44



KLINIK ADAMSSEIN MEDIKA
Melayani ruqyah jarak jauh melalui telepon dengan janjian terlebih dahulu juga melayani konsultasi kesehatan dengan terapi Herbal, konsultasi kepribadian, dan masalah lainnya yang dikeluhkan.
Hubungi Muhammad Adam Hussein, S.Pd di 08997527700 atau dewapuitis@ymail.com Ads Premium


Sertifikasi Praktisi Terapi Ruqyah Nasional dari QHI
Penulis : Muhammad Adam Hussein, S.Pd, P.QHi
Pelopor Ekskul Ruqyah di Indonesia

Sertifikasi Praktisi Ruqyah Nasional dari QHI – Legalitas itu penting untuk seorang ahli dalam bidang tertentu untuk itu akan ada uji sertifikasi. Untuk mengikuti uji sertifikasi juga harus benar-benar memiliki persiapan yang matang karena sayang sekali kalau ternyata gagal dan ditunda dulu pemberian sertifikatnya alias ditahan karena belum memenuhi syarat menjadi Praktisi. Padahal begitu pentingnya sertifikat untuk membuktikan bahwa kita memang benar menguasai teknik yang diajarkan dari ilmu yang diminati tersebut. Dengan demikian jelas sangat diperlukan pelatihan sertifikasi ini untuk menunjang sebagai praktisi profesional dibidang terapi ruqyah. Yuk baca ulasannya hingga tuntas supaya berhasil menjadi praktisi yang handal dilapangan.

Mengenal Istilah Praktisi
Praktisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pelaksana seperti dalam kalimat ia adalah seorang praktisi bisnis. Praktisi adalah orang yang handal dalam bidang tertentu. Praktisi adalah orang yang berpengalaman dalam bidang yang dikuasai dan diminatinya. Dapat disimpulkan bahwa praktisi adalah orang yang menguasai ilmu tertentu dengan non akademik hanya yang belajar dari pelatihan-pelatihan dan praktek lebih mendominasi dibandingkan pembelajaran teori.

Pengertian Praktisi Ruqyah
Praktisi Ruqyah adalah orang yang berpengalaman dalam mengatasi kasus gangguan jin, gangguan sihir dan gangguan medis dengan metode penanganan ruqyah sebagai praktek penyembuhannya. Praktisi ruqyah ini biasa disebut roqi, roqi merupakan pengambilan makna dari ruqoya, ruqiyu, ruqyan artinya orang yang ahli dalam bidang terapi ruqyah. Secara gamblang, seorang praktisi umumnya sudah disertifikasi dan sertifikat tersebut bermanfaat untuk membuka praktek. Karena praktisi artinya adalah orang yang berpengalaman dalam praktek. Sebab itulah, setelah mendapatkan sertifikat praktisi ia memang berhak membuka praktek dengan izin terlebih dengan dinas yang terkait. Sehingga hal ini tidak menyalahi kode etik profesi praktisi tersebut dan tidak menyalahi undang-undang.

Mengenal Sertifikasi Praktisi Ruqyah Nasional
Ada 2 yayasan yang berhak dan resmi mengeluarkan sertifikat untuk Praktisi Ruqyah Nasional. Yang dimaksud adalah Yayasan Arsyi dan Yayasan Quranic Healing Indonesia. Yayasan

3 Jenis Sertifikasi Praktisi Ruqyah Nasional dari Quranic Healing Indonesia (QHI) diantaranya adalah:
1.     Praktisi Quranic Healing Indonesia (dengan gelar non akademis P.QHi).
2.     Master Quranic Healing Indonesia (dengan gelar non akademis M.QHi).
3.     Licensed Trainer Quranic Healing Indonesia (dengan gelar non akademis LT.QHi).










Praktisi Quranic Healing Indonesia ini hanya bisa memberikan pelayanan konseling dan penanganan yang terbatas ruang lingkupnya belum bisa menerima pasien dari luar kota kecuali pengalaman ia sudah menangani lebih 10 – 20 kasus ruqyah.

Master Quranic Healing Indonesia adalah orang yang sudah memenuhi kriteria dalam memberikan penyuluhan dan bimbingan untuk menjadikan seorang menjadi praktisi namun belum bisa mengeluarkan sertifikat. Umumnya ia sudah berhasil lebih dari 100 kasus ruqyah yang ditangani.

