Filosofi Definisi Pasangan Hidup


Filosofi Definisi Pasangan Hidup
Oleh : Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Motivator Spiritual Muda
Penulis Buku Serial Fenomena Remaja
www.adamsains.us

Filosofi Definisi Pasangan Hidup - Sebenarnya untuk mencari pasangan hidup tidaklah mudah. Tapi pada teorinya tak ada yang bisa memungkiri bahwa pasangan dalam hidup sangat diperlukan untuk keberlangsungan dalam memaknai hidup kita. Kita bila hanya hidup sendirian akan terasa hampa sekalipun di hati kita ada Ilahi Robbi. Ya adanya pasangan hidup itu memang sunatullah sehingga akan merasa ketenangan disebabkan ada teman curhat atau teman sepenanggungan. Lalu sebenarnya rahasia dibalik pasangan hidup itu apa ya?

Nah dalam kesempatan ini, saya ingin membahasnya dengan berdasarkan psikologi cinta dan psikologi islami, ditambah analisa berupa logika atau sejumlah fakta dalam kehidupan. Semoga dari apa yang akan disampaikan disini banyak orang yang benar-benar merasakan daya manfaatnya, aaamiin allahuma aaamiin.

Selamat menyimak ulasannya.

Filosofi dalam Definisi Pasangan


Ilustrasi Gambar Filosofi Definisi Pasangan Hidup
Ilustrasi Gambar Filosofi Definisi Pasangan Hidup
Dalam hal ini, definisi pasangan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah: yang selalu menemani dalam kehidupan dalam berkeluarga, partner, jodoh, pasangan.

Sedangkan menurut bahasa bahwa pasangan itu berasal dari dua kata yaitu : pas dan angan. Pas dapat diartikan sesuatu yang tepat pada tempatnya atau tepat posisinya, sesuatu yang dirasa cocok karena merasakan nyaman, sesuatu yang lebih dari cukup. Sedangkan angan dapat diartikan segala sesuatu yang menjadi bayangan atau sesuatu yang dipikirkan mengenai nasib masa depan. Angan biasanya akan memunculkan sikap ingin mengejar kebahagiaan. Dengan adanya angan maka akan ada siasat untuk menemukan kebahagiaan yang dicari itu.

Berbeda secara istilah bahwa pasangan diartikan seseorang yang ditempatkan dalam posisi yang terbaik dan terpilih dalam hati seseorang yang memilihnya. Atau dapat dikatakan seorang yang menjadi temannya dalam mengarungi hidup ini dari lawan jenis. Dalam artian wanita untuk pria begitupun sebaliknya, akan ada perasaan saling membutuhkan satu sama lain.

Filosofi Definisi Hidup

Hidup secara bahasa berasal dari dua kata yaitu : hilang dan redup. Hilang dapat diartikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah: tidak terlihat, tidak ada lagi perasaan, merasakan kehampaan. Redup dapat diartikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah: mendung dalam artian dalam aura wajah terlihat kusam dan kurang bergairah. Sayup-sayup suaranya dalam artian kurang percaya diri karena ada sesuatu yang membuatnya sedih, kesal, sehingga memunculkan ekspresi kesedihan. 

Sejenak kita renungi hal ini ...

Sebab perlu diketahui dalam kehidupan, banyak sekali ujian dan cobaan yang akan siap menghadang kita dalam perjalanan hidup kita seharusnya mampu melewatinya dengan baik. Caranya, dengan memperbanyak pengalaman pahit di dalam kehidupan sehingga kita banyak belajar dari kesalahan atau dari kegagalan yang dialami Atau juga bisa mempelajari dari pengalaman hidup orang lain. Sehingga tingkat kedewasaan kita semakin lama akan bertambah bijak dalam menjalani setiap ujian maupun cobaan yang menghadang. Karena pada dasarnya Ilahi Robbi menyukai orang-orang yang bekerja keras dalam hidupnya sehingga ia akan terlihat begitu mandiri dan bertanggungjawabnya dirinya terhadap kehidupan ini yang sudah ia percayai oleh Ilahi.

