daripada sebelumnya. Dan usahakan minum jamu, telur mentah atau berbahan herbal untuk membantu pemulihan energinya.

      Hapus
  26. Saya sih biasanya pagi olah raga dikit, gerakan badang, trus pas di kantor turun naik tangga sekalian gerak juga. Emang sih belum tiap hari tapi selalu disempatkan juga buat kegiatan fisik, meskipu harus ngos ngosan.

    Tipsnya oke juga ni mas Adam, good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, dimanapun selama sempat olahraga itu bisa dilakukan.

      Saya sendiri suka melakukan olahraga biar bisa menjaga stamina dan pekerjaan juga bisa diselesaikan sesuai dengan waktunya.

      Semoga kita diberikan kesehatan selalu mas. ;)

      Hapus
loading...
loading...



Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

KLIK GAMBAR UNTUK PEMBELIAN/PEMESANAN

Berlangganan via Email