Licensed Trainer Quranic Healing Indonesia adalah orang yang berwenang untuk mengadakan pelatihan sertifikasi, ia umumnya sudah lebih 1000 kasus ruqyah yang ditangani, dan juga keahlian dalam menanggani juga teruji.

Manfaat Sertifikat Praktisi Ruqyah Nasional
Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat umum, diantaranya:
1.     Untuk mendapatkan legalitas sebagai Praktisi Ruqyah yang diakui oleh nasional.
2.   Untuk mendapatkan izin buka praktek dengan cakupan yang terbatas. Hanya bisa menerima pasien dari kalangan keluarga, tetangga, dan masyarakat satu daerah saja.
3.     Untuk mendapatkan kelegaan karena lolos dari uji sertifikasi profesi sebagai Praktisi.
4.     Untuk menambahkan kepercayaan dari pasien.
5.     Untuk meningkatkan kepercayaan diri yang dimiliki.
6.     Sebagai pembuktian bahwa terbukti menggunakan metode ruqyah syar’iyyah dengan teknik Quranic Healing.


Cara Mendapatkan Sertifikat Praktisi Quranic Healing Indonesia
Ada beberapa langkah yang harus ditempuh oleh seorang calon praktisi dalam mengikuti ujian sertifikasi, dapat penulis sebutkan diantaranya:
1.     Ikutilah TFP (Training For Practice = Pelatihan Untuk Praktisi) yang diselenggarakan oleh Grand Master Quranic Healing Indonesia atau oleh roqi (peruqyah bersertifikat LT.QHi (Licensed Trainer Quranic Healing Indonesia).
2.    Siapkan dana untuk investasi sertifikasi TFP, besarnya biaya memang tidak menentu tergantung pada tempat pelatihan yang akan diselenggarakan. Misalnya ketika waktu itu saya mengikuti pada TFP 7 dengan investasi sertifikasi TFP sebesar Rp. 650.000. Kemudian saya melihat TFP 10 sebesar Rp. 750.000 dan TFP 11 yang akan diselenggarakan pada 29 – 30 April 2017 i Aula Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan sebesar Rp. 600.000.
3.     Berdoalah semoga lulus dari ujian sertifikasi tersebut.

Tips Lulus Sertifikasi Praktisi Ruqyah dari TFP QHI
Ada beberapa tips yang dapat penulis bagi disini, diantaranya:
1.   Sering-seringlah sebelumnya mengikuti pelatihan ruqyah massal sehingga dengan terbiasa meruqyah diri sendiri dan orang lain menjadi lebih mahir.
2.   Ikuti juga ekskul ruqyah di sekolah, kampus ataupun di mesjid karena dibimbing dengan jangka waktu yang lama bahkan ada juga ujian prakteknya dengan mengadakan ruqyah massal yang dimana masyarakat yang tidak dikenal sehingga lebih profesional dalam prakteknya.
3.    Tingkatkan jam terbang (pengalaman) dalam meruqyah sehingga banyak kasus yang ditangani maka semakin banyak pula ilmu yang didapatkan. Sehingga kebingungan demi kebingungan akan semakin terhindari.
4.    Setelah benar-benar terlatih dilapangan barulah ikuti sertifikasinya karena ilmu dan praktek sudah memadai. Sehingga akan memungkinkan lulus ujian.
5.    Hapalkan ayat demi ayat ruqyah karena semakin kuatnya kasus ruqyah yang ditangani maka akan diperlukan ayat-ayat yang lain untuk dibacakan selain daripada ayat ruqyah standard seperti: al Fatihah, al Falaq, an Nas, Al Ikhlas, Al Baqarah ayat 1 – 5, dan ayat kursi.

Brosur Sertifikasi Praktisi Ruqyah TFP 11 Lisensi dari Quranic Healing Indonesia (QHi)
Untuk brosur Sertifikasi TFP QHI akan diupdate seiring dengan adanya penyelenggaraan ujian sertifikasi Praktisi Quranic Healing Indonesia. Berikut TFP 11 akan diselenggarakan 1 bulan ke depan pada 29-30 April 2017 di Aula Graha Wisata, Ragunan, Jakarta Selatan.





