Terapi Kata Motivasi Diri

Terapi Kata Motivasi Diri
Oleh: Muhammad Adam Hussein, S.Pd
www.adamsains.us

Terapi Kata Motivasi Diri - Tiap kata motivasi yang direnungkan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang juga bisa mengarahkan cara berpikirnya yang salah. Kali ini saya hadirkan karya dari Muhammad Adam Hussein, S.Pd bisa dijadikan renungan oleh kita bersama semoga menjadi lebih arif dalam menyikapi sesuatu. Terapi Kata Motivasi Diri semoga memberi pencerahan dan manfaat bagi pembacanya.

Terapi Kata Motivasi Diri dapat dijadikan renunganmotivasi, atau bahkan inspirasiKata Mutiara ini biasanya muncul dari pengalaman yang dialami oleh seseorang kemudian dituangkan dalam kalimat singkat dan bernuansa bijak, bermaksud berbagi manfaat dari pengalaman artinya ya menjadi pelajaran. Kata Mutiara sangat bagus untuk dikoleksi, sebab bisa dijadikan tolak ukur atau setidaknya menjadi introspeksi diri atau evaluasi diri (bila memungkinkan).

Klik gambar untuk memperbesar
Terapi Kata Motivasi Diri
 [Klik gambar untuk memperbesar]
 Semoga terapi kata motivasi diri yang saya buat ini setidaknya dapat memberi renungan yang bemakna lebih artinya dapat menggerakkan pikiran dan hati ke arah yang positif dalam memajukan kualitas diri. Mohon maaf apabila kata mutiara yang saya buat ternyata tidak memuaskan pembaca. Untuk itu, saya tunggu tegur sapanya, dimana letak lebih dan dimana letak kurangnya agar selalu bisa memberi yang terbaik dalam tindak penyempurnaan untuk mencapai kepuasan pembaca. Tengkiu. ^.^

Gila-gilaan boleh asal dalam batas kewajaran, kalau diluar batas bisa jadi gila beneran alias sakit mental. Segala sesuatu itu lebih baik yang tak berlebihan itu intinya.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014]

Segala sesuatu itu berawal dari apa yang dipikirkan, sehingga menjadi kenyataan, sebab pikiran itu mempunyai kekuatan untuk mewujudkan sesuatu hal. Berpikirlah tentang kbaikan, pasti dengan sendirinya kebaikan itu terjadi, dan sebaliknya. [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014]
klik gambar untuk memperbesar
Terapi Kata Motivasi Cinta
 [Klik gambar untuk memperbesar]
Raga ingin pergi, pergi ke alam mimpi, lelah badan selimuti diri, pikiran istirahati. Semoga apa yang terpikirkan, Reda memasuki ketenangan. Moga tidurnya nyenyak ya, jangan banyak pikiran kasihan otak perlu istirahat.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014]

Banyak pengalaman jika tak didasari oleh ilmu, takkan dapat makna apa-apa kecuali kenangan, jika kesalahan tak disadari bagaimana mungkin dibenahi, jika ego tetap dipertahankan bagaimana mungkin berpikir jernih.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014]
Klik gambar untuk memperbesar
Kata Mutiara tentang Percaya Diri

Duhai jiwaku bersabarlah jika apa yang engkau ingini tidak tercapai, sebab bisa jadi belum tepat waktunya untuk meraih semua itu, tetaplah berusaha jiwaku. Allah telah memperhitungkan segala sesuatu yang terbaik utkmu, duhai jiwaku.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014]