Filosofi Definisi Pasangan Hidup

Setelah kita mengetahui apa itu definisi pasangan dan apa itu definisi hidup. Maka dapat disimpulkan bahwa pasangan hidup adalah teman untuk seumur hidup di dunia dan akhirat, maka sebab itu juga kita dalam memilih pasangan hidup harus benar-benar melihat dari bobot, bebet, dan bibitnya. Pasangan hidup dapat penulis definisikan sebagai kebutuhan rohani antar satu sama lain agar ditemukan kebahagiaan yang dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Bila masih salah satu pihak itu artinya belum mendapatkan kebahagiaan batin yaitu berupa ketenangan, namun boleh jadi kenyamanan sudah didapatkan. Tapi dibutuhkan oleh kita semua adalah keseimbangan antara ketenangan dan kenyamanan, untuk ini lain waktu penulis akan menuliskannya. 

Seperti yang dikutIp oleh Wawan Ibrahim, berikut penjelasannya.
Bobot adalah kualitas diri baik lahir maupun batin yang meliputi keimanan (kepahaman agamanya), pendidikan, pekerjaan, kecakapan, dan perilaku. Bibit adalah asal usul/keturunan. Bukan berarti bahwa kita harus mencari menantu keturunan "darah biru", tetapi setidaknya calon menantunya punya latar belakang yang jelas dan berasal dari keluarga yang baik-baik. Bebet adalah status sosial (harkat, martabat, prestige). Bebet ini memang penting tapi tidak terlalu penting. Tetapi, apa salahnya kalau status sosial sesorang juga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan calon menantu. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa status sosial juga merupakan kebutuhan dasar manusia.

Article Source at http://sevenmomentum.blogspot.com/2014/09/Calon.Suami.Istri.Seiman.html
Wawan Ibrahim © 2013-2014 . Seven Momentum | Memberi...Menerima dan Kembali Berbagi | Right…!
Bobot adalah kualitas diri baik lahir maupun batin yang meliputi keimanan (kepahaman agamanya), pendidikan, pekerjaan, kecakapan, dan perilaku. Bibit adalah asal usul/keturunan. Bukan berarti bahwa kita harus mencari menantu keturunan "darah biru", tetapi setidaknya calon menantunya punya latar belakang yang jelas dan berasal dari keluarga yang baik-baik. Bebet adalah status sosial (harkat, martabat, prestige). Bebet ini memang penting tapi tidak terlalu penting. Tetapi, apa salahnya kalau status sosial sesorang juga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan calon menantu. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa status sosial juga merupakan kebutuhan dasar manusia.

Article Source at http://sevenmomentum.blogspot.com/2014/09/Calon.Suami.Istri.Seiman.html
Wawan Ibrahim © 2013-2014 . Seven Momentum | Memberi...Menerima dan Kembali Berbagi | Right…!
Bobot adalah kualitas diri baik lahir maupun batin yang meliputi keimanan (kepahaman agamanya), pendidikan, pekerjaan, kecakapan, dan perilaku. Bibit adalah asal usul/keturunan. Bukan berarti bahwa kita harus mencari menantu keturunan "darah biru", tetapi setidaknya calon menantunya punya latar belakang yang jelas dan berasal dari keluarga yang baik-baik. Bebet adalah status sosial (harkat, martabat, prestige). Bebet ini memang penting tapi tidak terlalu penting. Tetapi, apa salahnya kalau status sosial sesorang juga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan calon menantu. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa status sosial juga merupakan kebutuhan dasar manusia.

Article Source at http://sevenmomentum.blogspot.com/2014/09/Calon.Suami.Istri.Seiman.html
Wawan Ibrahim © 2013-2014 . Seven Momentum | Memberi...Menerima dan Kembali Berbagi | Right…!
Bobot adalah kualitas diri baik lahir maupun batin yang meliputi keimanan (kepahaman agamanya), pendidikan, pekerjaan, kecakapan, dan perilaku.

Bibit adalah asal usul/keturunan. Bukan berarti bahwa kita harus mencari menantu keturunan "darah biru", tetapi setidaknya calon menantunya punya latar belakang yang jelas dan berasal dari keluarga yang baik-baik.