Sertifikasi Praktisi Terapi Ruqyah Nasional dari QHI – Alhamdulillah selesai juga pembahasan ini semoga memberikan pencerahan bagi yang membutuhkan informasi ini khususnya yang meminati dan juga yang menginginkan sertifikasi praktisi. Silakan dibagikan kalau bermanfaat bagi yang membutuhkan karena menjadi ahli memang perlu sertifikasi untuk penunjangan profesional dalam bidang ilmu dan prakteknya. Bila ada yang ditanyakan silakan saja di kolom komentar yang tersedia.




 SUMBER REFERENSI

http://ruqyahmojokerto.blogspot.co.id/2014/11/pendaftaran-keanggotaan-quranic-healing.html

https://id-id.facebook.com/perdana.akhmad/posts/10204118726230416

http://www.cintaruqyah.com/diklat-praktisi-ruqyah-angkatan-ke-11-crs/


SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Sertifikasi Praktisi Terapi Ruqyah Nasional dari QHI
(Quranic Healing Indonesia).


loading...

Posting Komentar

  1. apakah surat yang harus hafal surat yang ada diatas saja? soalnya kalo saya perhatikan banyak sekali ayat yang dipakai dalam ruqiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu dihapal mas, paling tidak hapal ayat ruqyah standard seperti: al Fatihah, Al Falaq, An Nas, Al Ikhlas, Al Baqarah ayat 1 - 5, dan ayat kursi.

      Syukur-syukur kalau bisa hapal ayat ruqyah lainnya.

      Hapus
  2. ini terbuka untuk semua kalangan kan ya? mungkin jika biaya daftarnya dikurangi bakal banyak yang berminat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbuka mas buat masyarakat umum.

      Untuk biaya sertifikasi udah terbilang murah dan diskon sebelumnya 750rb sekarang 600rb jadi dikurangi 150rb mas. Kalau dengan sertifikasi praktisi bidang lain jauh lebih murah mas.

      Silakan ada waktu kok 1 bulan mendatang.

      Hapus
  3. Wah harus bisa mengahapal nih, saya tdk suka menghapal pak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya harus dong bu, karena harus profesional.

      Nah terus bu kan jadi guru tuh apa enggak menghapal materi yang ingin disampaikan? Ada-ada aja ibu ini hehe.

      Hapus
  4. Ternyata ada sertifikasi juga ya gan
    Baru tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang harus dong mas, panggil mas aja kalau gan kurang sopan deh buat saya. Perhatikan juga profesinya sekalipun saya sama blogger.

      Ya karena untuk izin praktek harus memiliki sertifikat Praktisi baru bisa deh nanti buka praktek di masyarakat.

      Hapus
  5. saya juga baru tahu kalau ada sertifikatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya soalnya kebanyakan pelatihan ruqyah massal untuk umum mas.

      Kalau sertifikasi praktisi terapi ruqyah memang dibatasi mas. Jadi kalau sudah 50 peserta maka akan ditolak. Dan akan diikutsertakan pada sertifikasi selanjutnya.

      Jadi mumpung ada makanya daftar aja kalau mau menjadi Praktisi Terapi Ruqyah Tingkat Nasional.

      Hapus
  6. wah hebat nih gan, udah dapet sertifikasi nice info ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya udah lama mas, karena sekarang aja udah TFP 11, artinya even ke 11 dalam mencetak Praktisi Ruqyah Nasional. Nah, pada umumnya hanya pelatihan dalam rangka pengenalan ruqyah dan tekniknya. Kalau sertifikasi ini manfaatnya bagi yang mau buka praktek. Seperti itu mas, intinya ya sertifikasi profesi agar profesional dan mendapatkan naungan badan hukum dari Yayasan Quranic Healing Indonesia.

      Hapus
  7. Tapi kalau ngeruqiah gitu emang harus ada sertifikasinya bang? Apa Kalau yang gk punya pun gamasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau buka praktek dan meruqyah orang lain ya harus punya sertifikatnya mas. Sehingga profesionalnya bukan sekedar mengaku-ngaku tapi memang sudah terbukti dengan sertifikasi. Karena banyaknya yang mengaku ruqyah padahal bukan, ngakunya peruqyah padahal baru belajar. Nah ini bisa membahayakan pasien di kemudian hari.

