Jenis Jenis Bahasa Tubuh Manusia

Jenis Jenis Bahasa Tubuh Manusia 
Oleh: Muhammad Adam Hussein, S.Pd 
Penulis Buku Fenomena Remaja 

Jenis Jenis Bahasa Tubuh Manusia - Pada dasarnya bahasa tubuh adalah komunikasi non verbal karena tak berbentuk ucapan maupun tulisan. Dalam tulisan ini diperjelas lagi baik itu mengenai pengertian bahasa tubuh hingga jenis-jenis bahasa tubuhnya. Agar semakin kuat dasar ilmu tentang ini. Selamat menikmati tulisan penulis ini. 

Pengertian Bahasa Tubuh Manusia 
Pengertian bahasa tubuh manusia ini ada 2 macam ada yang dipandang dari segi bahasa dan ada juga dari sudut pandang secara istilah. Keduanya hampir berdekatan dalam menafsirkan pengertian bahasa tubuh. 

Selanjutnya, kita simak seksama. 

Pengertian bahasa tubuh secara bahasa menurut Psikologi Komunikasi adalah: Bahasa Tubuh adalah komunikasi pesan nonverbal (tanpa kata-kata). Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh. (Richard E. Potter dan Larry A. Samoval, Intercultural Communication, 2006:268). 

Sedangkan pengertian bahasa tubuh secara istilah menurut pandangan Muhammad Adam Hussein, S.Pd (2013: www.adamsains.us/2013/10/jenis-jenis-bahasa-tubuh-manusia.html) bahwa bahasa tubuh itu didefinisikan secara istilah adalah cara bereaksi dengan gerak gerik tubuh seseorang (berupa: ekspresi wajah, gerak gerik tangan, gerak gerik kaki, dan lainnya) dalam mengambil sikap dan tindakan baik secara spontan maupun tidak. Bahasa tubuh dapat diartikan pula sebagai cermin isi perasaan mengenai respon terhadap seseorang. 


Ilustrasi Gambar Jenis-Jenis Bahasa Tubuh Manusia
Ilustrasi Gambar Jenis-Jenis Bahasa Tubuh Manusia

Ilustrasi Gambar Bahasa Tubuh Manusia
Ilustrasi Gambar Bahasa Tubuh Manusia
Jadi intinya, kita bisa membaca pikiran maupun perasaan orang lain terhadap kita itu punya respon positif atau negatif terus terang bahasa tubuh tak bisa dibuat-buat karena susah sekali buat dikendalikan karena seringnya muncul secara spontan. 

Setelah kita mengetahui apa pengertian bahasa tubuh, barulah penulis lanjutkan tentang jenis-jenis bahasa tubuh. Inilah saatnya yang ditunggu-tunggu. Tak berbasa-basi lagi sebelum menjadi basi juga sebaiknya penulis uraikan berikut penjelasannya saja ya? 

Jenis Jenis Bahasa Tubuh Manusia 
Jenis-jenis bahasa tubuh manusia itu bila dikelompokkan ada 3 bagian. Yang perlu dicatat diantaranya adalah: bahasa tubuh positif, bahasa tubuh netral, dan bahasa tubuh negatif.

Bahasa Tubuh Positif 
   Bahasa tubuh positif bisa dikatakan pula sebagai respon positif atau bersahabat. Mengenai ciri bahasa tubuh positif, diantaranya: senyumnya lebar itulah senyum ketulusan, duduknya tidak menyilangkan kaki itu karena ia tak menyombongkan diri atau tidak bersikap santai, jalan selalu badan tegap/tegak dalam arah mata pandangan ke depan menunjukkan orang yang percaya diri dan bersemangat dalam menyikapi hidupnya, dan hal lainnya. 

Bahasa Tubuh Netral 
    Bahasa tubuh netral adalah sikap respon terhadap seseorang ditujukan secara umum tidak untuk seorang (tidak spesial). Mengenai ciri bahasa tubuh netral, diantaranya: ke siapa saja ia selalu tersenyum karena sikap ramah, ekspresi wajahnya datar kalau enggak diajak senyum, dan hal lainnya. 