Bebet adalah status sosial (harkat, martabat, prestige). Bebet ini memang penting tapi tidak terlalu penting. Tetapi, apa salahnya kalau status sosial sesorang juga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan calon menantu. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa status sosial juga merupakan kebutuhan dasar manusia. [Lihat sumber referensi dibawah artikel].  


Dalil Al-Qur'an tentang Pasangan Hidup

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”  [QS. Adz Dzariyaat (51):49].

¨Maha Suci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.¨[QS. Yaa Siin (36):36].

‘Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik.” [QS. An Nahl (16):72].

“Wahai manusia, bertaqwalah kamu sekalian kepada Tuhanmu yang telah menjadikan kamu satu diri, lalu Ia jadikan daripadanya jodohnya, kemudian Dia kembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang banyak sekali.” [QS. An Nisaa (4):1].

“(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.” [QS. Asy Syuro (42):11]

Sejumlah Fakta tentang Pasangan Hidup

Dalam hal ini, penulis ingin mengungkap sejumlah fakta tentang pasangan hidup, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pada dasarnya pasangan hidup itu belum tentu jodoh. Sebab pasangan hidup masih dalam kategori pemilihan berbeda dengan jodoh dimana satu sama lain merasakan hal yang sama baik dari prinsip hidup, dari jalan pikirannya, maupun dari kesamaan sifat dan hobi. Sedangkan pasangan hidup terkadang masih ada sifat untuk berpindah ke lain hati atau masih ada sifat tergoda oleh pasangan lain. Intinya, kesetiaan dan kejujuran disini diperlukan demi menjaga keharmonisan dari hubungan yang sudah dibina bertahun-tahun itu.
  2. Pasangan hidup itu dapat diartikan sebagai teman seperjuangan dalam menghadapi masalah hidup dan kenikmatan hidup secara bersama-sama dengan sifat selamanya. Dengan disahkan melalui pernikahan. Nikah juga harus diakui secara agama maupun hukum perdata nasional. 
  3. Pasangan hidup terbagi dua kategori diantaranya: pasangan hidup ideal ini terlihat sempurna karena mempunyai kesamaan dalam fisik misalnya: dalam bentuk mata sama-sama sipit (kecil), dalam bentuk bibir sama-sama mempunyai bibir yang imut, dari sorot mata sama-sama tajam, dan hal lainnya. Sedangkan pasangan hidup serasi ini memiliki kesamaan dalam bentuk sifat bawaan, cara bersikap, dalam berekspresi, dalam cara berpikir, dalam memandang keagamaan, dan hal lainnya. Bila karakter serasi dan ideal dimiliki maka dapat dikatakan kuat unsur jodohnya. Dalam artian sekalipun ada rintangan untuk pemisahan cinta tapi pondasi cintanya akan semakin kuat karena mereka satu sama lain saling mengerti sifat masing-masing. Jadi tidak mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Apabila sebaliknya maka hal itu masih rendah tingkat jodohnya sehingga masih bisa diterjan badai dalam artian berpindah haluan dari sifat yang bisa apa adanya menjadi ada apanya yang disembunyikan. 
  4. Pasangan hidup memang dibutuhkan oleh siapapun karena memang sudah sunatullah agar satu sama lain bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam mengarungi kehidupan. Bukan hanya untuk melanjutkan keturunan melain juga ada ibadah lain yang tersembunyi dari berkeluarga atau menikah itu.
  5. Pasangan hidup itu diciptakan agar satu sama lain merasa kebersamaan. Karena dengan menjalani segala sesuatunya secara bersama akan mudah dijalani dan dilewatinya masalah yang sedang dihadapi itu. Jadi butuh yang namanya kesabaran untuk saling mengerti satu sama lain. Karena akan merasa kesepian bila dalam kehidupan tidak adanya pasangan hidup yang dimiliki oleh seseorang tersebut. 

SARAN

Carilah pasangan hidup yang memiliki karakater ideal dan serasi sehingga itu akan membuat kita semakin merasakan adanya kebahagiaan batin yang tiada dikira sebelumnya atau belum pernah dirasakan sebelumnya. Selain itu lakukanlah sholat istikharah agar mendapatkan pasangan hidup dari pilihan Ilahi dengan melalui petunjuk mimpi maupun petunjuk bisikan hati yang kuat. Biasanya melalui mimpi akan berulang untuk menyakinkan dia adalah jodohnya kita, bila dari bisikan hati ia akan terus menyakinkan kita dengan kata-kata "ketahuilah duhai hati ia adalah jodohmu maka perjuangkanlah, maka perjuangkanlah."