      Sebab dengan itu, perlu adanya sertifikasi untuk legalisasi profesional.

      Hapus
  8. ternyata terapis juga ada sertifikatnya ya pa, jadi makin dipercaya sama pasien yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, dan sertifikat itu ada untuk menunjukkan keahlian secara profesionalnya. Bahkan biaya sertifikasinya ini tergantung pada profesi keahlian bahkan ada yang diatas 1 juta. Lain waktu saya akan menjelaskan khusus jika hal ini diperlukan di kemudian hari.

      Hapus
  9. Dengan di terbitkanya sertifikat resmi , itu berarti bahwa seseorang telah lulus uji praktisi serta praktek yang sesuai ajaran Ruqyah, sebagaimana yang telah di jelaskan di atas ya mas... ini kedepanya akan semakin bagus dimata peserta dan anggotanya tentunya juga makin bertambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, dan sekarang alhasil sudah menyebar ahli ruqyah di Indonesia. Termasuk saya sendiri yang bertsertifikat juga sehingga berkewenangan mengajarkan ilmu dan teknik ruqyah dan ekskul ruqyah. Dan alhamdulillahnya, sebagai pelopor ekskul ruqyah di Indonesia.

      Hapus
  10. Yang pastinya buat nambah kepercayaan pasien,, wonmg dokter aja biasanya suka di tempel sertifikatnya di tempat praktik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, sertifikat itu penting untuk profesionalisme.

      Makanya semahal apapun kalau mau menjadi praktisi ruqyah yang diakui secara nasional dan juga lulus dari teknik ruqyah syar'iyyah. Maka itu akan membangun kepercayaan pasien pada kita.

      Hapus
  11. Untuk training prakteknya bertempat dimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aula Graha Wisata Ragunan - Jakarta, mas.

      Selebihnya silakan lihat brosur dan daftar aja langsung ya disana sudah nomor kontak penyelenggaranya.

      Hapus
  12. sepertinya ini bagus dan bisa dipercaya, terbukti dari adanya sertifikasinya. jadi keraguan pasien bisa berkurang dengan adanya sertifikasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, karena identitas, pengakuan dan lulus sertifikasi itu sangat bagus meningkatkan reputasi dan kepercayaan. Sehingga tidak akan ragu-ragu berobatnya juga.

      Hapus
  13. di ruqiyah rasa nya kaya apa ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak badannya, enteng pikiran dan lainnya.

      Kalau reaksi itu tergantung gangguan mas, bisa muntah, berteriak-teriak, badan terasa panas, dan lainnya.

      Kalau mau diruqyah kabari aja saya siap bantu.

      Hapus
  14. wah bagus kang dengan adanya sertifikasi pasien jadi makin percaya kalau mau terapi disini, tapi coba saja jika biayanya tidak terlalu mahal mungkin konsumen yg memakai jasa agan akan jadi lebih banyak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang mas menambah kepercayaan pasien, apalagi kelas nasional, trainernya juga tim Ruqyah Trans7 yaitu Syuhada Hanafi, S.Pd.I.

      Sebetulnya biaya sertifikasi justru paling murah dibandingkan dengan biaya sertifikasi lain mas. Bahkan 600rb ini juga untuk kegiatan dua hari.

      Sebagai gambaran: biaya sertifikasi hipnoterapi normalnya rata-rata dari Rp. 1.500.000 - Rp. 3.000.000. Paling murahnya yang ada Rp. 1.200.000. Biaya sertifikasi herbalis itu dengan tatap muka sebesar Rp. 2.900.000. Sedangkan biaya sertifikasi herbalis jarak jauh itu Rp. 3.500.000. Dan biaya sertifikasi untuk Internasional Coach Certicification (ICC) itu sebesar Rp. 25.000.000.

      Jadi, ga ada alasan mahal mas karena dibandingkan sertifikasi profesi lain jauh lebih hemat dan murah (terjangkau).

      Hapus
    2. Tutorpede-n@
      Bagus karena trainernya itu udah lulus sertifikasi praktisi ruqyah internasional. Makanya ga heran buat dia pulang pergi mengisi training ruqyah udah ke luar Indonesia. Beda kelasnya makanya itu sangat bagus.