Duhai jiwaku janganlah engkau bersedih hati, tetaplah berbagi, diterima atau ditolaknya sesuatu yang engkau usahakan jangan menjadi halangan. Manfaat itu akan berarti saat disadari (menasehati diri sendiri).  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Bunga boleh mekar, jika bukan bercabang duri. Kata boleh manis jika apa yang diucapkan sesuai hati bukan karna emosi atau menutupi sifat kekurangan. Akuilah kekurangan, benahi salah kita, banggalah jadi Diri Sendiri.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Belajar merelakan itulah bagian hidup, tanamkan dalam pikiran, "jika sesuatu itu rezeki atau jodoh kita pastilah suatu hari nanti bakalan kembali kepada pemiliknya, begitupun kita akan kembali pada Sang Pencipta" [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Segala sesuatu hal jika dijiwai lebih kena pada apa yang kita cari. Segala sesuatu yang terjadi hanya ujian keimanan agar iman kita terpelihara. Segala sesuatu hal harus dipikirkan sebelum bertindak. Segala sesuatu hal yang meragu harus dikaji dengan intropeksi diri dan evaluasi diri.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Apalah artinya cantik, namun kecantikannya membawa ke lumpur dosa. Apalah artinya pintar, jika kepintarannya membawa pada kesombongan semata.Apalah artinya pandai bicara, jika kepandaian bicaranya untuk membohohongi.  
[Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Dewasa secara emosional itu bisa mengarahkan ego dan nafsu pada tempat dan kadarnya, bersikap dengan kebijakan berpikir, memperhalus kata tanpa harus memperlihatkan suasana hati (sekalipun emosi mesti ditahan), mencegah berkata kasar atau cabul, dan bahkan bisa belajar berbaik sangka pada sesuatu hal/seseorang tanpa menduga-duga.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Wanita Dewasa, ciri-cirinya: segala sesuatu ditimbang oleh logika tanpa lagi mengikuti suasana hati sebab bisa berubah-ubah (ibarat gelombang pasang dan surutnya), saat ada masalah disikapi dengan tenang sambil mencari jalan kluar, menghindari dari mengeluh, saat bosan diatasi dengan mempertahankan yang ada/sesuatu yang sudah dimiliki dijaga dengan sebaiknya, saat ada perbedaan disesuaikan sehingga tetap harmonis.   
[Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Bunga takkan layu jika selalu disirami, iman tak akan goyah jika diterapkan dan dipertahankan. Rasa sayang tak akan brkurang jika pengertian selalu dijaga. Apa yang kita miliki bisa pergi jika tak dimengerti atau tak mau peduli. 
[Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Kenalilah perasaan itu sesaat atau kuat. Jika sesaat, awalnya meluap setelah itu mereda dan tersisa hanya kenangan semata. Jika kuat, sekalipun berhadapan dengan konflik tidak mundur diri tetap mempertahankan yang ada sampai kapanpun dorongan kuat yang muncul dalam diri untuk selalu menjaga hubungan yang ada jika dihayati dengan penuh logika rasa. Seringkali, orang terjebak oleh perasaan sesaat, sehingga penyesalanlah yang didapatnya.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Waktu tidaklah bisa kembali pada masa kecil atau masa lalu, tapi hanya bisa diingat, saat mengingat bisa saja emosi terbawa suasana. Petiklah hikmah dan pelajaran yang bisa didapat, dengan begitulah kita belajar menghargai hidup.  
[Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Jika belum waktunya tak harus mengharapkan. Jika ditunggu-tunggu dan kenyataannya berlainan itu akan menyakiti batin sendiri. Yakinlah jika ditakdirkan bersatu, sekalipun sekarang tidak berkomunikasi, tidak bertemu, tidak jalan bersama, suatu hari nanti bisa dipertemukan kembali itulah keajaiban cinta yang menjadi misteri. Ingatlah Jodoh itu ditentukan oleh Ilahi, niscaya pilihan dariNya jauh lebih baik daripada pilihan kita seringkali meleset karena keterbatasan pengetahuan.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Teman Sejati adalah orang yang hanya menemani ruang waktu kita dan ada saat kita senang, saat diperlukan pura-pura sibuk. Sahabat adalah orang yang pertama kali menjenguk kita saat sakit, selalu ada meski tidak diperlukan, selalu ada saat kita kesulitan, mau berbagi bahagia dan derita. [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014] 

Wanita itu akan mengabdi, namun lelaki harus terlebih dahulu menuruti kemauannya, kemauan disini bukanlah harus membeli ini itu, itu kekeliruan sebab malah menjadi ketergantungan. Kemauan wanita dalam hal ini sifatnya lelaki ingin begini begitu harus dituruti pada dasarnya untuk kebaikan lelaki itu juga. Setelah dituruti, maka wanita sebaliknya akan memberi pengabdian pada lelaki. Misalnya: kita meminta mencucikan baju kita, menyelesaikan tugas kita, dan hal lainnya akan dilakukannya demi menjaga kepercayaan lelaki terhadap wanita. Sistem timbal balik (feed back) berjalan disini.  [Muhammad Adam Hussein, S.Pd, Juni 2014]