Bila ada yang ingin berkonsultasi langsung dengan penulis silahkan bisa melalui facebook dewapuitis@ymail.com atau 089977527700. Semoga apa yang usahakan ini bisa memberikan manfaat buat pembaca umumnya, dan khususnya untuk penulis sendiri. Terimakasih banyak udah mau membaca apa yang penulis sampaikan dalam artikel Filosofi Definisi Pasangan Hidup.

SUMBER GAMBAR

http://2.bp.blogspot.com/-zMeVyckXHAI/VJTyoKTio9I/AAAAAAAACVo/tO4mL-L0om0/s1600/Filosofi%2BDefinisi%2BPasangan%2BHidup.jpg
 
SUMBER REFERENSI

Wawam Ibrahim.
Calon Suami Istri Seiman.
September 2014.
http://sevenmomentum.blogspot.com/2014/09/Calon.Suami.Istri.Seiman.html 

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur'an dan Terjemahan. Juz 1 -Juz 30.
Penerbit PT Kumudasmoro Grafindo, Semarang.

SUMBER ARSIP

Muhammad Adam Hussein, S.Pd
Filosofi Pasangan Hidup
Jakarta Barat, 20 Desember 2014

www.adamsains.us/2014/12/filosofi-definisi-pasangan-hidup.html
 

42 Komentar untuk "Filosofi Definisi Pasangan Hidup"

  1. menurut saya hidup adalah perjalanan manusia untuk mengisi kehidupan dunia, karena semua hidup merupakan perjalanan dan perjuangan untuk mencapai suatu makna akhir yang dicita-citakan manusia.
    sementara pasangan hidup merupakan kawan dalam perjalanan itu sendiri yang membentuk cita-cita bersama dalam sebuah perjalanan di dunia. namun pada sisi lain, saya pernah dengar ada beberapa ulama besar yang tidak mempunyai pasangan hidup atau istri karena cintanya kepada Allah. walau bagaimana ini juga merupakan sebuah perjalanan walau dalam bentuk dan keinginan yang berbeda. itulah manusia bersama perjalanannya yang kita kenal dengan kehidupan. maaf ini hanya pendapat saya. ok makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggak apa-apa mas, memang dalam ajaran tasawuf diperbolehkan membujang, tapi dalam ajaran Islam yang sebenarnya itu dilarang karena tidak mengikuti apa yang diperintahkan oleh Allah kepada Rasulullah Saw.

      Jadi ya sebaiknya kita membutuhkan yang namanya istri, memangnya mas mau gitu membujang ?

      Hapus
    2. kalau saya Alhamdulillah sudah punya istri dan 3 anak mas heee

      Hapus
    3. Alhamdulillah kalau gitu mas, tinggal membahagiakan anak dan istrinya, ^.^

      Hapus
  2. Mencari pasangan hidup yang ideal termasuk impian saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mas, lebih cinta fisik, padahal keindahan fisik hanya sementara yang bisa berubah sewaktu-waktu.

      Awas hati-hati kecondongan hati yang suka berpindah hati ketika godaan menghampiri mas. ^.^

      Hapus
  3. Pasangan hidup memang sangat dibutuhkan oleh setiap indivudu (y)

    BalasHapus
  4. setelah baca ini, saya baru tahu definisi bebet mas =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau gitu mas, semoga makin bijak lagi dalam memperlakukan pasangan dan bisa bijak juga dalam memilihnya.

      Hapus
  5. Bener. Apalagi orang tua masih sangat mempertimbangkan bibit bebet dan bobot calon menantunya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kualitas dan kuantitas wajib diperhitungkan. ^.^

      Hapus
  6. oh, jadi cari pasangan itu lebih baik yg sipat kita sama ya, kalo kita gk suka sifat kita sendiri gimana ? misal kita nakal, apakah kita harus cari pasangan yg nakal juga ? hehehe cuma nanyak doang kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, karena jodoh itu tergantung pada diri kita sendiri bisa kita sederhanakan yaitu dengan istilah jodoh adalah cerminan diri kita.