      Silakan aja cari video ekskul ruqyah itu contoh bagaimana pelatihan yang dibimbing oleh saya.

      Hapus
  15. Apakah semua penyakit bisa diobati dengan ruqyah pak? ataukah hanya penyakit tertentu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah bisa selama Allah mengizinkan.

      Bisa dengan perantara herbal ruqyah juga sehingga manfaat herbal yang sudah diketahui ketika diruqyah akan semakin terasa manfaat dan dampak kesehatannya.

      Kalau berminat belajar ruqyah silakan jelajahi isi blog ini.

      Hapus
  16. Balasan
    1. Sip mas, karena itu pengalaman mas makanya sekarang sudah berhasil menjadi Praktisi Ruqyah Nasional dan bahkan membentuk ekskul ruqyah pertama di Indonesia. Dan alhamdulillahnya saya sebagai pelopor ekskul ruqyahnya.

      Hapus
  17. bookmark dulu aja deh Hhe.. Kali aja nantinya berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mas, silakan, atau mau mengusulkan ekskul ruqyah di sekolahnya. Silakan hubungi saya siap memberi bimbingan hingga menjadi Praktisi Ruqyah Nasional. :)

      Hapus
  18. Pernah ada keinginan untuk ikut pelatihan ruqyah tapi terkendala masalah hafalan maklum sudah berkeluarga dan anaknya banyak jadi susah untuk menghafal padahal menjadi seorang peruqyah bagian dari ibadah dan syiar Islam.Dengan adanya sertifikasi semacam ini akan membuat pasien merasa tenang karena ditangani ahlinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kendala seperti itu, coba ikutan pelatihan ruqyah massal aja mas biar terbiasa. Dengan besarnya minat dan keinginan untuk menjadi Praktisi bermula dari rasa yang tinggi terhadap minat tersebut.

      Perlu banget pengelolaan waktu yang tepat, jangan salahkan kendala seperti itu sebab hambatan seperti itu seakan-akan dibuat-buat sendiri.

      Ya mas dengan sertifikat ini maka semakin dipercaya oleh masyarakat dan memudahkan proses buka praktek di masyarakat.

      Hapus
  19. mas kalau ruqyah jarak jauh bisa ngk mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, ruqyah jarak jauh dapat dilakukan melalui telpon.

      Untuk penjelasannya mas bisa klik menu Pelayanan Ruqyah Jarak Jauh.

      Hapus
  20. Yang pasti dengan mendapatkan sertifikat resmi akan menambah kepercayaan calon pasiennya, karena sertifikat adalah bukti bahwa seseorang telah lulus uji prakteknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, sekalipun biaya sertifikasi itu ga murah tapi dengan keberhasilan dan kelolosannya pasti membuat kita bangga dan senang.

      Hapus
  21. dengan adanya sertifikat tentu akan memberikan hal khusus seperti kredibilitas keahlian tertentu seperti keahlian di atas. Selain itu, kita tahu jika ada bukti sertifikat itu akan membantu kita untuk memberikan keyakinan setiap orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, makanya itu penting untuk diikuti.

      Nah yang menjadi pertanyaannya mas sendiri berminat ga nih?

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

1. Dilarang mencantumkan link baik link mati maupun link hidup dalam kolom komentar. Komentar sampah akan langsung dihapus jadi sia-sia deh.
2. Tidak menerima komentar sampah (spam) seperti : Pertamax, Makasih infonya, Nice article, dan lainnya.
3. Berkomentarlah yang relevan dengan postingan yang sedang dibahas sebab itu mencerminkan kepribadian (siapa dirimu itu).
4. Bila ada yang ditanyakan secara pribadi silahkan hubungi Muhammad Adam Hussein, S.Pd di nomor ponsel 08997527700 atau dewapuitis@ymail.com. Biaya konsultasi tentukan sendiri.
5. Jangan malas berkomentar sebab itu penyebab blog akan sepi kunjungan dari Blogger.

Catatan :
Sudah berhasil menghapus 375 komentar spam, sekarang kalau ada komentar spam akan langsung dihapus. Jadinya enggak bakalan ada dalam kotak spam.

Kalau mau dapet backlink kerjasama aja biar diulas dan backlink deh pada akhirnya. Tentunya ini enggak gratis.

 
Top