Terapi Kata Motivasi Diri - Semoga terapi kata motivasi diri dapat memberi bantuan psikologis bagi yang membutuhkan dan juga menjadi renungan bagi yang membacanya. Carilah hikmah dari sesuatu pembelajaran, maka akan engkau akan bisa menjadi orang bijak dalam memahami, menjalani, dan menikmati kehidupan ini yang seringkali berliku-liku. Sampai jumpa!



       
SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd.
Terapi Kata Motivasi Diri.
Jakarta Barat, 01 Juni 2014.


36 Komentar untuk "Terapi Kata Motivasi Diri"

  1. Subhanalla tadz, kalimat yang penuhsenyuhan jiwa.... Semoga sy bisa lebih baik lagi agar dapat mnjadi penulis seperti ustaz... Salam dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip pak, semoga banyak berlatih lagi dalam menulis dan juga dalami ilmu dasar lainnya untuk menunjang tulisan kita agar lebih mendalam bahasannya. ^.^

      Semoga menjadi amal akhirat apa yang kita tulis itu.

      Aamiin Allahuma Aamiin.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Singkat sekali mas, yang dimaksud kata motivasinya dapat mempengaruhi seseorang ke arah hal yang positif itu bukan yang dimaksud.

      Semoga kita menjadi lebih baik lagi dalam menjalani hidup. ^.^

      Hapus
  3. Ah ya.. Waktu ngga bisa terulang kembali. Jadi selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya biar ngga terbuang dengan percuma.. :)

    Aku suka kalimat motivasinya, Bang.. Bikin hati ini adem.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, kita harus menjadi lebih baik agar hidup kita itu memang berharga, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada Ilahi Robbi.

      Alhamdulillah kalau menenangkan berarti itu menjadi titik cahaya imannya dapat merasakan hehe

      Hapus
  4. motivator terbaik tetap adalah diri sendiri
    dan Tuhan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mbak, namun kata motivasi tersebut di atas dapat dijadikan sebagai renungan dan solusi bisa jadi. Karena hidup ini perlu motivasi agar terjaga keseimbangan jiwa raganya.

      Jadi selalu semangat dengan apa yang ditetapkan oleh Ilahi, sambil kita berusaha mengubahnya menjadi lebih baik lagi. ^.^

      Hapus
  5. pemahaman mendalam trhadap sesuatu Ustad..!, disinilah bedanya kata yg keluar dr org yg pernah mengalami dgn yg tidak..!, beda dgn beberapa pengamat sosial,..:) gak nyambung ya Tad..:):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya saya paham kok apa yang mas maksud, orang awam dengan orang ahli memang akan berbeda pemahamannya.

      Semoga bisa mengambil pelajaran dalam Terapi Kata Motivasi Diri yang sudah saya sampaikan disini. ^.^

      Hapus
  6. dengan motivasi diri kehidupan kita kedepannya menjadi lebih baik yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, bayangkan aja kalau mas hidup tanpa ada motivasi pasti jalan hidupnya tidak beraturan alias seenaknya tanpa kendali dari agama maupun kendali dari mental sendiri.

      Jadi motivasi hidup, motivasi diri, motivasi cinta, dan motivasi lainnya sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari kita.

      Hapus
  7. kalimat mutiara yg bagus. Saya jadi teringat apa yg telah saya lakukan di dunia ini. Semua manusia memang tempatnya dosa. Semoga, kalimat mutiara ini bisa menjadikan manusia lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alahmadulillah kalau begitu itu memang yang saya harapkan bisa menyadarkan seseorang agar bisa memperbaiki dirinya. Karena dengan begitu manfaat Terapi Kata Motivasi Diri dapat diraakan secara nyata.