      Untuk lebih menyakinkannya lagi mas bisa menyimak isi ayat al-qur'an yang satu ini.

      ”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).”

      (QS.An­-Nuur:26).

      Hapus
  7. masih dalam impian memiliki calon pendamping hidup,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dari sekarang cari dan perjuangkanlah hingga mendapatkannya mas. ^.^

      Hapus
  8. mas, apakah benar ada salah satu tulang kita yang ada di jodoh kita? dan apakah itu yang membuat bersatu menjadi sebuah pasangan abadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya tulang rusuk mas, itu dalam teksturnya bengkok, maka berhati-hatilah dalam cara memperlakukannya.

      Berikut dalilnya :

      “Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bersenang-senang dengannya maka engkau bisa bersenang-senang dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.”

      [HR. Muslim]

      Lalu menjadi pasangan abadi ya karena termasuk jodohnya yang sudah ditakdirkan oleh Ilahi Robbi. ^.^

      Hapus
  9. definisi dan filosofi tentang pasangan hidup yang di jabarkan diatas sangat mendetail hingga membuat saya yang awam semakin memahami dan akan berhati-hati jika kelak mencari pasangan hidup akan lebih berhati-hati agar kelak tidak menyesal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul pak, agar kita dalam memandang pasangan hidup itu enggak menyia-yiakannya. Sebab orang yang menyia-yiakan pasangan hidup adalah orang yang kufur atas nikmatNya, sebab pada dasarnya pasangan hidup adalah amanah yang diberikan oleh Ilahi Robbi untuk dijaga sebaik-baiknya dan membahagiakannya dengan apa yang kita bisa.

      Hapus
  10. jadi pasangan hidup belum tentu jodoh yaa a? trus kalo jodoh gmn identifikasinya a?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul de, karena adakalanya terjadi perceraian, kalau bisa mempertahankann ya itu terbukti jelas kuat jodohnya.

      Dan buat tanda jodoh dengan pasangan hidup, lain waktu, aa bahas di blog ini. ^.^

      Hapus
  11. Seperti yang di tulis pada artikel ini memang memiliki pasangan itu penting dan harus bagi kelangsungan hidup saya nanti. Dan apakah masih ada di dunia ini yang benar-benar tulus dalam hal menerima kekurangan atau kelebihan dalam diri seseorang? Sepertinya agak sulit di zaman sekarang ini mas adam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul neng, susah bisa dikatakan seperti itu karena sudah sedikit sekali orang yang menyadari akan pentingnya kejujuran dan ketulusan, sehingga itu yang menyebabkannya sulit dicari.

      Tapi dibalik kesulitan mencari pasangan yang apa adanya itu pasti ada satu diantara lainnya itu untuk menjadi jodoh kita. Jadi selalu semangat buat mencarinya dan jangan lupa selalu sholat Istikharah. ^.^

      Insya Allah, segala sesuatunya akan mudah.

      Hapus
  12. luar biasa nih sangat lengkap mas definisi nya ;)
    keren dan sukses untuk adamsains

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, ya namanya juga harus mendetail biar orang yang belum paham atau salah pemahaman bisa tercerahkan dengan artikel yang satu ini Filosofi Definisi Pasangan Hidup.

      ^.^

      Hapus
  13. Saya sih yakin bahwa jodoh itu sudah ketentuan mutlak Allah Taala, sama seperti kematian jika sudah waktunya tak akan maju maupun mundur, Tak perlu di cari insyaAllah bila telah waktunya akan datang juga, entah apa perantaranaya sebagai contoh dengan perjodohan. Dan yakin bahwa pria baik jodohnya wanita baik walaupun butuh perjuangan dan keiklasan untuk mewujudkan dan butuh proses konco padu/teman cekcok dulu sebelum dua duanya benar benar jadi sahabat berjuang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, jodoh itu memang dari Ilahi Robbi. Tapi saya enggak setuju kalau enggak perlu mencari berarti mas enggak menjalankan tariqat hanya hakikat semata, padahal Ilahi lebih menyukai orang yang mencari karena termasuk orang yang bekerja keras.