Bahasa Tubuh Negatif 
     Bahasa tubuh negatif merupakan sikap respon yang negatif dalam menyikapi sesuatu atau menyikapi seseorang. Mengenai ciri bahasa tubuh negatif, sebagai berikut: cemberut (tatapan mata kosong dan dagu terangkat ke atas dan mulut dalam keadaan moyong) biasanya ia sedang kecewa, panik, atau juga bosan. Ketika ditanya sambil arah pandangan melirik ke kanan atau kiri atau ditanya sambil arah pandangan fokus memandang benda sekitar itu menunjukkan rasa bosan mungkin sudah berlama-lama dalam mengobrolnya, dan hal lainnya. 

Setelah mengetahui apa itu jenis-jenis bahasa tubuh sudahlah terjawab. Apa yang menjadi topik bahasan kita kali ini, semoga bisa disimpulkan dengan baik. Hal inipun menjadi dasar dalam mengenal bahasa tubuh. Semoga bisa memberi pencerahan yang bisa bermanfaat bagi kehidupan kita dalam menganalisa perilaku komunikasi. 

Berilah komentarmu mengenai Jenis Jenis Bahasa Tubuh Manusia yang berhasil penulis uraikan ini. Sampai jumpa dalam tulisan lainnya. 


KATA KUNCI 
Jenis Jenis Bahasa Tubuh Manusia, Pengertian Bahasa Tubuh, Psikologi Komunikasi. 


SUMBER PUSTAKA 

Richard E. Potter dan Larry A. Samoval. Intercultural Communication. Penerbit (tidak diketahui). Cetakan 2006. Hal. 268. 

SUMBER GAMBAR

http://endling.deviantart.com/art/Body-Language-Meme-Envy-301137193 



SUMBER ARSIP 

Muhammad Adam Hussein, S.Pd. 
Jenis-Jenis Bahasa Tubuh Manusia. 
Sukabumi Selatan, 13 Oktober 2013. 

18 Komentar untuk "Jenis Jenis Bahasa Tubuh Manusia"

  1. Balasan
    1. Ya memang itu harapan saya, makanya dibahas secara ilmiah dan dari sudut pandang Psikologi Komunikasi agar tepat dalam pembahasannya.

      Jangan sungkan baca artikel disini dan komentarinya.
      Makasih ya?

      Hapus
  2. Balasan
    1. Duuh kurang greget komentarnya, ya silahkan aja mas, kalau ada yang ditanyakan jangan sungkan siap menjawab. Gimana pembahasannya?

      Hapus
  3. makasih ya mas udah mau berbagi ilmunya

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. silahkan, jangan lupa setelah baca, komentar lagi hehe.

      Hapus
  5. Kalo orang yang kakinya suka gerak2 pas duduk, gimana tuh Kang?

    Salam,
    Fuji (TrigonalWorldDotCom)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya sedang bosan dalam menunggu jadinya uringan alias enggak bisa diam hehe

      Hapus
  6. Wahh makasih gan udah share ,, lumaya nih buat nambah" ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh pake lumayan lagi, kurang cukup ya?
      Hehe.

      Yupz, sama-sama.

      Hapus
  7. infonya sangat bermnafaat mas admin.
    tapi gambarnya tlong di perbesar yaaa..
    trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz sama-sama mas jangan sungkan.
      Oh, silahkan klik aja gambarnya otomatis bakal memperbesar dengan sendirinya. Soalnya menggunakan Zoom Image sih.

      Sengaja dikecilkan dulu ukurannya biar loadingnya enggak berat. ^.^

      Hapus
  8. Jadi ternyata ada 3 jenis bahasa tubuh itu baru saya tahu nih ma,s dari artikel ini.

    Jadi pengetahuan baru buat saya.

    Makasih ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul ada tiga jenis, yups, sama-sama kembali, semoga bermanfaat. ^.^

      Syukurlah kalau begitu.

      Hapus
  9. semua manusia insyaallah pd dsrnya terlahir baik, keadaan yg membuat manusia itu berjalan pd alur masing2, dan memang ke 3 bhs tubuh dr psikologi manusia ini yg pd artikel kali ini oleh pak Ustadz Muh. Adam Hussein benar2 super sekali.. saya rasa web ini bagus sekali, dan sangat unik dan greget untuk saya ikuti,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, terlahir baik asalkan bisa memilih jalan hidup yang tepat juga.

      Alhamdulillah kalau begitu mas, saya senang dengarnya juga.

      Semoga banyak manfaat dengan mengunjungi blog ini.

      Makasih juga atas kunjungannya. ^.^

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700