      Hapus
  8. kekuatan pikiranlah yang menjadikan hidup menjadi kian hidup.

    jamanmuda suka mengumpulkan dan mengoleksi kata kata motivasi seperti diatas itu, oleh karenanya, ijinkan saya bookmark kan post yang ini yah.
    *haturnuhun kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan aja pak dibookmark.

      Semoga bermanfaat juga buat anaknya. ^.^

      Hapus
  9. Teripi kata motivasi diri bacaan ringan dan renyah yang berdampak positif bagi pengembangan pribadi ya ? Sukses ya Kang.


    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul pak, sehingga kita bisa mengembangkan potensi yang ada dengan positif, dan menjadi manusia yang beriman sesuai dengan ridho Ilahi.

      Apakah bapak ingin menjadi orangtua yang menjadi panutan bagi anak-anaknya?

      Kalau ya, ya harus menanamkan nilai-nilai kehidupan agar hidup kita lebih termotivasi untuk jauh lebih baik lagi. ^.^

      Hapus
  10. pas banget buat introspeksi diri,
    trimakasih motivasinya mas, hidup jadi semakin bergairah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak, semoga kita bisa lebih baik dari sebelumnya. ^.^
      Semangat hidup dengan misi diridho'i Ilahi. ^.^

      Hapus
  11. Terimakaish Gan jadi termotivasi hidup ini,kesempatan yang ada tidak muncul dua kali,lakukan kesempatan itu selagi kita mampu,,,
    Nice post Gan ,Terimakaish

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh jangan panggil gan bu, lebih sopan lagi dalam memanggilnya. ^.^

      Ya betul kita harus bisa lebih baik dari sebelumnya, semoga banyak belajar dari postingan Terapi Kata Motivasi Diri ini. ^.^

      Makasih kunjungannya/

      Hapus
  12. Bener-bener hebat kalimat-kalimatnya pak.. Bisa menyadarkan kita akan kehidupan kita ini untuk menjadi lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya alhamdulillah mas, berkat bantuan dasar ilmu psikologi dan filsafat manusia hal ini bisa tertuangkan dalam Terapi Kata Motivasi Diri.

      Semoga dapat menjadi renungan ya?

      Makasih kunjungannya. ^.^

      Hapus
  13. bagus-bagus mas kata-kata motivasinya.. saya minta ijin untuk ambil sebagian ya mas.. buat di pasang di status facebook hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan aja mas asalkan mencantumkan nama penulis atau blog ini sebagai sumber aslinya. ^.^

      Hapus
  14. motivasi sangat perlu untuk menyemangat hidup,, lanjutkan pak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, buat kemajuan hidup kita perlu yang namanya motivasi.

      Hapus
  15. Datang kesini mau bayar hutang nih, gak tau kpn aku punya hutangnya...

    Berpikir tentang kebaikan memang bagus, tp menurutku kebaikan itu gak akan muncul dgn sendirinya, sama seperti nasib, apa iya nasib bisa berubah sendiri. Kembali lg ke niat kita kan? Niat saja juga blm cukup jika tdk dilakukan dlm wujud yg nyata. Jadi menurutku kebaikan itu gak perlu dipikirkan, tp lakukanlah...

    BalasHapus
  16. motivasi memang bagus ya mas, jadi saat galau, butuh motivasi agar bisa move on ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, motivasi sebetulnya bukan cuma membantu dalam move on malah lebih dari apa yang mbak ketahui loh. ^.^

      Silahkan dipelajari.

      Hapus
  17. kita emang perlu banget motivasi apalagi kalau lagi pada saat2 down,,, memberi motivasi dan semangat keoada orang lain, yang sedih jadi semangat dan yang semangat jadi bertambah semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, semoga membantu dalam meningkatkan semangat sesuai harapannya. ^.^

      Makasih udah mempelajarinya.

      Hapus
  18. Betul2 sangat memotivasi mas. Dua jempol deh buat mas adam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas, semoga jadi terapi jiwa yang ampuh dan bermanfaat ya?

      ^.^

      Hapus
  19. Kata-kata yang indah yang dapat menyelaraskan hati dan pikiran bersama alam ya Kang.

    Salam

    BalasHapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700