      Apa kita ingin mendapat rezeki kemudian diam aja karena beranggapan bakal datang sendiri, sungguh ironis, pemikiran yang salah.

      Kita sebagai manusia diwajibkan berikhitiar sedangkan menentukan segala sesuatunya hanya Ilahi. Ya betul, perjuangan perlu dilakukan sebab dalam dunia ini diajarkan terbiasa dalam meraih segala sesuatunya dengan kerja keras agar kelak di akhirat kita bisa memperoleh hasilnya.

      Dan berhati-hatilah dengan gaya pemikiran mas yang tak disadari bisa menjerumuskan diri sendiri.

      Hapus
  14. Bener kata mas Mus Djono...saya juga sependapat...
    Tak ada yang luput dari ketetntuan-Nya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas, segala sesuatunya sudah ditentukan oleh Ilahi Robbi, tapi perlu yang namanya berusaha sebab itu tanda-tanda orang yang beriman, sebab ia mengetahui bahwa dunia ini tak luput dari kerja keras. Sesuatu yang instan hanya akan menjerumuskan diri sendiri.

      Hapus
  15. fakta mengenai pasangan hidup diatas memang benar sesuai fakta .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa lebih memperlakukan pasangan dengan lebih baik lagi mas. ^.^

      saya hanya berbagi inspirasi dan motivasi dari iolmu yang saya miliki.

      Hapus
  16. Memang benar penjabara mas Muhammad Adam Hussein di atas tentang filosofi definisi hidup. Perlu beberapa atau mungkin banyak kegagalan dalam hidup untuk bisa bangkit dan berhasil.

    Jika boleh meminjam istilah yang dipakai Thomas Alfa Eddison kurang lebihnya seperti ini :"Saya sudah menemukan 10.000 cara untuk membuat lampu ini tidak hidup, dan saya hanya butuh satu satu cara untuk membuatnya hidup."

    Jadi tidak ada kegagalan jika kita terus evaluasi diri sampai menemukan cara untuk berhasil. Tidak ada ada kata jatuh jika kita terus berusaha untuk bangkit. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, kegagalan hanya kesuksesan yang terunda, semoga kita termasuk orang bisa memahami kehidupan ini dengan bijak sehingga bisa memperlakukan pasangan hidup dengan baik dan harmonis.

      Makasih pak atas aspirasinya.

      Hapus
  17. pasangan hidup dalam bahasa jawa berarti garwo(sigaraning nyowo)
    yg artinya belahan jiwa mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas istilah jawanya, memang dalam kehidupan kita membutuhkan pasangan hidup, saya tidak percaya orang yang mengatakan dirinya sanggup hidup sendiri, sebab fitrah manusia adalah berpasangan.

      Hapus
  18. nice mas artikelnya,,, karya sendiri yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas karya sendiri berdasarkan analisa, pengalaman, dan keilmuan psikologi islam, semoga bermanfaat ya dan bisa mencerahkan.

      Hapus
  19. semog yang belum menemukan pasangan hidup dan jodohnya bagi yang sudah siap lahir batin, dapat segera dipertemukan. Amin.

    BalasHapus
  20. Pasangan itu seseorang yang cocok lahir batin untuk bersama mencari ridho Allah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, maka dari itu jangan sampai salah memilih dan jangan terburu-buru dalam menjatuhkan pilihan.

      Hapus

BACALAH SEBELUM BERKOMENTAR

Dilarang berkomentar dengan akun Unknow, akun Profil Tidak Tersedia, akun yang tidak dengan nama asli. Dilarang berkomentar dengan menaruh link didalam komentar baik link hidup maupun link mati.

Kenapa?
Karena kami tidak akan menayangkan komentar-komentar tersebut. Kami hanya menayangkan komentar yang relevan dengan isi pembahasan artikel dan komentar yang berbobot dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Teh Celup Herbal Bidara Ruqyah

Rp. 30.000 (isi 25 celup/belum ongkir)

PESAN MELALUI WHATSAPPS : 08997527700